24 November 2018

5 Makanan Terbaik untuk Meredakan Pilek

5 makanan terbaik untuk meredakan pilek

Halodoc, Jakarta – Saat sedang terserang pilek, kebanyakan orang biasanya akan kehilangan napsu makan. Hal ini karena hidung yang tersumbat membuat kemampuan penciuman kamu berkurang, sehingga tidak bisa mencium aroma makanan yang lezat yang berperan dalam menggugah selera makanmu. Padahal, dengan mengonsumsi makanan yang tepat dapat membantu meredakan gejala pilek lebih cepat lho. Yuk, cari tahu makanan apa saja yang tepat untuk pengidap pilek.

Walaupun kamu tidak nafsu makan saat sedang pilek, tapi usahakanlah untuk tetap memenuhi asupan nutrisi dan cairan yang diperlukan tubuh. Nutrisi yang lengkap dan seimbang, termasuk vitamin dan mineral sangat diperlukan agar tubuh memiliki energi yang cukup untuk menghasilkan sel imunitas dalam jumlah besar demi melawan virus yang masuk ke tubuh. Nah, berikut beberapa jenis makanan yang bisa memberikan tubuhmu energi ekstra, sehingga gejala-gejala pilek bisa cepat reda:

  • Sup Ayam

Sup ayam sudah dikenal dari dulu sebagai makanan yang mampu meredakan gejala pilek. Hal ini karena kuah sop yang panas dapat memberi efek yang menghangatkan, sama seperti air putih hangat dan teh panas. Selain itu, kaldu ayam yang terkandung dalam sop memiliki khasiat anti-inflamasi yang bisa membantu meredakan peradangan dan pembengkakan, sehingga rasa mampet pada hidung, dada, dan sakit tenggorokan dapat berkurang. Tambahan sayur-sayuran yang biasanya ada pada sop ayam juga kaya akan antioksidan dan fitokimia yang bisa membantu mempercepat pemulihan pilek lho.

  • Bawang Putih

Bawang putih adalah bahan makanan yang dikenal punya khasiat yang besar untuk kesehatan. Berkat kandungan antioksidannya yang tinggi, bawang putih bisa mencegah pilek serta mempercepat proses penyembuhan pada orang yang terserang pilek. Bawang putih yang pedas juga mampu menghancurkan mikroba dan melancarkan hidung tersumbat.

Sebenarnya memakan bawang putih mentah lebih baik, tapi bila kamu tidak kuat atau tidak suka, jangan memaksakan. Kamu bisa mengonsumsi bawang putih dalam bentuk suplemen untuk meredakan pilek.

  • Susu, Telur dan Daging Rendah Lemak

Ketiga jenis makanan tersebut merupakan sumber protein yang bermanfaat untuk membangun dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi makanan kaya akan protein, tubuhmu dapat lebih berenergi dan memiliki sistem imun yang kuat untuk melawan virus pilek. Selain ketiga makanan tersebut, asupan protein juga bisa didapatkan dari kacang-kacangan dan ikan.

  • Makanan Pedas

Kamu mungkin juga sudah tahu bahwa mengonsumsi makanan yang pedas bisa melancarkan hidung yang tersumbat karena pilek. Karena itu, kamu bisa menambahkan cabe rawit pada sup atau makanan lainnya. Menyantap makanan pedas juga bisa meningkatkan selera makan kamu dibanding makanan hambar. Hal ini karena pilek juga mengurangi indra pengecapan kamu, sehingga menyantap makanan dengan rasa yang kuat dapat membuat kamu makan dengan lahap.

  • Teh Hijau

Bukan tanpa alasan masyarakat di Tiongkok menggunakan teh hijau sebagai penangkal sakit selama ratusan tahun. Nyatanya, teh hijau mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan minum teh hijau yang hangat, kamu dapat memiliki sistem imun yang lebih baik, sehingga sel tubuh dapat melawan virus penyebab pilek. Namun jangan lupa, teh hijau juga mengandung kafein. Jadi, batasi pengonsumsiannya dalam sehari.

Nah, itulah beberapa makanan dan minuman yang cocok dikonsumsi saat sedang pilek. Kamu juga bisa membeli obat pilek dengan menggunakan aplikasi Halodoc, lho. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: