31 May 2018

Tips untuk Meningkatkan Kecerdasan Janin

Tips untuk Meningkatkan Kecerdasan Janin

Halodoc, Jakarta — Tahukah ibu bahwa saat ibu mengandung, pola makan ibu, emosi dan bagaimana ibu berinteraksi dengan janin berpengaruh besar pada perkembangan otak bayi? Karena itu, meningkatkan perkembangan otak janin bisa dibantu dengan trik-trik khusus. Ketahui cara-cara ini untuk membantu anak ibu supaya bisa tumbuh pintar.

Mulai kebiasaan mendongeng

Kemampuan bahasa dimulai dari rahim, dan ketika sudah memasuki trimester yang ketiga, bayi ibu sudah bisa mengingat suara yang selalu didengarnya.

Tetap aktif

Energi yang ibu dapatkan dari olahraga juga bisa dirasakan janin, lho! Hormon yang diproduksi saat berolahraga melalui plasenta, memberikan janin kimia yang membuatnya bahagia sampai 8 jam. Ditambah lagi, olahraga meningkatkan aliran darah di tubuhmu, termasuk rahim. Hal ini meningkatkan perkembangan bayi.

Penelitian menunjukkan kalau olahraga saat hamil dapat meningkatkan neuron di hippocampus janin sebanyak 40 persen. Ini adalah bagian otak yang bertanggung jawab atas daya ingat bayi dan fungsi pembelajarannya.

(Baca juga: Rahasia di Balik Persalinan yang Lancar: Olahraga)

Dapatkan cahaya matahari

Vitamin D yang berasal dari cahaya matahari sangatlah penting untuk perkembangan tulang dan jantung bayi. Makanya, habiskan waktu ibu paling tidak 20 menit di bawah sinar matahari, ya, karena ternyata banyak ibu hamil yang kekurangan vitamin ini, lho! Para peneliti juga sedang menganalisa kaitan antara kekurangan vitamin D di ibu hamil dengan autisme pada anak.

Pijat lembut perut

Sejak usia 20 minggu, janin akan merasakan sentuhan ibu. Sentuhan yang lembut ini mengirimkan pesan yang menenangkan ke sistem saraf bayi. Uniknya, penelitian memperlihatkan bahwa janin bisa membedakan sentuhan ibu dengan sentuhan ayah.

Ajak janin bicara

Bayi mulai bisa mendengar sejak usia kandungan 16 minggu. Setelah minggu ke 27, seluruh penghubung antara telinga dan otak sudah terbentuk. Menurut beberapa studi, janin bisa merespon aksen dan bahasa yang didengarnya dari rahim, lho! Jadi bayi yang lahir di keluarga bilingual bisa merespon pada kedua bahasa sejak lahir.

(Baca juga: Makanan Sehat untuk Pertumbuhan Otak Janin)

Yuk, dicoba tips-tips ini supaya bayi ibu tumbuh sehat dan pintar! Jangan lupa makan makanan sehat dan penuh gizi ya. Ibu bisa dapatkan tips lebih banyak lagi untuk meningkatkan perkembangan otak janin ibu dengan menghubungi dokter. Kalau perlu, ibu juga bisa minum vitamin tambahan supaya nutrisi yang dibutuhkan janin tercukupi dengan sempurna. Fitur tanya jawab dan beli vitamin ini bisa ibu temukan hanya di aplikasi Halodoc. Di sini, ibu juga bisa melakukan pemeriksaan lab. Semuanya dilakukan tanpa perlu ke mana-mana. Praktis ya? Makanya, download aplikasi Halodoc sekarang juga supaya bisa menikmati layanan ini.