19 June 2018

Spa Tradisional Unik dari Berbagai Pelosok Nusantara

spa tradisional

Halodoc, Jakarta – Di tengah kesibukan pekerjaan atau rutinitas sehari-hari, sesekali meluangkan waktu untuk memanjakan diri itu perlu, lho. Merawat tubuh di spa bisa menjadi salah satu cara memanjakan diri yang sangat menyenangkan. Spa tradisional khas Indonesia juga enggak kalah dengan perawatan spa dari luar negeri, seperti dari Thailand, Korea, atau Jepang. Enggak hanya menggunakan bahan-bahan alami yang kaya akan manfaat, beberapa spa juga menggunakan cara-cara yang unik yang dapat merilekskan tubuh dan juga pikiran kamu.

Baca juga: Merileksasi Tubuh dengan Spa 

1. Lulur Khas Jawa

Dari semua perawatan spa yang ada di Indonesia, lulur merupakan spa tradisional yang paling populer. Perawatan kecantikan ini sudah dilakukan sejak zaman dulu oleh putri-putri kerajaan Jawa. Proses lulur biasanya menggunakan bahan-bahan alami seperti campuran tepung beras, kencur, dan beberapa rempah-rempah asli Indonesia untuk memijat dan mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga hasilnya kulit tubuh pun akan menjadi lebih cerah.

Baca juga: Rahasia Mencerahkan Kulit Tubuh Secara Alami dengan Lulur

2. Boreh khas Bali

Bali juga merupakan salah satu pulau di Indonesia yang dikenal akan perawatan spa yang alami dan berkhasiat. Salah satu jenis spa yang terkenal di Bali adalah boreh. Perawatan tubuh ini memadukan teknik pijatan tradisional dengan menggunakan bahan-bahan seperti akar-akaran dan rempah-rempah (kunyit, lada hitam, lada putih, dan jahe), untuk mempercantik kulit, melancarkan sirkulasi darah, serta membuat tubuh dan pikiran kamu menjadi lebih rileks.

3. Tangas khas Betawi

Berbeda dengan wanita Jawa yang sering luluran, wanita-wanita Betawi terbiasa melakukan perawatan kulit yang bernama Tangas. Perawatan spa ini terdiri dari pijat, lulur dan uap. Ketika melakukan serangkaian perawatan tangas, kamu juga akan melakukan sembe ta’zim, yaitu berupa pemijatan dan peregangan ala Betawi. Yang lebih unik lagi, perawatan tubuh secara alami dan kaya akan rempah ini juga menggunakan bir pletok, minuman khas Betawi.  

4. So’oso khas Madura

Satu lagi perawatan spa yang unik adalah so’oso dari Madura. Spa ini menggunakan protein telur untuk melakukan pengelupasan kulit mati, sehingga kulitmu akan menjadi lebih cerah dan sehat. So’oso juga dikenal dengan pijatannya yang lama dan intens, sehingga dijamin tubuhmu akan kembali segar dan bertenaga. Selain dipijat, wanita yang melakukan spa khas Madura ini juga diberi minuman jamu khas Madura setelah perawatan.  

5. Batangeh khas Minangkabau

Batangeh atau batangas dalam bahasa Minangkabau artinya mandi uap. Jadi, proses perawatan spa ini adalah air dan rempah-rempah  akan direbus di dalam tungku tradisional sampai mendidih dan diletakkan di bawah kursi, lalu kamu akan duduk di atas kursi tersebut tanpa busana dan ditutup dengan daun pisang untuk menjaga uap agar tidak keluar. Uap batangeh berasal dari rebusan bunga, daun, kulit kayu, akar atau rimpang, dan juga biji-bijian yang mengandung minyak atsiri yang mudah ditemukan di Sumatra Barat, seperti sereh wangi, pandan, sirih, gambelu, usa harum, dan bunga kenanga.

Spa tradisional asal Sumatera Barat ini memiliki banyak manfaat, antara lain untuk kecantikan dan untuk kesehatan. Untuk calon pengantin, batangeh bermanfaat untuk menghilangkan bau badan dan mempercantik kulit. Batangeh juga baik dilakukan oleh ibu yang baru melahirkan karena dapat menghilangkan bau anyir dan mengembalikan fungsi rahim. Sedangkan dari segi kesehatan, batangeh dapat mengobati penyakit reumatik, penyakit kulit, dan sinusitis.

Baca juga: Tips-tips Penting Bagi yang Ingin Sauna

Nah, itulah beberapa jenis spa tradisional dari berbagai daerah di Indonesia yang bisa kamu pilih untuk memanjakan dirimu di akhir pekan. Kamu juga bisa bertanya seputar kecantikan dan kesehatan tubuh kepada dokter melalui aplikasi Halodoc, lho. Hubungi dokter untuk meminta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat. Tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.