5 Cara Jitu Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
mengecilkan pori-pori wajah, cara mengecilkan pori wajah

Halodoc, Jakarta – Hampir semua wanita pasti ingin tampil cantik tanpa cela sedikit pun. Mereka akan melakukan apa pun untuk mendapatkan wajah yang halus, cerah, dan sehat. Nah, ada satu hal yang sebetulnya tidak berbahaya, tetapi membuat kebanyakan wanita merasa gerah untuk segera mengatasinya. Hal tersebut adalah tampilan pori-pori yang besar.

Sebetulnya, pori-pori wajah sangatlah penting, karena merupakan suatu akses agar kulit dapat bernapas. Selain itu, pori-pori wajah juga berperan untuk meregenerasi sel-sel kulit. Namun, jika pori-pori wajah ukurannya terlalu besar, tentu tidak sedap dipandang dan membuat wajah terlihat tidak mulus.

Penyebab Pori-Pori Wajah Membesar

Penyebab utama pori-pori wajah membesar adalah riasan wajah. Riasan wajah memang berguna untuk mempercantik wajah, tapi ternyata juga dapat menyebabkan pori-pori kulit terlihat lebih besar. Penggunaan makeup yang berlebihan dapat menutupi kelenjar minyak sehingga sel kulit mati menjadi terperangkap dalam folikel. Selain itu, pori-pori yang membesar juga dapat disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet dan kadar kolagen yang menurun.

Akibat dari penyumbatan pori-pori ini, maka ia akan membesar dan memancing timbulnya jerawat dan komedo. Apalagi bagi kamu yang sering keluar bepergian tentu akan menyebabkan debu, kotoran, dan bakteri menempel pada kulit, sehingga pori-pori menjadi semakin besar lagi.

Namun jangan khawatir, sebab berikut ini terdapat cara mengecilkan pori-pori wajah yang dapat kamu coba di rumah:

  1. Cuka Apel

Cuka apel yang memiliki sifat asam akan sangat bermanfaat untuk mengikis dan mengangkat kulit mati di wajah. Selain itu, ia juga bisa dijadikan toner dan yang pasti merupakan bahan ampuh untuk membuat pori-pori di wajah mengecil. Kamu hanya memerlukan satu sendok makan cuka apel, kemudian campurkan bersama segelas air putih. Ambil kapas, celupkan, dan oleskan pada bagian wajah yang memiliki pori-pori besar.

Baca juga: Tambah Flawless, 5 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah

  1. Air Rendaman Beras

Apabila kamu sedang mencuci dan menanak nasi, jangan langsung membuang airnya. Air rendaman beras dapat membuat pori-pori kamu mengecil karena mengandung asam ferulic serta allantoin. Gunakanlah endapan air beras sebagai masker wajah alami.

  1. Jeruk Nipis

Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam jeruk nipis tidak hanya mampu mengecilkan pori-pori wajah, tetapi juga mampu menghindarkan kulit dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Kamu hanya perlu mengoleskan air perasan jeruk nipis ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas wajahmu dengan air bersih.

  1. Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya memang sudah terkenal manfaatnya dalam perawatan wajah. Selain mengecilkan pori, dengan menggunakan gel lidah buaya secara teratur, maka wajahmu akan menjadi lebih segar dan cerah. Oleskan gel lidah buaya secara merata pada kulit wajah, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

  1. Es Batu

Ini adalah cara paling mudah yang dapat kamu lakukan setiap hari untuk mengecilkan pori-pori. Ambil batu es dari freezer dan bungkus dengan saputangan atau handuk bersih. Oleskan pada wajah dan lakukan hal ini selama 15 menit agar pori-pori wajah mengecil.

Baca juga: Cara Perawatan Wajah yang Tepat Atasi Masalah Pori-Pori

Itulah beberapa cara mengecilkan pori-pori wajah yang dapat kamu coba di rumah. Untuk tips kesehatan dan perawatan kulit lainnya, tanyakan saja langsung pada dokter yang sudah terdaftar dan tepercaya melalui aplikasi Halodoc. Kapan lagi bisa berinteraksi dengan dokter yang standby 24/7 untuk menjawab pertanyaan kamu secara GRATIS? Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga!