• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips untuk Membiasakan Anak Rajin Membaca

Tips untuk Membiasakan Anak Rajin Membaca

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Tips untuk Membiasakan Anak Rajin Membaca

Halodoc, Jakarta – Ada pepatah yang mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Memiliki kebiasaan rajin membaca nyatanya dapat menambah ilmu dan juga wawasan seseorang. Tidak hanya orang dewasa, nyatanya ibu juga perlu menumbuhkan kebiasaan rajin membaca sejak dini pada anak-anak. Banyak berbagai manfaat membaca bagi anak-anak, seperti meningkatkan kemampuan bahasa anak, menciptakan anak yang kreatif, serta dapat meningkatkan hubungan emosional antara ibu dan anak.

Baca juga: 5 Cara Agar Anak Gemar Membaca

Untuk itulah, sangat penting bagi orangtua mengetahui beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membiasakan anak rajin membaca sejak dini, agar pertumbuhannya dapat berjalan dengan optimal. Berikut adalah beberapa tips yang bisa ibu lakukan untuk mengajak anak rajin membaca sejak dini.

1.Berikan Contoh pada Anak

Tentunya anak akan mencontoh apa yang dilakukan oleh orangtua. Untuk itu, tidak ada salahnya ibu memberikan contoh pada anak dengan membiasakan diri untuk membaca buku. Biasakan, setidaknya dalam satu hari ada beberapa waktu yang ibu gunakan untuk membaca buku kesukaan. Sesekali ajaklah anak untuk mengenali buku yang ibu baca agar anak lebih merasa tertarik dengan kebiasaan membaca.

2.Siapkan Buku yang Sesuai dengan Usia Anak

Ibu dapat menyiapkan beberapa buku yang sesuai dengan usia anak. Tentunya anak-anak yang berusia dibawah 2 tahun akan lebih tertarik dengan buku yang memiliki banyak gambar dibandingkan tulisan. Perlahan kenalkan anak dengan buku jenis lain agar anak dapat memilih jenis buku yang ia sukai.

3.Biarkan Anak Membaca Buku yang Ia Suka

Melansir Kids Health, sebaiknya biarkan anak membaca buku yang ia pilih sendiri. Jika anak memilih buku yang penuh dengan gambar, biarkan ia mengenal buku tersebut dan berimajinasi dengan cerita yang ada dalam buku. Dengan begitu, tingkat imajinasi dan kreativitas anak pun anak meningkat. Jika anak sudah nyaman dengan kebiasaan membaca, tentunya ibu dapat mengajak anak untuk membaca buku jenis lainnya.

Baca juga: Begini Caranya Memupuk Keinginan Membaca Anak?

4.Ajak Anak Membaca Bersama Buku yang Ia Pilih

Saat anak memilih sebuah buku untuk dibaca, sebaiknya ibu dampingi anak dan bantu ia untuk membaca atau menceritakan cerita yang ada dalam buku. Jika anak menginginkan ibu membaca satu buku berulang kali, jangan ragu untuk terus membacakannya. Kebiasaan ini akan membuat anak lebih mengerti setiap kosakata yang ada dalam buku.

5.Ciptakan Suasana yang Nyaman

Melansir dari Oxford Learning, ciptakanlah suasana dan ruangan yang nyaman untuk anak-anak membaca buku yang ingin ia baca. Suasana nyaman nyatanya dapat meningkatkan ketertarikan anak-anak dengan kebiasaan membaca.

6.Pergi ke Toko Buku Bersama

Ibu bisa mengajak anak untuk pergi ke toko buku bersama. Biarkan anak memilih beberapa buku yang menarik untuk mereka. Tentunya anak akan lebih senang dan tertarik untuk membaca buku yang ia pilih sendiri.

7.Ciptakan Kesempatan Anak untuk Membaca

Jangan salah, nyatanya saat ibu dan anak bermain, ibu dapat menciptakan kebiasaan membaca pada anak. Ibu dapat menggambar dan menulis sesuatu untuk anak dan biarkan ia membaca pesan yang ibu tulis. Dengan begitu, kemampuan anak untuk membaca akan terus meningkat meskipun saat bermain.

Itulah beberapa tips yang bisa ibu lakukan untuk meningkatkan kebiasaan anak membaca. Namun, perhatikan waktu-waktu yang ibu gunakan saat anak membaca buku. Hindari mengajak anak membaca buku di tempat yang gelap karena dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan mata. Buatlah ruangan yang nyaman agar kebiasaan anak membaca dapat tersalurkan dengan baik.

Baca juga: 4 Cara Jaga Kesehatan Mata Anak

Jika ibu melihat adanya tanda gangguan pada kesehatan mata anak, segera gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter mata agar keluhan mata pada anak dapat segera diatasi. Jangan lupa untuk berikan anak makanan yang bernutrisi agar kesehatan anak tetap optimal.

Referensi:
Kids Health. Diakses pada 2020. Helping Kids Enjoy Reading.
Oxford Learning. Diakses pada 2020. How to Encourage Good Reading Habits in Kids.