• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan Sehat untuk Mencegah Kanker Darah

5 Makanan Sehat untuk Mencegah Kanker Darah

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang optimal. Salah satunya dengan memiliki pola makan yang sehat. Dengan pola makan sehat dan gaya hidup sehat yang dijalani seseorang tentu banyak gangguan kesehatan yang bisa kamu hindari, salah satunya adalah penyakit kanker.

Baca juga: Ini 6 Fakta Tentang Kanker Darah

Penyakit kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup mematikan dan memiliki banyak jenis. Salah satunya adalah kanker darah. Kanker darah, yang dikenal juga sebagai kanker hematologi adalah kanker yang memengaruhi produksi dan juga fungsi sel darah. 

Umumnya, kanker darah berawal dari gangguan kesehatan yang dialami pada bagian sumsum tulang. Kondisi ini disebabkan karena darah diproduksi pada bagian sumsum tulang. Kanker darah merupakan penyakit yang dapat dialami oleh siapa saja, namun kamu dapat melakukan pencegahan dengan menghindari faktor yang menjadi penyebab kanker darah.

Makanan untuk Mencegah Kanker Darah

Menjaga gaya hidup dan pola makan sehat mampu menurunkan risiko kamu mengalami penyakit kanker darah. Ketahui jenis makanan yang membantu untuk terhindar dari penyakit kanker darah, seperti:

1. Alpukat

Tidak hanya untuk ibu hamil, buah alpukat sangat baik untuk dikonsumsi oleh siapa saja karena banyak manfaat yang akan dirasakan. Salah satunya kamu dapat terhindar dari penyakit kanker darah. Kandungan lipid pada alpukat dapat melawan sel induk tanpa merusak sel yang sehat.

2. Daging Ayam

Pengidap kanker darah memerlukan kandungan protein yang cukup banyak. Salah satu makanan yang memenuhi kebutuhan protein di dalam tubuh adalah daging ayam. Sebaiknya olah daging ayam dengan proses pengolahan yang sehat.

3. Wortel

Wortel menjadi sayuran yang mampu mencegah penyakit kanker darah. Tidak hanya kanker darah, sayuran wortel juga membantu untuk menurunkan risiko penyakit kanker prostat maupun gangguan pada bagian pencernaan.

Baca juga: Mimisan Bisa Jadi Tanda Kanker Darah?

4. Jeruk

Buah jeruk terkenal dengan kandungan antioksidan dan vitamin C yang begitu tinggi. Vitamin C dan antioksidan memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan tubuh dan mampu melawan risiko kanker darah. 

5. Telur

Tidak hanya dari daging ayam, pengidap kanker darah dapat mendapatkan asupan protein yang cukup dari makanan seperti telur. Protein tinggi yang terkandung di dalam telur mampu mencegah penyakit kanker darah. 

Jangan ragu untuk cari tahu mengenai penyakit kanker darah pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa bertanya kepada dokter ahli untuk mendapatkan informasi yang akurat. Penyakit yang terdeteksi lebih dini tentu memudahkan pengobatan yang akan dilakukan.

Faktor Risiko yang Sebabkan Kanker Darah

Penyakit kanker darah umumnya disebabkan karena pertumbuhan yang tidak terkendali dari sel-sel darah. Sel darah yang normal akan mengikuti jalur pertumbuhan dengan teratur, mengalami pembelahan dan kematian.

Namun, kondisi ini tidak akan terjadi pada sel kanker darah. Sel penyebab kanker tidak dapat mati dengan otomatis. Sel kanker darah mampu menyebar ke seluruh tubuh dan menghambat fungsi serta peran dari sel darah yang normal.

Baca juga: 6 Hal Ini Bisa Terjadi pada Pengidap Kanker Darah

Ada beberapa risiko yang menyebabkan pertumbuhan sel abnormal atau sel kanker darah di dalam tubuh, seperti paparan bahan kimia dalam waktu yang cukup panjang, paparan radiasi serta adanya virus infeksi tertentu. Tidak hanya itu, faktor genetik atau riwayat keluarga juga meningkatkan risiko seseorang mengalami kanker darah.

Selain itu, memiliki penyakit yang menyerang sistem imun tubuh juga dapat meningkatkan seseorang berisiko mengalami penyakit kanker darah. Sebaiknya waspada dengan kondisi kelebihan berat badan atau obesitas karena dapat meningkatkan risiko kanker darah.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. 13 Foods That Could Lower Your Risk of Cancer
American Society of Hematology. Diakses pada 2019. Blood Cancers