5 Kebiasaan yang Bisa Sebabkan Insomnia

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
5 Kebiasaan yang Bisa Sebabkan Insomnia

Halodoc, Jakarta - Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk tidur. Akibat kondisi ini maka seseorang tidak memiliki waktu tidur yang cukup sesuai dengan waktu yang dibutuhkan tubuh. Pengidapnya juga tidak memiliki kondisi fisik yang cukup prima untuk melakukan aktivitas pada hari berikutnya. Penyebab insomnia beragam, mulai dari kondisi penyakit yang menyertainya atau kebiasaan-kebiasaan buruk yang kerap kamu lakukan.

Tidak hanya disebut sebagai gangguan tidur, seseorang bisa disebut mengalami insomnia jika ia mengalami kesulitan atau susah memulai tidur, sulit mempertahankan tidur, atau keduanya. Nah, beberapa hal tidak terduga yang ternyata menjadi penyebab insomnia antara lain:

Menggunakan Gadget Sebelum Tidur

Akibat tuntutan pekerjaan, mungkin kamu tetap harus berurusan dengan laptop bahkan saat kamu hendak tidur. Namun, tahukah kamu bahwa semua alat elektronik itu berdampak buruk bagi kualitas tidurmu. Tidak hanya akibat laptop, kebanyakan kamu kerap memeriksa media sosial melalui gadget, sehingga kamu cahaya dari gadget tersebut akan membuat kamu semakin susah untuk bisa langsung tidur. Beberapa kegiatan-kegiatan interaktif lain seperti chatting atau main game bisa membuat otak tidak bisa diam dan menyebabkan insomnia.

Baca Juga: Bahaya Kecanduan Gadget Pada Anak Milenial

Terlalu Lama Tidur Siang

Tidur di siang hari meskipun singkat bisa menjadi penyebab insomnia. Sebagian orang memang bisa terbantu untuk merasakan tidur yang berkualitas di malam harinya. Namun sayangnya tidur siang juga membuat sebagian orang lainnya kesulitan untuk tidur di malam hari. Oleh karena itu, jam tidur siang yang dianjurkan hanya selama 20 hingga 30 menit saja. Jika lebih dari itu, maka bisa memicu insomnia atau membuat kepalamu pusing.

Makan Menjelang Tidur

Apabila kamu tidak terlalu lapar, ada baiknya untuk tidak konsumsi makanan apapun sebelum tidur. Kondisi ini dapat menimbulkan gangguan tidur. Kalau merasa kelaparan namun tetap ingin merasakan tidur yang  nyenyak juga, lebih baik konsumsi saja makanan ringan. Selain itu, penting untuk menghindari makanan pedas sebelum tidur karena bisa menjadi penyebab insomnia akibat efeknya yang membuat sakit perut.

Baca Juga: 4 Buah yang Bisa Dikonsumsi Sebelum Tidur

Konsumsi Alkohol dan Kafein

Alkohol dapat menjadi obat penenang dan menimbulkan rasa kantuk. Namun sebetulnya alkohol hanya membuat kamu tertidur lebih awal saja. Setelah minum alkohol kamu bisa terbangun lagi di malam hari dan kemudian sulit untuk tidur lagi. Sementara itu, kafein juga bisa menjadi penyebab insomnia jika dikonsumsi secara berlebihan. Sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh National Sleep Foundation tahun 2005 menemukan seseorang yang mengonsumsi empat cangkir atau lebih  minuman berkafein dalam sehari rentan mengalami gejala insomnia daripada mereka yang tidak meminum atau minum satu cangkir saja per hari.

Memerhatikan Jam

Hal paling sepele yang bisa menjadi penyebab insomnia adalah kebiasaan memerhatikan jam. Saat melihat jam, maka kamu memikirkan tentang berapa jam lagi yang tersisa untuk bangun keesokan paginya. Hal ini memicu produksi kortisol dan adrenalin sehingga kamu akan terjaga dan semakin sulit tidur.

Baca Juga: Benarkah Cannabidiol (CBD) Dapat Membuat Tidur Nyenyak?

Itulah kebiasaan sepele yang bisa menjadi penyebab insomnia. Jika kamu mengalami insomnia atau gangguan tidur lain yang cukup mengganggu aktivitas, kamu harus segera memeriksakan diri ke dokter. Dengan melakukan penanganan yang tepat di rumah sakit, maka hal ini bisa meminimalisir risiko. Kini kamu juga bisa pilih dokter di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc. Praktis, bukan? Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!