5 Cara Mengobati Selulitis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
mengobati selulitis, penyakit kulit selulitis, infeksi selulitis,selulitis

Halodoc, Jakarta – Menjaga kebersihan tubuh tentu menjadi hal yang cukup penting untuk menghindari masalah kesehatan pada kulit kamu. Jika selama ini kamu sering mendengar istilah selulit pada tubuh, yaitu kondisi kulit yang bergaris-garis putih dan terlihat seperti kulit jeruk, tapi apakah kamu tahu istilah selulitis?

Baca juga: Inilah Manfaat 8 Ragam Mineral untuk Kesehatan Kulit

Selulitis ialah penyakit kulit yang terjadi akibat adanya infeksi bakteri pada jaringan kulit yang dapat menyebabkan kulit terlihat kemerahan, bengkak, terasa lembek, dan sakit jika ditekan. Siapa pun bisa mengalami penyakit kulit ini termasuk anak-anak dan lansia. Penyebabnya disebabkan oleh bakteri Streptococcus dan Staphylococcus yang menyerang luka pada tubuh.

Namun jangan khawatir, lakukan beberapa hal ini untuk mengobati selulitis jika kamu mengalaminya.

  • Memelihara Kebersihan Kulit

Jika kamu sudah terindikasi mengidap selulitis, sebaiknya kamu semakin giat untuk memelihara kebersihan kulit kamu agar selulitis tidak semakin menyebar. Bakteri yang menyebabkan penyakit selulitis tidak akan bertahan pada kulit yang bersih. Selain itu, jagalah kebersihan supaya kamu terhindar dari selulitis dan batasi diri supaya selulitis tidak tertular pada orang lain. Tidak ada salahnya juga menutup bagian yang terkena penyakit selulitis saat kamu akan bepergian, supaya terhindar dari debu.

  • Gunakan Pakaian yang Tidak Terlalu Sempit dan Panjang

Selain menutup bagian tubuh yang terkena penyakit selulitis, kamu juga bisa gunakan pakaian yang panjang dan tidak terlalu sempit. Dengan pakaian yang panjang tentu kebersihan bagian tubuh kamu yang lain akan terjaga dan pakaian yang longgar akan membuat kamu merasa nyaman. Hindari pakaian yang tidak menyerap keringat agar bagian tubuh yang terkena selulitis terhindar dari bakteri keringat.

  • Istirahat yang Cukup

Biasanya penyakit selulitis akan menyebabkan bengkak dan rasa sakit pada bagian tubuh yang terkena penyakit ini. Tidak ada salahnya juga kamu luangkan waktu untuk istirahat. Seseorang yang memiliki waktu tidur cukup nyatanya bisa meningkatkan imunitas tubuh, sehingga proses penyembuhan penyakit kulit ini pun bisa dilakukan lebih optimal.

  • Gunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa nyatanya sangat berkhasiat untuk menyembuhkan dan membantu melawan bakteri, mencegah infeksi lanjutan, dan menghaluskan kulit. Dengan mengoleskan minyak kelapa pada bagian tubuh yang terkena selulitis secara rutin akan membantu mempercepat proses penyembuhan dan pengeringan bekas luka.

  • Mengonsumsi Bawang Putih

Bawang putih telah lama dikenal sebagai antibiotik alami. Senyawa aktif pada bawang putih nyatanya dapat mengurangi infeksi yang terjadi pada penyakit selulitis. Kamu bisa mengonsumsi bawang putih untuk mengurangi infeksi pada bagian yang terkena selulitis.

Baca juga: 4 Jenis Penyakit Kulit yang Perlu Diwaspadai

Jika dalam beberapa waktu penyakit selulitis kamu semakin parah, sebaiknya kamu menghubungi dokter untuk menyembuhkan masalah penyakit kulit kamu. Kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Dengan fitur Contact Doctor kamu bisa bertanya pada dokter melalui Voice/Video Call atau Chat untuk mendapatkan jawaban secara langsung. Yuk, langsung download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!