28 February 2018

5 Tips Aman Eksfoliasi Kulit Wajah

5 Tips Aman Eksfoliasi Kulit Wajah

Halodoc, Jakarta – Salah satu cara untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik, cerah dan mulus adalah dengan melakukan eksfoliasi, yaitu perawatan mengangkat sel kulit mati dengan menggunakan scrub atau masker. Karena bisa memberikan beragam manfaat, kamu bisa memasukkan eksfoliasi ke dalam treatment wajah yang kamu lakukan secara rutin. Tapi, kamu tetap perlu memerhatikan beberapa cara eksfoliasi kulit berikut agar tidak muncul dampak yang enggak kamu inginkan.

Eksfoliasi wajah tidak bisa dilakukan kepada semua orang, apalagi orang-orang yang memiliki kulit sensitif. Jika eksfoliasi kulit dilakukan pada kulit sensitif, maka bisa timbul masalah kulit seperti ruam, merah-merah dan iritasi. Tapi pada kulit yang mudah berjerawat dan berpori-pori besar, eksfoliasi merupakan perawatan yang bisa memberikan manfaat luar biasa dan menjadikan kulit sehat dan cantik. Menurut seorang dermatologi di Manhattan, Rachel Navizal, M.D., selain mengangkat sel kulit mati, pengelupasan kulit juga baik untuk mengeluarkan kotoran di dalam pori-pori dan membuatnya tampak lebih kecil. Tapi sebelum kamu melakukan eksfoliasi kulit, sebaiknya kamu perhatikan dulu tips aman berikut ini:

  1. Perhatikan Jenis Kulit

Sebelum mengeksfoliasi kulit wajah, ada baiknya jika kamu mengecek kulit wajah untuk mengetahui jenisnya. Selain tidak dianjurkan untuk kulit sensitif, jenis kulit kering sebenarnya juga tidak memerlukan eksfoliasi. Tapi jika kamu tetap ingin melakukannya, pilihlah produk krim atau scrub wajah yang halus dan mengandung vitamin B5 untuk mencegah timbulnya benjolan kecil di wajah.  

  1. Jangan Terlalu Sering

Walaupun memberikan banyak manfaat, kamu tidak dianjurkan untuk melakukan pengelupasan kulit setiap hari. Menurut seorang ahli dermatologi asal Wake Forest University, Laura F. Sandoval, DO, mengeksfoliasi kulit dengan scrub cukup dilakukan sekali (untuk kulit kering) atau dua kali (untuk kulit berminyak) dalam satu minggu. Karena bahan dasar scrub yang kasar bisa membuat kulit wajah menjadi lebih tipis, jadi jika dilakukan terlalu sering, kulit bisa iritasi.

  1. Sebaiknya Malam Hari

Sebenarnya, menurut Dendy Engelman, MD, dokter bedah spesialis, eksfoliasi kulit bisa dilakukan kapan saja. Tapi, jika kamu menggunakan produk berbahan exfoliants, kulit akan menjadi lebih sensitif saat terkena matahari. Jadi, agar kamu bisa merasakan manfaatnya yang maksimal, gunakan eksfoliator pada malam hari, saat kulit beristirahat dan tidak terkena paparan sinar matahari. Jika kamu ingin menggunakannya pada siang hari, pastikan gunakan pelindung wajah sebelum keluar rumah, seperti masker, topi, dan kaca mata hitam.

  1. Gunakan Pelembap

Setelah selesai mengeksfoliasi kulit, kamu disarankan untuk mengaplikasikan pelembap yang berguna untuk menjaga kelembapan dan kelembutan kulit. Pilih pelembab sesuai dengan jenis kulit untuk melembabkan secara menyeluruh, ya.

  1. Gunakan Produk Antioksidan

Agar kulit wajah terlihat mulus sempurna, lengkapi perawatan eksfoliasi dengan menggunakan produk kecantikan yang mengandung antioksidan, yang bermanfaat untuk mencegah kerutan dan juga flek-flek hitam pada wajah.

  1. Hindari Iritasi

Kamu juga perlu berhati-hati dalam memilih produk eksfoliasi. Produk dengan kandungan yang terlalu kasar bisa menyebabkan kulit iritasi dan malah memicu timbulnya masalah kulit. Untuk menghindarinya, pilihlah produk yang mengandung gentle exfoliant berupa microbeads sintetis, seperti lactic acid.

Karena penggunaan makeup setiap hari, kotoran dan debu yang mungkin menempel pada kulit wajahmu, maka eksfoliasi menjadi perawatan penting yang sebaiknya kamu lakukan secara rutin. (Baca juga: Seharian Kena Debu & Polusi, Boleh Langsung Cuci Muka?). Kalau kamu punya masalah kulit atau masalah kesehatan lainnya, bicarakan saja langsung dengan dokter ahlinya lewat aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa meminta saran kesehatan dan rekomendasi obat kepada dokter kapan saja dan di mana saja. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.