Sebelum Serangan Jantung, Tubuh Tunjukkan 6 Hal Ini

Sebelum Serangan Jantung, Tubuh Tunjukkan 6 Hal Ini

Halodoc, Jakarta - Label ‘seram’ melekat erat pada serangan jantung, lantaran penyakit ini banyak membuat pengidapnya kehilangan nyawa. Dalam medis, serangan jantung diartikan sebagai kondisi medis darurat akibat terhambatnya aliran darah menuju jantung. Gangguan aliran darah ini disebut kondisi darurat karena bisa merusak atau bahkan menghancurkan otot jantung.

Seperti namanya, serangan jantung dapat terjadi secara tiba-tiba dan tak terduga. Padahal, sebelum serangan terjadi, tubuh biasanya menunjukkan beberapa tanda dan gejala, yang mungkin diabaikan atau tidak disadari oleh pengidapnya. Tanda-tanda tersebut adalah:

1. Kelelahan

Ini merupakan salah satu gejala umum dari penyakit jantung, yang juga menjadi tanda awal dari serangan jantung. Gejala ini banyak dialami oleh pengidap wanita. Selama serangan jantung terjadi, aliran darah ke jantung menurun, sehingga otot jantung mengalami ketegangan ekstra dan tubuh pun menjadi kelelahan tanpa sebab.

Jadi, jika kamu kerap mengalami kelelahan, bahkan saat tidak melakukan aktivitas berat ataupun olahraga, sebaiknya hati-hati dan segera berdiskusi dengan dokter. Sebab, bisa jadi itu tanda awal dari serangan jantung.

Baca juga: Serangan Jantung Lebih Sering Terjadi di Pagi Hari, Benarkah?

2. Napas Pendek

Jika napas pendek terjadi saat kita berada di penerbangan atau naik tangga, hal itu adalah wajar. Namun, jika kamu tiba-tiba termegap-megap mencari udara tanpa pemicu yang jelas, itu bisa jadi tanda awal serangan jantung. Sebab, jantung memiliki peran penting dalam mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida dari jaringan. Jadi, ketika terjadi hambatan pada aliran darah, cara bernapas kita bisa terpengaruh.

3. Sakit Punggung, Lengan atau Dada

Sakit pada bagian punggung, dada, maupun lengan bisa menjadi gejala umum sekaligus tanda awal dari serangan jantung. Selama serangan jantung, pembuluh darah akan tersumbat, sel otot jantung pun mulai kehabisan oksigen. Sinyal sakit pun kemudian dikirim melalui sistem saraf.

Otak kita mungkin akan bingung perihal asal sinyal tersebut karena kedekatan saraf, sehingga bisa saja sakit tersebut terasa di bahu, siku, punggung atas, rahang, atau leher. Karena rasa sakit tersebut sering kali tidak diikuti rasa berat di dada yang diasosiasikan sebagai serangan jantung, maka tidak sedikit orang mengabaikannya.

Baca juga: 3 Jenis Serangan Jantung yang Perlu Diwaspadai

4. Nyeri Dada

Mengalami nyeri dada yang mengganggu tanpa pemicu yang jelas bisa menjadi salah satu tanda awal serangan jantung. Nyeri dada ini dalam medis kerap dijelaskan sebagai angina, atau yang juga populer dengan sebutan ‘angin duduk’.

5. Rasa Tidak Nyaman di Leher, Tenggorokan, atau Rahang

Ketidaknyamanan tanpa sebab yang terjadi di leher, rahang, atau ketegangan di tenggorokan bisa menjadi indikasi serangan jantung. Jika hal itu terjadi, segera hubungi dokter.

6. Sakit Perut

Gejala awal serangan jantung juga bisa menyebabkan masalah perut, seperti mual, muntah, atau perut tegang. Gejala ini biasanya terjadi pada wanita. Namun, tanda ini kerap tidak disadari sebagai tanda awal serangan jantung. Sebab, ada cukup banyak penyakit yang memiliki gejala sakit pada area perut.

Baca juga: Jangan Dikira Sama, Ini Bedanya Angin Duduk dan Serangan Jantung

Itulah sedikit penjelasan tentang tanda awal dari serangan jantung yang tidak boleh diabaikan. Jika kamu mengalami tanda atau gejala yang telah dipaparkan tadi, segera periksakan diri ke dokter di rumah sakit pilihan kamu. Untuk melakukan pemeriksaan, kini kamu bisa langsung buat janji dengan dokter di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc, lho. Tunggu apa lagi? Yuk download aplikasinya sekarang!