30 May 2018

5 Cara Mencegah Kulit Kering saat Puasa

5 Cara Mencegah Kulit Kering saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Selain bibir pecah-pecah, keluhan umum saat berpuasa adalah kulit kering dan kusam. Ini terjadi karena selama berpuasa, asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh akan berkurang sehingga menyebabkan dehidrasi. Kondisi ini juga diperparah oleh perubahan pola tidur yang bisa menyebabkan wajah terlihat lelah dan lesu. (Baca juga: 5 Cara Atasi Masalah Bibir Pecah-Pecah Saat Puasa)

Cara Mencegah Kulit Kering saat Puasa

Meskipun umum terjadi, bukan berarti kamu tidak bisa mencegah kulit kering saat puasa. Berikut ini lima cara mencegah kulit kering saat puasa yang bisa kamu lakukan:

(Baca juga: 4 Masalah Kecantikan yang Muncul Saat Puasa)

1. Perbanyak Minum Air Putih

Kurang minum air putih bisa membuat kulit dehidarasi. Kondisi ini ditandai dengan kulit kusam, kering, bersisik, dan kasar saat disentuh. Oleh sebab itu, kamu perlu memperbanyak minum air putih saat berpuasa, setidaknya 8 gelas sehari. Kebutuhan itu bisa kamu penuhi dengan menerapkan pola 2-4-2, yaitu dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas air putih saat makan malam, dan dua gelas air putih saat sahur. (Baca juga: Aturan Minum Air Putih saat Puasa)

2. Penuhi Kebutuhan Serat dan Vitamin

Selama berpuasa, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan serat dan vitamin dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Ini dilakukan untuk menjaga kelembaban, kekenyalan, kehalusan, serta elastisitas kulit saat puasa. Beberapa buah dan sayur yang bisa kamu konsumsi saat puasa diantaranya adalah tomat, bayam, brokoli, stroberi, apel, pisang, serta buah dan sayuran lain yang kamu sukai.

3. Batasi Konsumsi Kafein

Minuman berkafein (misalnya kopi) bisa memberikan efek dehidrasi sehingga bisa membuat kulit tampak kering dan kusam. Oleh sebab itu, Cleveland Clinic Abu Dhabi menyebutkan bahwa dosis aman kafein saat puasa adalah 200-300 miligram sehari atau setara dengan 1-2 cangkir kopi per hari. Selain minuman berkafein, kamu juga perlu membatasi konsumsi minuman bersoda. Sebab, minuman bersoda bisa menyerap kandungan nutrisi dan mineral sehingga membuat kulit kering dan kusam.

(Baca juga: Benarkah Banyak Minum Kopi Bisa Bikin Kulit Kusam)

4. Gunakan Pelembab dan Tabir Surya

Selama berpuasa, kamu juga dianjurkan untuk menggunakan pelembab dan tabir surya. Pelembab bisa membantu menjaga kelembapan kulit, sedangkan tabi surya bisa melindungi kulit agar tidak kering dan mudah iritasi. Kamu bisa memilih pelembab yang sesuai jenis kulit dan tabir surya dengan SPF (Sun Protector Factor) minimal 30.

5. Tetap Berolahraga

Olahraga sudah terbukti bermanfaat untuk kebugaran dan kesehatan tubuh, termasuk saat berpuasa. Sebab dengan berolahraga, kamu bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan melancarkan sirkulasi oksigen di tubuh, sehingga bisa membuat wajah lebih segar dan cerah. Saat puasa, waktu yang tepat untuk berolahraga adalah 1 jam sebelum berbuka atau setelah tarawih. Beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan diantaranya adalah jalan santai, lari, bersepeda, berenang, pilates, yoga, dan planking.

Jika kamu punya keluhan kesehatan saat puasa, sebaiknya kamu segera bicara dengan dokter. Kabar baiknya, saat ini kamu sudah bisa bicara pada dokter tanpa perlu repot ke luar rumah. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play. Lalu, kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, ayo gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan rekomendasi saran dari dokter tepercaya.