25 November 2018

Sering Pusing, Mungkin Terkena 5 Penyakit Ini

sering pusing, mungkin terkena 5 penyakit ini

Halodoc, Jakarta – Banyak hal yang menjadi penyebab kamu sering merasa pusing dan tidak kunjung hilang. Salah satunya karena adanya indikasi penyakit atau gangguan pada kesehatan. Pusing merupakan suatu rasa yang menggambarkan kondisi yang dialami oleh tubuh seperti kehilangan keseimbangan, limbung, atau seperti mau pingsan. Pusing umum terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak.

Terkadang rasa pusing yang dirasakan tiap orang berbeda tergantung dari penyebab pusing. Meskipun kebanyakan rasa pusing bukan indikasi dari gangguan kesehatan yang serius, namun pemeriksaan dokter atau pengecekan diperlukan untuk mengetahui penyebab pusing tersebut. Apalagi jika pusing yang kamu rasakan sudah mengganggu kegiatan kamu sehari-hari.

Ketika pusing yang dirasakan tidak kunjung reda, ada baiknya kamu waspada. Sering merasakan pusing, mungkin kamu mengalami beberapa penyakit di bawah ini:

1. Hipotensi

Hipotensi biasa dikenal juga tekanan darah rendah. Tekanan darah rendah dapat menyebabkan terhambatnya aliran darah. Terhambatnya aliran darah menuju otak dan organ tubuh lainnya dapat menyebabkan kamu merasa pusing. Tidak hanya pusing, ada beberapa gejala lain yang kamu rasakan ketika kamu mengalami tekanan darah rendah atau hipotensi, seperti pucat, pandangan menjadi buram, jantung berdebar kencang, mual dan paling parah pingsan.

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami darah rendah, seperti usia bahkan cuaca. Cuaca yang terlalu panas terkadang menyebabkan seseorang mengalami tekanan darah rendah secara tiba-tiba.

2. Vertigo

Vertigo adalah kondisi kelainan dalam proses pengiriman sinyal saraf dari mata menuju ke otak. Akibatnya ada gangguan keseimbangan pada seseorang yang mengalami kelainan ini. Rasa pusing yang kamu rasakan ketika vertigo sedikit berbeda dengan rasa pusing yang kamu rasakan ketika mengalami hipotensi. Pusing akibat vertigo terasa lebih berputar. Beberapa penyebab yang membuat kamu mengalami vertigo, salah satunya adalah terjadinya cedera bagian kepala. Sebaiknya segera istirahat jika kamu mengalami pusing yang berputar atau vertigo.

3. Hipoglikemia

Hipoglikemia adalah gangguan kesehatan yang disebabkan karena kadar gula dalam darah di bawah normal dan gejala awalnya adalah pusing. Tidak hanya pusing, ketika mengalami hipoglikemia kamu akan merasakan kelelahan, gemetar, merasa lapar, jantung berdebar, dan mudah marah. Kamu bisa lakukan pencegahan terhadap kondisi hipoglikemia dengan mengonsumsi makanan sehat, makan sesuai dengan aktivitas yang akan kamu lakukan, selalu pantau kadar gula darah secara berkala dan selalu siapkan cemilan untuk menunda rasa lapar.

4. Anemia

Ketika kamu memiliki penyakit anemia, gejala yang biasanya muncul adalah pusing. Anemia adalah kondisi saat jumlah sel darah merah dalam tubuh lebih rendah dari jumlah normal. Ketika anemia kambuh, maka tubuh tidak mencukupi kebutuhan darah serta oksigen dalam tubuh dan ini menyebabkan kamu merasakan pusing.  Jangan anggap sepele masalah anemia, karena penyakit ini dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan baik.

5. Dehidrasi

Dehidrasi juga dapat membuat kamu mengalami pusing. Sebaiknya penuhi kebutuhan asupan air dalam tubuh agar kamu terhindar dari rasa pusing maupun vertigo.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa pusing yang kamu alami. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung karbohidrat tinggi. Tidak hanya itu, istirahatlah beberapa saat dengan berbaring atau duduk hingga pusing yang kamu rasakan menghilang. Jika pusing dirasakan berhari-hari kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: