29 March 2019

Sebelum Tes USG, Siapkan 5 Hal Ini

Tes USG

Halodoc, Jakarta - Pemeriksaan USG biasanya menggunakan sebuah alat bernama transducer yang ditempelkan pada kulit untuk memancarkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi. Namun, terdapat beberapa teknik USG yang perlu memasukkan transducer ke dalam tubuh. Teknik ini membutuhkan transducer khusus.

Di samping itu, perkembangan teknologi membuat hasil pencitraan USG bukan saja lebih akurat, tapi juga dapat digunakan dengan tujuan lebih spesifik. Dengan USG, dokter bisa mendeteksi berbagai masalah pada jaringan tubuh, pembuluh darah, dan organ-organ tubuh. Hebatnya, alat ini tidak membutuhkan pembedahan saat menampilkan gambar untuk mendeteksi masalah di dalam tubuh. Keunggulan lain dari metode yang juga dikenal dengan nama sonografi ini adalah nihilnya penggunaan radiasi.

Baca juga: 3 Hal Ini Bisa Diketahui Dari USG 4D Kehamilan

Sebelum melakukan USG, ada baiknya kamu melakukan persiapan seperti berikut ini:

  1. Pilih Waktu yang Tepat

Pemeriksaan USG pada tahap awal bisa dilakukan sejak usia kehamilan 6-7 minggu. Pada usia kehamilan ini, kamu dapat mendengarkan denyut jantung janin. Namun, apabila kamu tertarik mengetahui jenis kelaminnya, pemeriksaan bisa dilakukan pada usia kehamilan 18 minggu.

Sementara itu, apabila kamu ingin mengetahui seperti apa bentuk wajah Si Kecil melalui pemeriksaan USG 3D, waktu terbaik adalah pada usia kehamilan 27-28 minggu. Setelah usia kehamilan 32 minggu, hasil USG akan semakin tidak jelas. Hal ini disebabkan cairan ketubah telah jauh berkurang.

  1. Minum Banyak Air

Minumlah 8 gelas air sejak pagi hari kamu merencanakan pemeriksaan USG. Hal ini akan membantu membersihkan cairan ketubah, sehingga hasil USG akan nampak jelas. Ibu juga dapat minum segelas jus jeruk atau sesuatu yang manis saat perjalanan menuju tempat pemeriksaan USG untuk membangunkan Si Kecil. Dengan begitu, saat pemeriksaan USG berlangsung kamu dapat melihat gerakan si kecil.

Baca juga: Fakta Tentang USG Doppler

  1. Buat Diri Kamu Nyaman

Kamu juga disarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan memudahkan pemeriksaan, seperti blouse yang longgar dan bawahan yang nyaman. Kamu juga dapat memilih loose dress, tetapi kenakan bicycle pants di dalamnya. Karena atasan atau dress perlu diangkat sampai di atas perut sehingga memudahkan dokter memeriksa USG. Supaya bagian bawah perut nyaman dan tidak perlu terbuka, sebaiknya mengenakan celana lagi. Di samping itu, aturlah supaya perut kamu tidak dalam kondisi lapar maupun kekenyangan.

  1. Jadwalkan saat Bayi Bangun

Pemeriksaan USG 4D akan menunjukkan pergerakan gambar yang bagus saat janin dalam kondisi bangun. Setelah usia kehamilan 19 minggu, umumnya janin sudah memiliki pola tidur. Apabila kamu sudah tahu kapan saat-saat Si Kecil terjaga, lakukanlah pemeriksaan di waktu-waktu tersebut.

  1. Siapkan Pertanyaan

Bukan hanya tentang jenis kelamin, kamu juga dapat menanyakan tentang posisi, kondisi, atau kelainan yang mungkin ada pada janin. Seorang ibu melahirkan normal atau tidak sangat bergantung pada hasil akhir pemeriksaan kehamilan. Untuk pertanyaan seperti ini akan sangat bermanfaat, baik bagi keselamatan Si Kecil maupun ibu, hingga jelang proses persalinan.

Baca juga: Perlu Tahu, Inilah Macam-macam Kegunaan Mesin USG

Pemeriksaan USG memang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Selain mengetahui perkembangan janin, pemeriksaan yang rutin juga dapat membantu ibu memantau kondisi kesehatan Si Kecil. Dengan persiapan di atas, ibu pun tidak perlu cemas lagi sebelum melakukan pemeriksaan, kan?

Diskusikan pula dengan dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai informasi USG yang dibutuhkan. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat diterima dengan praktis dengan cara download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga.