Jangan Ditahan, Menangis Ternyata Ada Manfaatnya

Jangan Ditahan, Menangis Ternyata Ada Manfaatnya
KECANTIKAN 05 February 2018

Halodoc, Jakarta – Pernah dengar ungkapan “menangis adalah pertahanan terakhir dan cara untuk mengungkapkan kesedihan”? Nyatanya hal itu semakin diyakini kebenarannya. Pasalnya menangis sering diidentikkan dengan rasa sedih, sakit hingga kehilangan.

Namun, ternyata menangis tak sekadar baik untuk meluapkan kesedihan, lho. Tahukah kamu bahwa menangis juga memiliki manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Kok bisa?

Menangis ternyata bisa membantu mengeluarkan energi negatif dalam tubuh serta menggantinya  dengan energi positif yang baru. Karena satu hal yang pasti, menangis dapat membuat seseorang merasa lebih lega dan tenang. Lantas apa saja manfaat lain  yang bisa didapatkan setelah menangis?

  • Perasaan Tenang 

Menangislah jika memang harus menangis. Sebab itu adalah satu cara terbaik untuk meluapkan rasa tertekan dan stres yang tengah melanda. Setelahnya, kamu pasti akan merasa lega dan lebih tenang.

Menangis baik untuk mencegah terjadinya stres berkepanjangan yang dapat berujung depresi. Selain itu,  saat seseorang menangis karena stres, saat itu pula tubuhnya sedang melepaskan hormon stres lalu mengeluarkannya lewat air mata.

  • Meredakan Stres

Selain membuat tenang, menangis pun ampuh untuk meredakan stres. Hal ini terbukti lewat sebuah penelitian yang menyebut adanya perbedaan antara menangis karena luapas emosi atau stres dengan menangis yang disebabkan oleh hal lain, seperti iritasi fisik.

Saat seseorang menangis karena luapan emosi dan stres, maka air mata yang akan keluar memiliki kandungan protein hormon prolaktin, hormon adrenokortikotropik (ACTH), dan leusin enkefalin.  Dan pengeluaran hormon ini akan menurunkan hormon kortisol alias hormon “stres”.  

  • Meningkatkan Mood

Menangis juga berperan untuk menjaga kesehatan mental. Bahkan menangis disebut memiliki efek yang paling baik dalam menenangkan diri dibanding obat antidepresan apapun.

Tidak menahan tangisan juga dapat membantu memperbaiki mood atau suasana hati menjadi lebih baik. Karena luapan emosi dan energi negatif yang dikeluarkan lewat air mata telah terbukti dapat memberikan perasaan lega, dan tentunya mood dan perasaan pun akan ikut menjadi lebih baik.

  • Melindungi Mata

Saat seseorang menangis, maka kelenjar lakrimal yang ada pada mata pun akan bekerja. Kelenjar ini akan memproduksi air mata, dan itu adalah satu proses yang baik untuk melindungi kesehatan indra penglihatan tersebut.

Sebab saat proses ini terjadi, mata akan mengalami “pembersihan” dari debu-debu atau zat lain yang mengganggu mata. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya iritasi pada mata dan menjaganya tetap lembab.

Menangis pun akan menghindari membran mukosa pada mata mengalami kekeringan. Jika hal ini terjadi, mata akan menjadi lebih rentan terserang bakteri atau zat asing lainnya.

  • Penglihatan Lebih Tajam

Salah satu bagian tubuh yang paling merasakan manfaat dari menangis adalah kedua mata. Keluarnya air mata biasanya akan disertai dengan keluarnya kotoran yang selama ini menumpuk di sana. Tentu hal ini akan berguna untuk menjernihkan dan membuat penglihatan lebih tajam.

Hal ini menunjukkan bahwa tak hanya sebagai tanda kesedihan, menangis juga memiliki manfaatnya sendiri bagi kesehatan. Daripada menahan tangisan, yang pada beberapa kasus malah bisa membuat seseorang menjadi lebih stres dan tertekan, tak ada salahnya untuk melepaskannya. Tapi ingat untuk tetap memahami segala batasan, ya.

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Halodoc memiliki layanan lengkap mulai dari Chat bersama dokter yang bisa digunakan untuk menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Ada pula apotik antar yang akan memudahkan dalam membeli obat dan produk kesehatan lain, pesanan akan diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Kamu juga bisa menjadwalkan lab test dengan fitur Lab Service di aplikasi Halodoc. Ayo, download sekarang di Google Play dan App Store.


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

18 July 2018

Tidak hanya untuk kecantikan kulit, air beras juga baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja sebenarnya manfaat air...

Selengkapnya

OLAHRAGA

18 July 2018

Membentuk otot tubuh yang bagus tidak perlu melalui serangkaian latihan fisik yang berat. Cukup dengan olahrag...

Selengkapnya

KEHAMILAN

18 July 2018

Metode USG pun kini sudah semakin berkembang. Ibu hamil bisa melihat kondisi bayi dengan lebih jelas lewat USG...

Selengkapnya