11 February 2019

Hati-Hati, Ini 3 Penyebab Molluscum Contagiosum yang Menyerang Organ Intim

Gejala Molluscum Contagiosum

Halodoc, Jakarta - Istilah molluscum contagiosum kemungkinan besar masih terdengar asing di telinga kamu, bukan? Padahal, penyakit ini merupakan suatu kondisi medis yang termasuk ke dalam penyakit menular seksual yang harus diwaspadai sejak dini. Yuk, lihat apa saja penyebab dari molluscum contagiosum yang menyerang pada organ intim!

Baca juga: Berikut Penyebab & Cara Mengatasi Gatal Selangkangan

Apa yang Dimaksud Molluscum Contagiosum?

Molluscum contagiosum merupakan infeksi virus yang terjadi pada kulit yang umumnya dialami oleh anak-anak. Namun, perlu kamu ketahui bahwa virus ini juga akan menyerang orang dewasa yang aktif melakukan hubungan intim dan dengan cara yang tidak sehat, lho! Selain itu, penyakit ini juga rentan dialami oleh orang yang mempunyai sistem imun yang lemah, dan bagi mereka yang juga mengalami kondisi kesehatan kulit lain, seperti dermatitis atopik. Dermatitis atopik yaitu peradangan kulit yang disertai dengan rasa gatal.

Jangan sampai salah mendiagnosis, ya! Karena penyakit ini sering sekali tertukar dengan luka herpes, atau yang biasa dikenal dengan kutil. Molluscum contagiosum biasanya timbul sebagai luka kecil yang menyakitkan, luka ini biasanya memiliki inti pusat berwarna lilin atau putih.

Jika luka ini enggak sengaja terkena garukan, inilah awal mula virus bisa menyebar. Walaupun kondisi ini dapat sembuh dan hilang sendirinya dalam kurun waktu satu tahun tanpa pengobatan, penyakit ini mudah sekali menular.

Apa Gejala yang Timbul?

Molluscum contagiosum memang tidak menunjukkan gejala apapun pada fase awal kemunculan. Namun lama-kelamaan, gejala akan timbul dengan sendirinya. Gejala yang timbul dapat meliputi:

  • Adanya bintil-bintil pada permukaan kulit, biasanya berjumlah 20-30. Pada anak-anak, bintil-bintil biasanya muncul pada daerah badan, muka, ketiak, kaki, dan tangan. Sedangkan pada orang dewasa, bintil-bintil biasanya muncul pada daerah tulang kemaluan, alat kelamin, daerah bawah perut, dan lipatan paha.

  • Biasanya, bintil-bintil tersebut mempunyai ukuran sebesar biji kacang hijau. Jika bintil-bintil ini pecah dan mengeluarkan cairan berwarna putih atau lilin, cairan inilah yang dapat menularkan molluscum contagiosum.

  • Beberapa bintil-bintil ini biasanya akan terasa gatal. Gatal ini jangan sampai digaruk ya, jika kamu enggak mau virus ini menyebar ke area tubuh yang lainnya!

  • Bintil-bintil tersebut akan mengalami pembengkakan ringan ketika akan sembuh, dan menyebabkan kulit menjadi kemerahan. Pembengkakan yang terjadi tidak menyebabkan rasa sakit.

Untuk itu, jika gejala bintil-bintil sudah muncul di kulit kamu, kamu disarankan untuk segera diskusikan masalah kesehatan kamu dengan dokter ahli. Karena jika dibiarkan begitu saja, gejala yang makin parah bisa merujuk kamu untuk melakukan tindakan operasi.

Baca juga: 6 Tanda Fisik Jika Mengidap Penyakit Seksual

Apa Penyebab Terjadinya Molluscum Contagiosum pada Organ Intim?

Molluscum contagiosum memang disebabkan oleh kelompok virus yang juga memiliki nama yang sama. Kelompok virus ini menyerang sel kulit manusia. Ada beberapa penyebab molluscum contagiosum menyerang organ intim orang dewasa, antara lain:

  1. Memiliki pasangan hubungan intim lebih dari satu. Kamu bisa memperkecil risiko mengidap penyakit ini dengan setia pada satu pasangan.

  2. Melakukan hubungan intim tanpa menggunakan pengaman. Penggunaan pengaman dalam berhubungan intim seperti kondom dapat mencegah penyakit ini. Bahkan, beberapa kondom memiliki kandungan yang bisa membunuh mikroorganisme penyebab penyakit.

  3. Bersihkan organ intim sebelum dan sesudah melakukan hubungan intim untuk mencegah penyebaran virus ini. Dengan menjaga kebersihan organ intim, kamu bisa mencegah terserang virus penyebab penyakit yang menyerang organ intim kamu.

Baca juga: Inilah Ciri Penyakit Menular Seksual pada Pria dan Wanita

Untuk itu, lakukanlah hubungan intim yang sehat dengan menjaga kebersihan organ intim kamu. Jika penyakit ini mengalami gejala yang semakin parah, operasi merupakan satu-satunya jalan penyembuhan. Jika kamu punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!