22 October 2018

Faktor Risiko Radang Gusi pada Orang Dewasa yang Perlu Diketahui

 Radang gusi,faktor radang gusi

Halodoc, Jakarta - Kenali lebih dalam tentang radang gusi, sebuah peradangan yang disebabkan oleh penimbunan plak dan mengiritasi garis gusi. Pada tahap awal kondisi ini, radang gusi dapat dicegah sebelum menjadi penyakit periodontal. Kondisi merupakan infeksi gusi yang dapat merusak jaringan lunak tulang penyangga gigi. Jadi, kamu perlu waspada jika gusi kamu berwarna kemerahan, mengempuk, berdarah dan menyusut, serta bau mulut. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi adanya radang gusi, antara lain:

  • Iritasi

Reaksi alergi terhadap bahan yang terkandung dalam pasta gigi, makanan, obat-obatan, atau kawat gigi dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, atau pembengkakan pada jaringan gusi.

  • Perawatan Gigi yang Salah

Gigi yang meregang karena usia dan diperbaiki dengan cara yang salah, dapat memudahkan sisa-sisa makanan terjebak di sela-sela gigi. Sering kali, sisa-sisa makanan itu sulit untuk dibersihkan, sehingga lama-kelamaan menyebabkan infeksi. Gigi palsu yang tidak pas juga dapat mengiritasi jaringan gusi, serta menyebabkannya luka atau bengkak.

  • Tartar

Tartar atau yang kita kenal dengan karang gigi, terbentuk dari plak yang mengeras. Plak akan berubah menjadi tartar dalam kurun waktu tertentu, biasanya lebih dari 10 hari. Biasanya, tartar terbentuk di antara celah gigi dan gusi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi, sehingga pembentukannya cenderung tidak terkontrol dan hanya bisa dibersihkan oleh dokter gigi.

  • Hormon

Perubahan kadar hormon pada wanita juga dapat menyebabkan gusi bengkak. Hal ini biasanya bersifat sementara, dengan kasus terpanjang biasanya dikaitkan dengan masalah kehamilan.

  • Plak

Plak adalah penyebab umum radang gusi. Plak adalah lapisan tak terlihat pada permukaan gigi yang terbentuk oleh koloni bakteri di mulut. Plak akan terlihat dengan jelas, jika gigi tidak dibersihkan secara rutin. Plak dapat dihilangkan dengan menyikat gigi, karena konsistensinya yang lunak. Plak tidak hanya menyebabkan gusi meradang karena infeksi, tapi juga bisa menyebabkan gigi berlubang.

Jika kamu mempunyai indikasi penyebab radang gusi seperti di atas. Berikut ini adalah langkah-langkah pencegahan radang gusi, antara lain:

  • Menyikat Gigi

Pastikan kamu menyikat gigi dengan teknik yang tepat, yaitu menyikat dengan membentuk sudut 45 derajat. Gosok gigi dengan gerakan memutar atau vertikal perlahan-lahan, mulai dari permukaan gigi luar ke dalam, dan sikat gigi satu persatu bukan sekaligus.

  • Menggunakan Obat Kumur Setelah Menyikat Gigi

Pakailah obat kumur setelah kamu menyikat gigi. Hal ini akan memaksimalkan kebersihan gigi kamu. Obat kumur mengandung antiseptik yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan penyakit pada gusi.

  • Mengkonsumsi Air Putih dengan Cukup

Minum air dengan cukup, terutama setelah makan dapat membantu menghilangkan sisa-sisa makanan. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan munculnya bakteri penyebab plak.

  • Berhenti Merokok

Ada tiga macam bakteri yang sering ditemukan pada rongga mulut seorang perokok. Jika tidak segera dibersihkan, bakteri yang menumpuk pada gigi akan menyebabkan plak dan bisa menyebabkan peradangan pada gusi.

Peradangan pada gusi dipicu oleh kandungan nikotin yang terdapat dalam rokok. Nikotin dapat membuat sistem imun tubuh menjadi lemah, sehingga perlawanan terhadap bakteri juga semakin berkurang. Selain itu, fungsi normal sel dalam jaringan gusi juga terganggu dan menghalangi aliran darah ke gusi. Hal ini dapat menghambat suplai nutrisi ke gusi. Gusi akhirnya bisa terpisah dari tulang dan rentan terinfeksi.

Perhatikan kesehatan gigi dan gusi kamu agar tidak terjadi peradangan pada gusi. Kamu bisa mendapatkan tips kesehatan lainnya dan ngobrol langsung dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc melalui Chat dan Voice/Video Call. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat di aplikasi Halodoc dan obat akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: