10 February 2019

5 Cara Mengatasi Nyeri Otot Setelah Berolahraga

5 Cara Mengatasi Nyeri Otot Setelah Berolahraga

Halodoc, Jakarta - Setelah berolahraga, nyeri pada otot menjadi hal yang wajar terjadi. Bahkan, rasa nyeri ini terasa hingga tiga hari setelah kamu berolahraga. Kondisi ini dikenal dengan Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS). Nyeri pada otot yang dialami bisa terjadi pada bagian tubuh mana saja, bergantung pada bagian tubuh mana yang kamu pakai untuk bergerak.

Tahukah kamu mengapa otot terasa nyeri setelah kamu beraktivitas berat, seperti berolahraga? Hal ini terjadi karena otot mengalami trauma, terutama pada bagian seratnya. Meski begitu, kondisi ini tidak bersifat permanen, melainkan sebagai bentuk penyesuaian otot terhadap olahraga yang kamu lakukan.

Nyeri pada otot ini sering terjadi ketika kamu mencoba jenis olahraga baru, atau olahraga yang kamu lakukan terbilang asing pada otot tubuh. Nantinya, otot secara alami membangun jaringan baru dengan massa yang lebih kuat dan bentuk yang lebih besar ketika kamu sedang berada pada fase pemulihan.

Mengatasi Nyeri Otot Setelah Berolahraga

Nyeri otot setelah berolahraga dapat diatasi dengan beberapa cara berikut, di antaranya sebagai berikut.

  • Mengompres

Cara satu ini menjadi pilihan utama yang langsung dilakukan kala mengalami nyeri atau bengkak pada bagian tubuh. Selain mengurangi rasa nyeri, mengompres area yang terasa sakit atau nyeri membantu otot untuk mensekresikan cairan yang bisa mengurangi rasa nyeri. Kamu dapat mengompres dan memadukannya dengan gerakan memijat ringan untuk membuat otot lebih relaks.

Baca juga: Bagaimana Gangguan otot Distonia Diobati?

  • Konsumsi Obat

Beberapa orang lebih memilih untuk mengonsumsi obat-obatan pereda rasa sakit untuk mengobati rasa nyeri pada otot yang terasa mengganggu. Cara ini biasanya dipilih agar bisa segera beraktivitas kembali. Jenis obat pereda rasa sakit yang bisa dipilih adalah ibuprofen dan aspirin.

  • Memperhatikan Asupan Cairan

Tubuh yang mengalami dehidrasi menyebabkan pemulihan otot berlangsung lebih lama. Pasalnya, jaringan otot tetap memerlukan air untuk menyembuhkan diri dengan segera. Jadi, jangan sampai kamu kekurangan cairan, karena membuat kamu alami nyeri otot lebih lama.

Baca juga: 5 Cedera yang Butuh Perawatan Fisioterapi

  • Mengoles Balsam

Balsam merupakan obat luar yang paling dicari ketika seseorang ingin mengobati nyeri otot yang dialaminya. Dibarengi dengan gerakan pijatan lembut, otot yang terasa nyeri dapat membaik dalam waktu beberapa hari. Sensasi panas di dalam tubuh dan dingin di bagian luar akan menimbulkan sensasi yang nyaman.

  • Memperbaiki dengan Mengonsumsi Makanan Tertentu

Beberapa jenis makanan bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada otot setelah berolahraga. Jenis makanan ini seperti ikan salmon, minyak zaitun, buah, dan kacang-kacangan. Asam lemak omega-3 dan 9 berperan sebagai antiinflamasi otot, sementara kandungan antioksidan diperlukan untuk membantu memulihkan otot dengan segera.

Baca juga: 7 Penyebab Utama Frozen Shoulder

Itu tadi 5 cara mengobati nyeri otot yang bisa kamu coba lakukan di rumah. Jika kamu tidak sempat membeli obat untuk mengatasi rasa nyeri atau balsam sendiri, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Caranya, download aplikasi Halodoc terlebih dahulu, dan pilih layanan Beli Obat. Masukkan obat atau kebutuhan kamu dan tak lama, obat akan diantar. Mudah bukan?