Ingin Pakai Heels Tapi Takut Sakit, Cari Tahu Dulu Triknya

Ingin Pakai Heels Tapi Takut Sakit, Cari Tahu Dulu Triknya
KECANTIKAN 11 January 2018

Halodoc, Jakarta – Sepatu dengan hak tinggi alias high heels sering dijadikan andalan banyak wanita untuk tampil cantik. Namun agaknya istilah “beauty is pain” benar-benar melekat dengan hal ini. Istilah tersebut merujuk pada banyak ritual dan usaha wanita untuk tampil cantik namun tak jarang terasa sedikit menyakitkan. Seperti penggunaan sepatu hak tinggi.

Tak dapat dimungkiri, mengenakan high heels memang tak akan senyaman sepatu dengan alas yang rata. Namun jenis sepatu hak tinggi sejauh ini dinilai sebagai yang terbaik untuk menunjang penampilan. Kamu termasuk yang sering merasa sakit dan tak nyaman saat memakai high heels? Cek di sini tips agar memakai high heels jadi lebih mudah serta menyenangkan. Tentunya akan membuat penampilan dan kaki-kaki kamu terlihat lebih cantik. Selamat mencoba ya!

  1. Cek Ukuran

Untuk mengurangi rasa sakit, pastikan kamu tidak memakai sepatu hak tinggi yang terlalu kecil atau terlalu longgar. Maka dari itu, penting untuk mengecek dan mengetahui ukuran sepatu yang digunakan. Pastikan kamu memilih high heels yang ukurannya sesuai dengan kakimu.

Pasalnya masalah ukuran bisa jadi pemicu rasa nyeri selama memakai sepatu hak tinggi, malah  bisa berbahaya. Sepatu yang terlalu besar dapat membuat kamu kesulitan saat berjalan dan bisa membuatmu terpeleset. Sementara sebaliknya, memakai sepatu yang terlalu kecil pun bisa menyebabkan kaki menjadi tidak nyaman dan membuat sakit.

  1. Kapan Digunakan

Kamu juga harus menyesuaikan jenis sepatu dengan waktu. Maksudnya, jika pekerjaan menuntutmu untuk selalu mengenakan sepatu jenis ini, cobalah untuk sesekali memberi jeda pada kaki saat ada kesempatan. Seperti saat jam makan siang, jika memungkinkan, lepaskan sepatu untuk sejenak dan gantilah dengan alas kaki yang lebih nyaman.

Selain itu, sepatu hak tinggi juga memiliki banyak jenis yang dibedakan dengan ukuran dari alas, yaitu yang sangat runcing atau standar. Tinggi dari hak sepatu juga biasanya berbeda-beda. Nah, agar kaki kamu tetap nyaman dan  tak sakit meski sering menggunakan high heels, sesekali ganti jenis hak yang kamu gunakan. Misalnya, saat diharuskan untuk banyak berjalan dan beraktivitas, cobalah menggunakan sepatu dengan hak yang standar dan tidak terlalu runcing dan tinggi.

  1. Cara Jalan yang Benar

Cara jalan yang salah saat mengenakan high heels juga bisa menyebabkan kaki  terasa sakit. Untuk menghindarinya, berjalanlah senyaman mungkin dan jangan merasa terlalu terbebani dengan sepatu hak tinggi.

High heels umumnya akan membuat  langkah kaki cenderung lebih pendek. Biasanya, semakin tinggi hak maka akan semakin pendek langkah kaki. Maka dari itu, penting untuk menyesuaikan teknik berjalan agar kaki  tak terasa sakit. Cobalah untuk memijakkan tumit lebih dulu, kemudian ikuti dengan ujung kaki.

  1. Perbaiki Postur Tubuh

Selain mengatur cara berjalan, kamu juga harus memerhatikan postur  tubuh saat mengenakan sepatu hak tinggi. Berjalan dengan high heels mengharuskan postur tubuh yang tegak dan baik. Sebab jika kamu berjalan dengan membungkuk atau dengan menyeretkan kaki, maka akan terasa semakin sulit dan dapat membuat postur tampak buruk pula. Kebiasaan ini malah bisa memicu terjadinya perubahan bentuk tubuh jika terlalu sering dilakukan.

  1. Sol Tambahan

Saat awal membeli dan menggunakannya, sepatu mungkin terasa sangat nyaman dan pas untuk digunakan. Namun tak menutup kemungkinan hal itu akan berubah dengan berjalannya waktu.

Setelah lama dan sering digunakan, biasanya beberapa sepatu menjadi tidak lagi terasa nyaman. Hal itu juga yang bisa menyebabkan kaki terasa sakit. Jika hal itu terjadi, jangan ragu untuk segera memberi sol tambahan atau sekadar memperbaiki sepatumu.

Trik ini ternyata juga diterapkan oleh  Kate Middleton, istri dari Pangeran William. Dilansir dari situs Marie Clarie, Kate Middleton ternyata punya rahasia untuk selalu nyaman saat mengenakan high heels. Yaitu dengan cara menyulap sepatu yang akan digunakan senyaman mungkin, salah satunya dengan menambahkan sol berbahan kulit pada sepatu hak tinggi.

Meski cantik, namun kamu tetap harus tahu batas penggunaan sepatu hak tinggi ya. Kalau kondisi tubuh dan kesehatan tak memungkinkan, seperti sedang flu atau datang bulan yang membuat tubuh lemas, sebaiknya kurangi frekuensi penggunaan sepatu hak tinggi. Daripada memaksakan, saat sakit sebaiknya kamu gunakan aplikasi Halodoc saja untuk bicara dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Halodoc juga bisa untuk membeli obat dan merencanakan pemeriksaan laboratorium hanya dengan satu aplikasi. Mudah bukan? Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

18 July 2018

Sebagian besar kasus cacar air yang parah terjadi pada orang dewasa. Lalu, bagaimana sih cara merawat wajah se...

Selengkapnya

IBU & ANAK

18 July 2018

Kata ahli, anak balita pun juga bisa mengalami abses gigi. Nah, agar anak terhindar dari penyakit ini, yuk ken...

Selengkapnya

KECANTIKAN

18 July 2018

Tak hanya di bibir saja, stomatitis pun bisa terjadi pada gusi. Nah, berikut hal yang perlu diketahui mengenai...

Selengkapnya