Baik dan Buruk dari Tren Parenting Zaman Now

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Baik dan Buruk dari Tren Parenting Zaman Now

Halodoc, Jakarta – Beda zaman memberikan perubahan dalam banyak aspek termasuk juga pola asuh. Bisa dibilang era teknologi sekarang ini telah memberikan perbedaan yang signifikan dalam pola asuh orangtua kepada anak.

Sebagian memang positif, di mana arus informasi memberikan banyak pilihan untuk orangtua memberikan fasilitas kesehatan terbaik untuk anak. Namun di satu sisi, teknologi membuat orangtua jadi cenderung membanding-bandingkan perkembangan anak yang jelas berbeda. Lantas, apa yang harus dilakukan orangtua menyikapi tren parenting zaman now? Simak pembahasannya di bawah ini!

Perubahan Zaman dan Adaptasi Pola Asuh

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Research Gate disebutkan, tren sosial dan pergeseran nilai memberikan dampak pada gaya pola asuh orangtua zaman now. Untuk memberikan peran yang positif kepada anak, maka orangtua zaman now disarankan untuk melakukan penyesuaian dengan cara tidak terlalu mengekang, tetapi tetap memantau perubahan dan memilih apa yang baik dan tidak baik untuk diaplikasikan dalam kehidupan anak.

Bagaimana mengaplikasikan perubahan zaman dalam pola asuh, bisa orangtua simak di sini!

  1. Berbagi Cerita di Media Sosial

Tren membagikan foto dan cerita di media sosial bukan hanya untuk anak muda saja, melainkan juga untuk ibu muda. Menurut survei yang dipublikasikan di The Atlantic, sekira 90 persen foto bayi berusia dua tahun sudah pernah di-posting di  media sosial oleh orangtua ataupun orang terdekatnya.

Baca juga: Pola Asuh Orangtua Bisa Bikin Anak Jadi Pelaku Bully?

Berbagi cerita di media sosial memang tidak selamanya buruk. Namun, alangkah baiknya bila teknologi ini lebih digunakan untuk sharing tips parenting ketimbang membagikan foto anak di media sosial.

Gunakanlah sosial media untuk berbagi tips parenting serta memberikan dukungan dan motivasi pada sesama ibu.

  1. Gaya Parenting yang Beda

Saat ini, informasi yang didapatkan bukan hanya dari buku saja, melainkan juga dari internet. Beragam informasi yang didapatkan inilah yang memberikan kekayaan informasi dan membentuk perspektif yang berbeda dalam mengasuh anak.

Alhasil, informasi yang didapatkan ini bisa menciptakan gaya parenting yang berbeda karena terbentuk dari keterbukaan informasi dan pikiran. Lantas, apakah semuanya harus diikuti? Tentu saja tidak, orangtua perlu paham kalau masing-masing keluarga memiliki gaya parenting yang berbeda. Pun, anak juga memiliki kebutuhan yang tidak sama dengan anak lainnya. Ketika orangtua mendapatkan suatu informasi ada baiknya untuk tidak langsung menelan bulat-bulat melainkan menjadikannya sekadar tambahan informasi ataupun pengetahuan yang belum tentu dijalani untuk anak dan keluarganya.

  1. Kerja Sama antar Pasangan

Ada banyak perbedaan antara pola asuh zaman dulu dan zaman now. Misalnya, banyak pasangan zaman dulu yang menganggap mengasuh anak adalah tugas ibu saja. Sedangkan di zaman sekarang terjadi pergeseran di mana tugas menjaga anak adalah hasil kerja sama antara ibu dan ayah.

Hal ini adalah benar adanya. Tidak ada yang luar biasa dari keterlibatan suami dalam mengasuh anak, termasuk memandikan, memberikan makan, menggantikan popok, dan lain-lain. Menjaga anak adalah tugas dan tanggung jawab bersama yang harus dijalani kedua-duanya, baik ibu maupun ayah.

  1. Memberikan Kebebasan pada Anak

Salah satu perbedaan yang terlihat antara ibu zaman dulu dan sekarang adalah kebebasan yang diberikan kepada anak. Dulu, kebanyakan anak tidak diberikan kebebasan untuk menentukan pilihannya. Namun sekarang, anak justru diberikan ruang untuk belajar dan tumbuh secara mandiri. Kebebasan ini diharapkan bisa membantu anak berinteraksi dan memahami jati dirinya dengan baik.

Baca juga: Liburan Seru, Ini 5 Manfaat Ajak Anak ke Kebun Binatang

Pada akhirnya, setiap ibu punya pertimbangan tersendiri dalam mengasuh anak. Namun, apapun gaya parenting yang diterapkan, pastikan itu adalah yang terbaik untuk tumbuh kembang anak. Ingin tahu lebih lanjut mengenai pola asuh zaman now, tanyakan langsung saja di Halodoc.

Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk ibu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor orangtua bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

Referensi:
Very Well Mind. Diakses pada 2020. Why Parenting Styles Matter When Raising Children.
Research Gate. Diakses pada 2020. Current Research on Parenting Styles, Dimensions, and Beliefs.
The Atlantic. Diakses pada 2020. The Perils of 'Sharenting.