Awas, 5 Hal Ini Sering Sebabkan Selangkangan Terasa Gatal

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
awas 5 hal ini sering sebabkan selangkangan terasa gatal

Halodoc, Jakarta – Rasa gatal merupakan kondisi yang wajar dan bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, termasuk di selangkangan. Hanya saja, gatal di selangkangan lebih mengganggu dibanding gatal di bagian tubuh yang lain. Pasalnya, kamu enggak mungkin kan menggaruknya bila sedang berada di tempat umum, karena hal tersebut dipandang tidak sopan. Padahal, rasa gatal di selangkangan ini kadang bisa sampai tidak tertahankan dan membuat kamu tidak nyaman. Biar kamu bisa mengatasi kondisi tersebut dan mencegahnya kambuh kembali, cari tahu dulu apa yang menjadi penyebab selangkangan gatal di sini.

Rasa gatal pada selangkangan bisa menyebabkan kulit di area tersebut memerah dan tampak mengelupas. Bila rasa gatal timbul di bagian pinggir selangkangan, maka kamu bisa melihat kulit yang menjadi lecet.

1. Infeksi Jamur

Kebanyakan kasus selangkangan gatal disebabkan oleh infeksi jamur di bagian terluar dari kulit. Infeksi jamur yang dikenal sebagai tinea cruris ini sebenarnya juga bisa ditemukan di bagian terluar dari rambut atau kuku. Namun dalam kebanyakan kasus, keberadaan jamur tersebut tidak berbahaya. Tinea cruris bisa berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan infeksi bila berada di tempat yang hangat dan lembap.

Nah, selangkangan merupakan lokasi paling nyaman bagi jamur tinea cruris untuk berkembang biak karena kondisinya lembap dan hangat. Selain selangkangan, infeksi jamur ini juga bisa terjadi di paha bagian dalam dan bokong. Kadang-kadang, infeksi jamur pada selangkangan juga bisa menyebabkan rasa nyeri.

Orang-orang yang berisiko tinggi mengalami tinea cruris adalah mereka yang sering mengeluarkan keringat berlebih, seperti para atlet, orang yang memiliki berat badan berlebih, dan pengidap diabetes.

Baca juga: Ketahui Pengobatan Pertama Bagi Pengidap Tinea Cruris

2. Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak adalah peradangan kulit yang ditandai dengan ruam gatal kemerahan. Kondisi ini bisa terjadi di bagian tubuh manapun, termasuk di pangkal paha. Dermatitis kontak dibagi menjadi dua jenis, yaitu alergi dan iritasi. Dermatitis kontak alergi terjadi sebagai reaksi alergi setelah seseorang melakukan kontak dengan zat tertentu. Misalnya, sabun, shampoo, ataupun deterjen. Jenis dermatitis ini paling sering dialami oleh orang-orang yang kulitnya sensitif atau memiliki alergi kulit.

Sedangkan dermatitis kontak iritasi, adalah kondisi kulit yang mengalami iritasi setelah melakukan kontak langsung dengan zat tertentu, walaupun tidak memiliki alergi terhadap zat tersebut. Biasanya, dermatitis kontak alergi terjadi dan menimbulkan gatal pada selangkangan bila kamu mengenakan pakaian dalam yang terlalu ketat.

Baca juga: Celana Dalam Ketat Bikin Sesulit, Benarkah?

3. Kutu Kemaluan

Penyebab selangkangan gatal yang juga cukup sering terjadi adalah akibat kutu kemaluan. Kutu kemaluan atau Phthirus pubis adalah serangga kecil yang hidup di rambut kasar manusia, salah satunya rambut kemaluan. Bila kamu terkena kutu ini, maka kamu akan merasakan gatal yang cukup parah di selangkangan. Rasa gatal ini biasanya semakin parah di malam hari ketika kutu sedang aktif-aktifnya menghisap darah manusia. Kutu kemaluan bisa menyebabkan luka pada daerah intim disertai dengan bintik kecil berwarna abu-abu yang dikenal sebagai macula cerulae.

Baca juga: Jangan Malu, Ini Manfaat Mencukur Rambut Kemaluan

4. Kebersihan Alat Kelamin yang Tidak Dijaga

Selangkangan adalah salah satu area tubuh yang selalu dalam keadaan tertutup. Selangkangan biasanya ditutupi oleh lebih dari satu lapis pakaian, sehingga membuat kondisi area di sana menjadi lebih hangat dibandingkan bagian tubuh lainnya. Bila kamu tidak rajin merawat kebersihan area intim, maka area tersebut mudah berkeringat dan akan menjadi lembap. Belum lagi ditambah dengan adanya rambut kemaluan yang membuat keringat, sel kulit mati, dan kuman yang mungkin bisa berkembang dengan cepat. Hal inilah yang menyebabkan kamu mengalami gatal di selangkangan.

5. Herpes Genital

Pada beberapa kasus, gatal di selangkangan bisa menjadi gejala awal dari penyakit kelamin menular. Salah satunya herpes genital. Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes dan bisa membuat area kelamin menjadi memerah, bengkak, terasa panas, dan nyeri. Tidak jarang juga herpes genital bisa menimbulkan lenting yang berisi cairan. Namun, bisa juga muncul sensasi tingling beberapa jam atau hari sebelum lesi muncul. Bila lenting pecah, maka dapat menimbulkan luka yang menyakitkan. Jadi, bila kamu mengalami gejala-gejala tersebut, segera kunjungi dokter kelamin untuk segera mendapatkan penanganan.

Itulah 5 penyebab selangkangan gatal yang perlu kamu tahu. Bila kamu memiliki keluhan kesehatan di daerah intim, gunakan saja aplikasi Halodoc. Enggak usah malu, kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.