5 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Pantai

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Pantai

Halodoc, Jakarta – Ada banyak keindahan alam yang bisa dinikmati di pantai. Mulai dari ombak, pasir, batu-batuan, tanaman, hingga binatang yang hanya bisa ditemukan di pantai. Tapi, tahu enggak sih kalau pantai dianggap sebagai tempat terbaik untuk olahraga? Ini disebutkan dalam sebuah studi yang dilakukan di Italia. Kok bisa?

Studi tersebut menyebutkan bahwa ada beberapa alasan yang menjadikan pantai sebagai tempat terbaik untuk olahraga. Pertama, saat kamu olahraga di pantai, kaki akan selip dan tenggelam. Kondisi tersebut akan “memaksa” otot-otot tungkai bawah untuk bekerja lebih keras. Kedua, jika dilakukan dengan teknik yang benar, risiko cedera sendi saat berlari di atas pasir cenderung lebih rendah dibandingkan saat berlari di atas permukaan yang keras. Terakhir, udara di pantai yang relatif lebih bersih bisa membuat kamu nyaman untuk berolahraga. Lantas, apa saja jenis olahraga yang bisa dilakukan di pantai? (Baca juga: Dosis Olahraga yang Dianjurkan agar Tetap Sehat)

1. Joging

Keindahan pantai sayang sekali untuk dilewatkan. Karena itu, kamu bisa menikmati keindahan pantai sambil joging bersama teman atau pasangan. Lakukan saja secara perlahan, sambil ngobrol dan menghirup udara sejuk khas pantai. Dengan ini, kamu enggak hanya membuat tubuh lebih bugar, melainkan juga pikiran lebih segar.

2. Berenang

Pantai identik dengan air yang terhampar luas. Jadi, daripada kamu hanya melihat keindahan pantai dari kejauhan, kamu bisa memanfaatkannya untuk berenang. Karena selain baik untuk kesehatan, berenang juga bisa mengurangi stres. Ini karena, saat kamu berenang tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang berperan untuk mengurangi rasa sakit dan memicu perasaan bahagia. Jika kamu punya rencana untuk berenang di pantai, jangan lupa untuk menyediakan pakaian khusus untuk berenang, ya.

3. Voli Pantai

Voli pantai termasuk jenis olahraga populer yang sudah dipertandingkan di tingkat nasional maupun internasional. Namun tenang saja, siapapun boleh kok bermain voli pantai, asalkan kamu melakukannya bersama teman. Karena untuk bermain voli pantai, dibutuhkan setidaknya dua tim yang masing-masing terdiri dari 2 orang serta peralatan khusus, seperti bola voli dan net.

4. Sepak Bola

Selain voli, kamu juga bisa bermain sepak bola di pantai. Kamu bisa melakukannya bersama teman-teman, dengan atau tanpa gawang khusus. Karena, jika kamu enggak punya gawang, kamu bisa mengakalinya dengan memberikan garis batas yang dijadikan sebagai gawang. Jangan lupa untuk menyediakan bola khusus untuk bermain sepak bola, ya.

5. Yoga

Selain menyehatkan, yoga juga bisa bikin kamu rileks. Yoga adalah jenis olah tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, pernapasan, dan fleksibilitas untuk meningkatkan kualitas fisik dan mental. Itu mengapa yoga perlu dilakukan di tempat yang menenangkan, salah satunya adalah pantai yang khas dengan suara ombak, air, dan anginnya. Jika kamu ingin melakukan yoga, kamu bisa mengikuti kelas yoga di pantai atau melihat panduannya di internet. (Baca juga: 5 Gerakan Yoga Tingkatkan Mood Seharian)

Meskipun tujuannya untuk bersenang-senang, kamu tetap perlu melakukan pemanasan sebelum olahraga. Ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan cedera yang bisa mengganggu liburan kamu di pantai. Untuk berjaga-jaga, kamu bisa bertanya ke dokter Halodoc tentang pertolongan pertama saat cedera. Jadi, kamu enggak perlu panik kalau tiba-tiba cedera saat berolahraga di pantai. Kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter kapan saja dan di mana saja melalui Chat, Voice Call, atau Video Call. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play. (Baca juga: Harus Tahu, Pentingnya Pemanasan dan Pendingan Dalam Olahraga)