08 August 2018

Susah BAB? Segera Konsumsi 5 Makanan Ini

susah bab,bab

Halodoc, Jakarta – Salah satu cara untuk menghindari susah buang air besar (BAB) alias sembelit adalah dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat. Ada banyak jenis makanan yang tinggi akan nutrisi ini, seperti buah, sayur-sayuran, gandum, serta kacang-kacangan. Sayangnya, kesadaran untuk mengonsumsi makanan-makanan ini masih relatif rendah.

Alih-alih mengonsumsi makanan berserat, sembelit seringnya ditangani dengan cara mengonsumsi obat pencahar. Padahal kebiasaan tersebut malah bisa berbahaya dan memberi dampak buruk bagi kesehatan. Selain itu, makanan yang mengandung serat tidak hanya bermanfaat untuk pencernaan, tapi juga dibutuhkan tubuh.

Baca juga: Ini Makanan Sehat yang Tepat Jika Ingin Usus Sehat

Kebutuhan serat pada wanita dewasa adalah 25 gram, sementara pada laki-laki 38 gram. Nah, agar terhindar dari sembelit dan menjaga tubuh tetap bugar, yuk cari tahu jenis makanan yang kaya serat dan dianjurkan untuk dikonsumsi. Apa saja?

1. Kacang-kacangan

 

 

Dalam setiap mangkuk kacang-kacangan, ternyata terdapat kandungan serta hingga dua kali lebih banyak dibanding sayuran pada umumnya. Termasuk kacang tanah, dan kenari. Jenis makanan ini merupakan sumber serat yang baik dan bisa dicampur dengan makanan sehat lainnya. Tapi ingat, sebaiknya tidak berlebihan dalam mengonsumsi kacang, sebab tetap ada kandungan kalori yang bisa berdampak pada tubuh.

2. Berry

 

 

Raspberry, blackberry, maupun strawberry, ternyata juga ampuh untuk mengusir sembelit yang mengganggu. Pasalnya, ketiga buah tersebut memiliki kandungan serat yang baik untuk tubuh, terutama pencernaan. Selain itu, berry juga rendah kalori sehingga kamu bisa mengonsumsinya dengan krim sebagai makanan penutup di siang hari.

Baca juga: 5 Tips untuk Mencegah Sembelit

3. Roti Gandum

 

 

Sebagai jenis roti yang disarankan dalam program diet, ternyata roti gandum juga bisa berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan. Sebab selain rendah lemak, roti gandum memiliki kandungan serat dan karbohidrat kompleks. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, pastikan untuk memilih jenis roti yang mengandung gandum utuh.

4. Brokoli

 

 

Dari kelompok sayur-sayuran, brokoli termasuk makanan yang mengandung serat cukup tinggi. Selain serat, brokoli juga rendah kalori dan memiliki kandungan nutrisi lain yang baik untuk dikonsumsi. Bagi kamu yang memiliki masalah pencernaan, cobalah untuk memasukkan brokoli ke dalam menu sayur harian.

Cara terbaik untuk mengonsumsi jenis sayuran ini adalah dengan dimakan mentah. Sebab, memasak brokoli disebut dapat mengurangi jumlah kandungan serat yang dimilikinya. Jika ingin dimakan mentah, pastikan untuk membersihkan brokoli sebelum dikonsumsi. Namun jika ingin memasaknya, kamu bisa memilih cara masak seperti dikukus, atau dipanggang untuk menghindari kalori tambahan.

5. Buah-buahan

 

 

Untuk mengatasi sembelit, biasakanlah untuk banyak mengonsumsi buah-buahan. Makan buah langsung, atau tidak mencampurkannya dan tidak mengolahnya, bisa menjadi obat sembelit. Sebab buah-buahan memiliki kadar serat yang cukup tinggi. Ada beberapa jenis buah yang disarankan seperti buah pir, dan apel.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Makan Buah?

Kedua buah tersebut bahkan memiliki kandungan serat pada bagian kulitnya. Konsumsilah buah-buahan ini dengan cara memotongnya menjadi bagian kecil, tapi jangan lupa untuk membersihkan buah terlebih dulu.

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat agar lebih cepat sembuh dan tips menjaga kesehatan keluarga dari dokter terpercaya. Ayo, segera download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.