Buka Puasa di Kantor? Coba 5 Menu Sehat Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Buka Puasa di Kantor? Coba 5 Menu Sehat Ini

Halodoc, Jakarta – Padatnya aktivitas terkadang mengharuskan seseorang untuk berbuka puasa di kantor. Jika ini terjadi pada kamu, jangan khawatir. Kini banyak orang yang berjualan makanan dan minuman lezat di dekat area perkantoran. Bahkan, saat ini kamu bisa memanfaatkan aplikasi untuk memesan makanan dan minuman yang disukai untuk berbuka puasa.

Hanya saja, kamu tidak boleh konsumsi makanan dan minuman sembarangan agar tubuh tidak jatuh sakit saat puasa. Selain mengganggu kelancaran berpuasa, sakit saat puasa bisa menurunkan produktivitas yang berdampak negatif pada pekerjaan. Lalu, apa saja makanan dan minuman sehat yang bisa dikonsumsi saat berbuka puasa di kantor?

Baca Juga: Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Menu Sehat untuk Berbuka Puasa di Kantor

Ketika waktu berbuka puasa tiba, awali dengan minum air putih dan konsumsi makanan ringan lain (dikenal sebagai takjil). Pasalnya, tubuh membutuhkan waktu untuk beradaptasi setelah kurang lebih 13 jam tidak mendapat asupan apapun. Jika kamu berencana berbuka puasa di kantor, berikut menu sehat yang bisa menjadi pilihan:

1. Buah

Kurma adalah buah yang banyak digemari sebagai menu berbuka puasa. Selain bisa mengembalikan energi setelah berpuasa, buah kurma kaya vitamin B1, B2, B3, B5, dan C yang mampu melindungi tubuh dari paparan radikal bebas dan infeksi penyakit. Buah lain yang bisa dikonsumsi untuk berbuka adalah semangka, apel, dan anggur. Buah-buahan tersebut bisa dikonsumsi secara utuh atau dalam bentuk jus, es buah, dan es campur.

2. Kolak

Takjil yang banyak dijual sehingga kamu bisa mendapatkannya dengan mudah. Dengan makan kolak pisang, kamu merasa kenyang karena takjil ini mengandung sekitar 160 kalori per 100 gram. Selain mengenyangkan, kolak pisang terdiri dari bahan-bahan alami yang kaya nutrisi, seperti pisang, biji salak, ubi, dan singkong.

Baca Juga: Buka Puasa Jangan Ditunda, Ini Akibatnya

3. Bubur Sumsum

Terbuat dari tepung beras yang dicampur sirop gula merah, bubur sumsum bisa menjadi pilihan menu sehat berbuka selain kolak pisang. Tepung beras pada bubur sumsum mengandung karbohidrat yang bisa mengenyangkan perut, serta mineral, vitamin, dan serat yang mampu menjaga kesehatan usus maupun saluran cerna.

Sirop gula merah bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena mengandung vitamin B dan C. Bahkan, santan kelapa yang digunakan bersifat antibakteri dan antivirus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi penyakit.

4. Bubur Kacang Hijau

Selain lezat, bubur kacang hijau juga kaya nutrisi yang baik bagi kesehatan. Manfaat menyantap kacang hijau saat berbuka puasa adalah membantu menurunkan kolesterol jahat, melancarkan saluran cerna, menurunkan gula darah, dan mengontrol berat badan.

5. Lontong

Lontong biasanya tersaji dekat dengan gorengan. Makanan ini terbuat dari nasi yang membuat kamu kenyang saat berbuka. Meski begitu, jumlah kalori dalam 100 gram lontong (sekitar 144 kalori) cenderung lebih rendah dibanding nasi (sekitar 180 kalori), sehingga bisa membantu mengendalikan berat badan saat puasa. Nutrisi lain bisa kamu dapatkan, sesuai dengan sayuran yang terdapat di dalam lontong.

Baca Juga: Porsi yang Tepat Saat Berbuka Puasa

Itulah menu sehat yang bisa kamu konsumsi saat berbuka puasa di kantor. Kalau kamu punya keluhan sakit saat puasa, jangan ragu berbicara dengan dokter Halodoc. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Halodoc dan masuk ke fitur Talk to A Doctor untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!