16 April 2018

Tak Hanya Cegah Stress, Ini 5 Manfaat Memelihara Hewan

Tak Hanya Cegah Stress, Ini 5 Manfaat Memelihara Hewan

Halodoc, Jakarta – Memelihara hewan mungkin saja terasa merepotkan untuk sebagian orang. Mereka harus menyisihkan waktu ekstra untuk merawat hewan peliharaan dengan baik dan menjadikannya sebagai bagian dari keluarga. Kita wajib untuk memberikan makannya secara teratur, memandikannya, memberi vaksin, dan membersihkan kotorannya agar tidak menjadi sumber penyakit. Namun bagi penyayang binatang, merawat dan menghabiskan waktu bersama hewan peliharaan adalah kegiatan mengasyikan yang tidak akan membuat mereka merasa bosan.

Di balik hal itu, ternyata telah banyak studi yang menyatakan bahwa memiliki hewan peliharaan memberikan sumbangan yang besar terhadap kesehatan mental. Sebuah studi yang telah dilansir Medical News Today juga mengungkapkan bahwa orang-orang yang memiliki gangguan kesehatan mental seperti depresi, schizophrenia, bipolar disorder, dan orang-orang yang mengalami trauma.

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa, dengan memiliki hewan peliharaan orang-orang tersebut akan memiliki perasaan stabil, membangkitkan rasa semangat dalam menjalani hidup, dan memberikan makna mendalam terhadap kehidupan mereka. Selain itu, ternyata masih banyak fakta menarik lainnya apabila kita memelihara hewan di rumah. Antara lain:

1. Menyehatkan Jantung

Dengan memelihara hewan seperti kucing, anjing, burung, atau yang lainnya, kamu dan anggota keluarga lainnya akan merasa lebih bahagia dengan kehadiran hewan tersebut. Apalagi jika salah satu anggota keluarga ada yang mengidap penyakit kronis, jantungnya akan beradaptasi lebih baik dan lebih sehat lagi akibat perasaan bahagia yang ditimbulkan tadi.

2. Meningkatkan Rasa Peduli

Ketika ada seseorang dari luar yang masuk ke dalam kehidupan seseorang, maka secara otomatis ia akan mulai peduli terhadap kehidupan orang tersebut. Hal ini juga berlaku pada binatang. Kamu akan mulai memperhatikan tingkah lakunya, apa yang ia takuti, apa yang ia tidak suka, dan semacamnya.

3. Mengurangi Kecemasan

Saat kita sedang bermain dengan hewan peliharaan dan mengelus-elusnya, awalnya mungkin kita akan merasa cemas, takut digigit atau dicakar. Namun seiring frekuensi interaksi yang makin intens, proses bonding antara hewan dan pemilik hewan akan makin mudah. Lambat laun kita akan merasa tenang saat bermain dengannya, sehingga kecemasan yang kamu miliki sebelumnya akan berkurang dan hilang secara perlahan.

4. Mempererat Hubungan dengan Keluarga

Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu agar hewan peliharaan tersebut disukai oleh semua anggota keluarga. Sehingga saat melakukan aktivitas bersama seperti memandikan hewan, memberi makan, dan mengajaknya berjalan-jalan, hubungan antar anggota keluarga menjadi lebih baik. Percakapan akan banyak terjadi dan masing-masing anggota keluarga menjadi lebih terbuka satu sama lain.

5. Menghilangkan Rasa Jenuh

Bagi setiap anggota keluarga, rutinitas yang dilakukan seperti bekerja dan sekolah akan membuatmu merasa jenuh. Namun saat kembali ke rumah dan melihat tingkah lucu si hewan peliharaan, maka mood kamu seketika akan kembali meningkat. Memelihara hewan di rumah juga akan membuat suasana hati kamu menjadi lebih baik, kamu akan merasa tidak sendirian dan merasa ada teman yang mau mendengarkan masalahmu meski ia tidak membantumu menyelesaikan masalah. 

Baca juga: Bukan Tokso, Pelihara Anjing Waspada Compylobacter

Masih ragu untuk memelihara hewan peliharaan di rumah? Sekarang sudah terbukti bahwa binatang peliharaan bisa cegah dan redakan stres. Jika ada pertanyaan mengenai kesehatan mentalmu kamu juga bisa diskusikan dengan psikiater atau psikolog tepercaya di Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!