Sepatu yang Paling Aman Digunakan Wanita

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Sepatu yang Paling Aman Digunakan Wanita

Halodoc, Jakarta – Sebagai alas kaki, sepatu adalah satu hal sangat penting. Apalagi kedua kaki adalah bagian yang bertugas untuk menopang seluruh bagian tubuh selama beraktivitas. Tentu saja, sepatu yang nyaman adalah kunci.

Saat ini, sudah banyak jenis sepatu yang tersedia di pasaran, apalagi perkembangan mode semakin pesat. Agar aktivitas lebih lancar, cari tahu tips memilih sepatu yang benar! Apa saja?

 

  • Sesuai ukuran

 

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih sepatu adalah ukuran kaki. Pastikan untuk memilih sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki. Sebab sepatu yang terlalu besar atau terlalu kecil malah bisa memicu rasa tidak nyaman hingga masalah lainnya.

 

  • Pantau ukuran sepatu

 

Agar tetap nyaman, pastikan untuk selalu memantau ukuran sepatu yang dibutuhkan. Karena seiring berjalannya waktu, bisa saja ukuran kaki kamu berubah sehingga membutuhkan ukuran sepatu yang baru.

 

  • Bentuk kaki

 

Jangan hanya memilih sepatu karena model tertentu. Sebab ada beberapa bentuk kaki yang kurang cocok dengan model sepatu tertentu. Hanya memaksakan model malah bisa membuat kaki tersiksa. Daripada itu, pilihlah model sepatu yang membuat nyaman untuk menopang berat badan.

 

  • Bahan terbaik

 

Selain masalah ukuran, kamu juga sebaiknya memperhatikan bahan dari sepatu yang dipilih. Sepatu terbaik dibuat menggunakan bahan dengan kualitas yang lentur agar kaki tidak mudah lecet.

 

  • Gunakan berjalan

 

Jangan hanya memastikan sepatu pas dengan ukuran kaki, tapi cobalah pakai berjalan. Salah satu tanda bahwa sepatu yang akan dibeli cocok adalah sepatu terasa nyaman dan tidak menimbulkan rasa sakit di telapak kaki.

(Baca juga: Ingin Pakai Heels Tapi Takut Sakit, Cari Tahu Dulu Triknya)

Salah Pilih Sepatu, Awas Penyakit Ini!

Selain faktor kenyamanan, nyatanya memilih sepatu juga bisa berdampak pada kondisi kesehatan area kaki. Salah memilih sepatu ternyata bisa memicu terjadi beberapa penyakit, di antaranya:

 

  • Pengerasan kulit

 

Pengerasan kulit alias corn adalah jenis masalah kulit yang terjadi karena sepatu terlalu ketat menekan kulit dalam waktu yang lama. Kondisi ini lebih dikenal dengan nama kapalan.

 

  • Kelainan pertumbuhan kuku

 

Kotak bagian depan sepatu yang terlalu ketat dan tidak sesuai dengan kaki dapat menyebabkan kelainan pada kuku kaki. Salah satunya adalah kuku tumbuh ke dalam. Selain perubahan bentuk, tekanan yang konstan karena masalah sepatu juga dapat menyebabkan inflamasi dan nyeri pada bagian tersebut.

(Baca juga: Alasan Kamu Butuh Sepatu Berkualitas untuk Jogging)

 

  • Jamur kaki

 

Sepatu yang terlalu sempit dan memberi tekanan pada kaki ternyata juga bisa memicu tumbuhnya jamur kaki. Sebab bagian kaki tersebut mungkin akan mengeluarkan keringat, hal ini diperparah dengan kurangnya ruang dan udara karena sepatu terlalu sempit. Alhasil, jamur akan lebih mudah berkembang dan bisa berujung pada bau tak sedap pada kaki.

 

  • Kaki diabetik

 

Pengidap diabetes adalah orang yang paling membutuhkan kehati-hatian dalam memilih sepatu. Sebab orang dengan diabetes sulit merasakan iritasi kulit, atau bahkan gesekan. Sehingga mengenakan sepatu yang terlalu ketat mungkin terasa baik-baik saja, namun bisa berakibat fatal.

(Baca juga: 5 Alasan Penyebab Kaki Bengkak)

Sepatu terlalu ketat dapat menyebabkan luka yang bisa berkembang menjadi infeksi serius. Nah, agar tetap aman, pastikan untuk selalu memilih sepatu yang sesuai dengan kebutuhan, ya.

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Hubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!