4 Buah yang Bantu Turunkan Berat Badan saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4 Buah yang Bantu Turunkan Berat Badan Saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Puasa sering dimanfaatkan sebagian besar orang sebagai ajang untuk menurunkan berat badan. Saat berpuasa, seseorang memang diwajibkan untuk tidak makan dan minum pada waktu yang sudah ditentukan. Dan hal itu, tentu akan memengaruhi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh, sehingga sangat bisa dimanfaatkan untuk diet.

Sayangnya, tidak semua orang berhasil menjalani diet selama bulan puasa. Alih-alih menurunkan berat badan, sebagian besar orang malah mengalami kenaikan bobot selama puasa. Ternyata, hal itu berkaitan dengan pola makan selama bulan puasa yang kurang tepat, salah satunya kebiasaan berlebihan dalam menyantap makanan saat sahur dan berbuka puasa. Harus menahan lapar dan haus membuat banyak orang berpikir untuk makan sebanyak-banyaknya saat sahur dan waktu berbuka datang.

Baca juga: Puasa Sambil Diet, Bisa tetap Sehat dengan Menu Ini

Kebiasaan itu malah bisa memicu kenaikan berat badan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah hal ini terjadi adalah mengonsumsi makanan sehat, termasuk buah-buahan. Selain menyehatkan, konsumsi buah-buahan ternyata juga bisa membantu menurunkan berat badan, lho. Lantas, apa saja jenis buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk membantu program diet selama bulan puasa?

1. Pisang

Buah yang satu ini memang dikenal memiliki kalori, tapi khasiatnya tidak perlu diragukan. Pisang menjadi jenis buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat diet. Mengonsumsi pisang bisa membantu mencegah tubuh selalu lapar dan meningkatkan metabolisme. Selain itu, buah pisang juga bebas kandungan lemak, kolesterol, serta rendah natrium. Kendati begitu, buah ini tetap kaya akan vitamin dan mineral.

Pisang memiliki tingkat indeks glikemik yang rendah sampai sedang, sehingga bisa membantu mengendalikan kadar insulin dan mengatur berat badan. Buah berwarna kuning ini juga kaya akan kandungan kalium, magnesium, mangan, serat, serta antioksidan.

Baca juga: Sedang Diet, Coba 3 Menu Sahur Ini

2. Apel

Apel menjadi jenis buah yang cocok untuk dikonsumsi saat diet. Dalam satu buah apel, tergantung 5 gram serat, dan 85 persennya adalah air. Karena tinggi kandungan air dan serat, apel menjadi jenis buah yang bisa menjaga gula darah bisa tetap stabil, dan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, apel termasuk dalam jenis buah yang rendah kalori, tapi tinggi kandungan serat. Kamu bisa menjadikan buah apel sebagai pengganti gorengan dan es  untuk disantap saat berbuka puasa.

3. Alpukat

Buah alpukat memang dikenal memiliki kandungan lemak, tapi jangan khawatir, lemak dalam alpukat ternyata baik untuk tubuh. Alpukat mengandung lemak baik, yaitu asam oleat yang merupakan lemak tidak jenuh tunggal. Banyaknya kandungan lemak baik dalam buah ini juga bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga menurunkan nafsu untuk makan berlebihan saat berbuka puasa. Rutin mengonsumsi buah alpukat juga dikenal bisa memberi manfaat sehat untuk tubuh, salah satunya menyehatkan jantung.

4. Melon

Buah melon juga banyak mengandung air, dan bisa mencegah rasa lapar. Selain itu, buah ini juga kaya akan serat, kalium, dan antioksidan, seperti vitamin C, beta karoten, dan likopen. Kamu tidak perlu merasa khawatir saat mengonsumsi buah melon. Sebab, memakan 150 gram melon hanya akan menghasilkan sekitar 50 sampai 60 kalori. Artinya, meski memberi rasa kenyang, jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh masih tergolong rendah.

Baca juga: 5 Buah yang Direkomendasikan Dimakan saat Puasa

Cari tahu tips diet sehat selama puasa lainnya dengan bertanya ke dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips puasa sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!