3 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Pengidap Osteofit

3 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Pengidap Osteofit

Halodoc, Jakarta - Osteofit adalah pertumbuhan pada tulang halus atau disebut juga dengan taji tulang. Hal tersebut tumbuh secara perlahan seiring dengan berjalannya waktu dan umumnya tidak menimbulkan gejala. Osteofit yang terjadi dapat menyebabkan rasa sakit apabila menyerang struktur tulang tertentu atau tumbuh sangat besar, sehingga membatasi pergerakan sendi yang terserang. Hal tersebut juga dijuluki osteochondral atau osteochondro pyhtes.

Osteofit pada Arthritis

Osteofit umumnya berkembang pada persendian yang menunjukkan tanda-tanda degenerasi. Hal tersebut berhubungan dengan jenis artritis yang paling umum, osteoarthritis. Tanda tersebut dapat berfungsi untuk membedakan osteoartritis dari jenis arthritis lainnya. Sementara itu, osteoartritis juga melibatkan degradasi tulang rawan. Terdapat juga perubahan tulang subchondral pada sendi, yang dapat mencakup pembentukan taji tulang.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Penyebab Seseorang Terkena Osteofit

Pembentukan Osteofit

Osteofit adalah pertumbuhan tulang yang tertutup oleh fibrokartilago yang berasal dari sel-sel prekursor pada periosteum. Periosteum merupakan jaringan yang melapisi tulang dan berisi sel-sel yang dapat membentuk tulang baru. Hal tersebut dapat mengubah faktor yang berperan pada pertumbuhan.

Osteofit berkembang ketika tulang rawan yang rusak dan tersisa di dalam sendi mencoba untuk melakukan perbaikan setelah tulang rawan pada sendi lain hilang. Osteofit yang terjadi bertujuan untuk menstabilkan sendi yang rusak. Hal tersebut juga dapat berkembang tanpa adanya kerusakan tulang rawan yang jelas, sehingga tulang pada sendi tersebut tumbuh secara berlebihan.

Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Pengidap Osteofit

Mengonsumsi makanan yang seimbang dengan jumlah nutrisi yang tepat dapat mengurangi masalah pada tulang pengidap osteofit. Pengidap kondisi ini membutuhkan banyak vitamin dan nutrisi, sehingga beberapa makanan yang memberi banyak manfaat pada tulang harus dikonsumsi. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat dikonsumsi pengidap osteofit, yaitu:

  1. Kalsium

Kalsium adalah salah satu makanan yang memberi banyak manfaat pada tulang, terutama karena kandungan mineral yang tinggi. Mineral sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan membantu kepadatan tulang tetap terjaga. Asupan kalsium juga penting untuk mencegah osteoporosis, yaitu kelainan yang ditandai dengan tulang yang lemah dan rapuh, sehingga menyebabkan patah tulang.

Kalsium banyak ditemukan pada makanan seperti yogurt, keju, dan susu. Sumber kalsium lainnya, yaitu sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, beberapa jenis ikan seperti sarden dan salmon, serta beberapa makanan lainnya seperti almond, jeruk, dan tahu.

Baca Juga: Ini Perbedaan Osteoporosis dan Osteoarthritis

  1. Magnesium

Kandungan magnesium juga salah satu asupan yang harus dikonsumsi oleh pengidap osteofit. Magnesium adalah mineral utama dari struktur tulang dan diperlukan oleh tubuh untuk melakukan reaksi biokimia. Apabila kadar magnesium pada darah menurun, kadar magnesium dari tulang akan diambil. Kekurangan zat magnesium sering terjadi dan asupan makanan yang kaya akan magnesium.

Makanan yang kaya akan magnesium dapat membantu untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah masalah pada punggung. Magnesium banyak ditemukan pada sayuran dengan daun hijau, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, yogurt, alpukat, pisang, dan cokelat hitam.

  1. Vitamin D3

Makanan yang kaya akan vitamin D juga dapat membantu tubuh untuk menyerap kalsium, sehingga baik untuk seseorang yang mengidap osteofit. Makanan dengan kandungan vitamin D dapat berguna untuk perkembangan tulang yang kuat dan sehat. Tanpa adanya vitamin D yang cukup, tulang akan menjadi tipis, rapuh, atau mengalami kecacatan.

Vitamin D umumnya ditemukan secara alami pada beberapa makanan, termasuk ikan yang berlemak (salmon), minyak hati ikan, dan kuning telur. Selain itu, susu dan beberapa sereal, jus, serta roti juga diperkaya dengan vitamin D. Hal tersebut juga dapat diperoleh dari suplemen dan berjemur di bawah sinar matahari.

Baca Juga: Lutut Sering Sakit, Hati-Hati Osteoarthritis

Itulah beberapa makanan yang dapat dikonsumsi oleh pengidap osteofit. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal asupan makanan yang baik untuk tulang, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!