12 July 2018

5 Jenis Olahraga yang Bisa Mengecilkan Paha

mengecilkan paha,olahraga mengecilkan paha

Halodoc, Jakarta – Salah satu indikator langsing bagi para wanita adalah memiliki perut dan paha yang kecil. Meski secara keseluruhan tubuhnya sudah langsing, tak jarang wanita masih saja kurang percaya diri dan merasa bagian tubuh tertentu, terutama paha masih cukup besar. Kamu salah satunya?

Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal memang terkadang membutuhkan usaha ekstra. Apalagi, ada sebagian wanita yang mengalami kesulitan untuk mengecilkan bagian tubuhnya. Paling banyak, wanita mengaku cukup kesulitan untuk mengecilkan bagian paha. Nah, ternyata ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk mengecilkan paha, lho! Apa saja?

1. Joging

 

 

Salah satu rahasia untuk mendapatkan paha yang ramping adalah dengan melakukan latihan fisik yang menjadikan bagian bawah, yaitu kaki, menjadi tumpuan. Salah satunya adalah dengan melakukan joging. Jenis olahraga yang satu ini sudah dikenal ampuh untuk menurunkan berat badan. Tentu saja, bagian paha dan betis pun akan menjadi lebih kecil karena pada latihan ini, bagian kaki menjadi fokus utama dan bagian tubuh yang paling banyak bergerak.

Baca juga: 5 Menit Olahraga Sebelum Tidur untuk Paha Ideal

2. Bersepeda

 

 

Saat bersepeda, kaki termasuk paha dan betis akan lebih aktif bergerak untuk mengayuh. Nah, hal itulah yang menjadi alasan kenapa bersepeda cocok untuk dijadikan jenis olahraga peramping paha. Tak hanya itu, rutin bersepeda juga telah terbukti dapat memberi manfaat baik bagi kesehatan kardiovaskular dan efektif menurunkan risiko depresi pada seseorang.

Baca juga: Cara Menurunkan Depresi dengan Bersepeda

3. Traditional Squat

 

 

Gerakan ini bisa kamu lakukan dengan berdiri tegak, lalu buka kedua kaki hingga sejajar dengan bahu. Kemudian, rentangkan kedua tangan ke depan dada. Setelah posisi dirasa nyaman, kencangkanlah otot perut kemudian tarik napas.

Setelah itu, tekuklah keduan tungkai dan dorong bagian bokong ke belakang, seperti posisi saat ingin duduk. Kemudian turunkan badan hingga setengah jongkok atau sejajar dengan lutut. Tahan posisi tersebut dan pastikan bagian punggung dan bahu tetap lurus.

Buang napas sambil tetap mempertahankan posisi ini. Setelah beberapa saat, kembalilah ke posisi semula. Ulangi gerakan tersebut sebanyak beberapa kali sampai bagian paha dan kaki terasa kencang.

4. Lunges

 

 

Jenis olahraga ini merupakan latihan pembentuk otot paha yang paling sederhana, tapi cukup efektif. Bahkan, rutin melakukan lunges bisa membantu memperkuat otot paha dan bokong. Untuk melakukannya, berdirilah dengan posisi kaki terbuka selebar bahu.

Kemudian, langkahkan atau letakkan salah satu kaki agak jauh ke arah depan. Lalu, secara perlahan turunkan tubuh hingga setinggi lutut atau membentuk sudut 90 derajat. Pertahankan posisi tersebut selama beberapa detik, lalu kembali ke posisi semula, yaitu berdiri tegak.

Ulangi gerakan tersebut pada kaki yang satunya. Lakukan gerakan ini beberapa kali selama 5 sampai 10 menit atau sesuai dengan kemampuan tubuh.

Baca juga: Dosis Olahraga yang Dianjurkan agar Tetap Sehat

5. Two-Thirds Jump Squat

 

 

Lebarkan kaki hingga sejajar dengan bahu dan tubuh tetap tegak. Kemudian, letakkan kedua lengan di samping tubuh. Setelah itu, mulai turunkan tubuh seperti posisi saat akan melakukan squat. Setelah tubuh berada dalam posisi hampir jongkok, lompatkan dan angkat kedua lengan ke atas.

Saat mendarat, pastikan posisi tubuh kembali seperti semula. Ulangi gerakan ini setidaknya 20 kali dalam satu set. Lakukan sebanyak 3 set setiap hari untuk mendapatkan paha impian.

Selama menjalankan olahraga, pastikan untuk tidak memaksakan diri agar tidak mudah sakit. Jangan lupa mengonsumsi suplemen atau vitamin tambahan agar daya tahan tubuh meningkat. Lebih mudah beli vitamin atau produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar Halodoc, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!