21 February 2019

12 Ciri Pengidap Gangguan Kepribadian Narsistik

12 Ciri Pengidap Gangguan Kepribadian Narsistik

Halodoc, Jakarta - Memiliki rasa percaya diri tentu hal yang bagus. Namun, jika terlalu tinggi hingga selalu ingin dipuji dan melenyapkan rasa empati pada orang lain, itu baru salah. Dalam istilah medis, kondisi ini dikenal dengan nama gangguan kepribadian narsistik (Narcissistic Personality Disorder). Kondisi ini digolongkan sebagai sebuah gangguan mental, yang membuat pengidapnya merasa dirinya jauh lebih penting daripada orang lain, memiliki kebutuhan yang tinggi untuk dipuji atau dibanggakan, namun memiliki empati yang rendah terhadap orang lain.

Namun, di balik rasa percaya diri yang begitu tinggi itu, pengidap gangguan kepribadian narsistik sebenarnya rapuh dan mudah runtuh hanya dengan sedikit kritikan. Ciri-ciri kepribadian narsistik biasanya dapat mulai terlihat pada kanak-kanak atau remaja. Mereka biasanya menunjukkan sikap seperti:

  1. Menilai diri sendiri terlalu tinggi dibandingkan orang lain secara berlebihan.

  2. Menganggap diri dianggap superior tanpa adanya pencapaian yang pantas.

  3. Melebih-lebihkan pencapaian dan bakat diri.

  4. Meyakini diri sendiri sebagai seseorang yang superior dan meyakini bahwa hanya orang-orang yang sama istimewanya yang akan memahami hal tersebut.

  5. Memiliki preokupasi atau pikiran dipenuhi dengan fantasi mengenai sukses, kekuasaan, kepandaian, kecantikan atau ketampanan, atau mengenai pasangan yang sempurna.

  6. Memiliki kebutuhan untuk selalu dipuji atau dikagumi.

  7. Merasa istimewa.

  8. Menganggap bahwa dirinya pantas diberi perlakuan spesial dan bahwa hal itu sebagai suatu hal yang wajar di mata orang lain.

  9. Memanfaatkan orang lain untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

  10. Tidak mampu untuk meraba rasa atau menyadari perasaan atau kebutuhan orang lain.

  11. Merasa cemburu terhadap orang lain dan merasa orang lain cemburu terhadap diri sendiri.

  12. Memiliki perilaku yang arogan.

Baca juga: Sering Berbohong, Bisa Jadi Alami Gangguan Kepribadian

Mengapa Seseorang Bisa Mengidap Gangguan Ini?

Hingga saat ini, belum diketahui pasti apa yang menyebabkan seseorang memiliki gangguan kepribadian narsistik. Namun, kondisi ini diduga muncul sebagai akibat dari kesalahan pola asuh, atau beberapa hal yang pernah terjadi sebelumnya, seperti kekerasan, ditinggalkan, dimanjakan, atau dipuji terlalu berlebihan.

Anak yang dibesarkan oleh orangtua yang terlalu menekankan keistimewaan anak dan terlalu mengkritisi rasa takut dan kegagalan memiliki risiko untuk mengalami gangguan ini. Faktor gen atau masalah fisik dan psikologis juga menjadi salah satu penyebab gangguan kepribadian ini.

Baca juga: Tak Bisa Hidup Mandiri, Kenali Gejala Gangguan Kepribadian Dependen

Coba Terapkan Hal Ini

Pada kebanyakan kasus, saran dari psikolog dan dukungan dari orang terdekat merupakan salah satu langkah pengobatan yang dapat diupayakan pada pengidap gangguan kepribadian narsistik. Namun, selain dari medis, ada beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan dan dijadikan kebiasaan, untuk mengurangi dan mencegah gangguan kepribadian narsistik, yaitu:

  • Selalu terbuka dan bersosialisasi dengan orang lain.

  • Belajar mengenai ilmu kesehatan ini agar dengan segera menyadari gejala dan ciri yang ada, supaya bisa diberikan perawatan yang sesuai.

  • Kunjungi pusat kesehatan apabila terlintas pikiran untuk menyakiti diri sendiri atau orang lain.

  • Coba untuk mengurangi stres dengan meditasi atau yoga.

Baca juga: Apakah Olahraga Dapat Meminimalisir Gangguan Kepribadian?

Itulah sedikit penjelasan tentang gangguan kepribadian narsistik. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter, psikolog, atau psikiater pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter, psikolog, atau psikiater yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!