10 October 2018

5 Tips Mencegah Penularan Penyakit Seksual

5 Tips Mencegah Penularan Penyakit Seksual

Halodoc, Jakarta - Penyakit seksual adalah salah satu penyakit yang sangat dihindari banyak orang. Ini terjadi lantaran di masyarakat sudah terlanjur ada anggapan negatif bagi mereka yang terserang penyakit seksual. Mereka yang mengalami penyakit ini biasanya dicap negatif karena penyakit ini menandakan bahwa orang tersebut tidak mengindahkan aspek kesehatan saat melakukan hubungan intim dan hanya mengedepankan pemenuhan hasrat saja. Mereka yang menderita penyakit seksual menular ini kemudian menjadi malu untuk mendiskusikannya, bahkan kepada dokter sekalipun. Padahal dengan melakukan beberapa tindakan yang tepat, penyakit ini dapat dicegah sehingga meminimalisir meningkatnya korban.

Menurut data penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat pun menunjukkan bahwa terdapat hampir 20 juta orang tertular penyakit seksual menular setiap tahunnya. Jumlah tersebut nyatanya diluar dugaan, apalagi rentan usia yang mengidap penyakit tersebut berada pada usia 15 hingga 24 tahun. Penyakit seksual tersebut antara lain HPV, klamidia, dan gonore.

Nah, agar terhindar dari penularan penyakit seksual ini terdapat beberapa hal yang wajib kamu ketahui. Cara mencegah penyakit seksual menular yang dapat kamu lakukan antara lain:

1. Menjaga Kebersihan Sebelum dan Setelah Berhubungan Intim

Cara untuk mencegah penularan penyakit seksual adalah dengan selalu membersihkan organ kelamin sebelum dan sesudah melakukan hubungan intim. Dengan menjaga kebersihan pada area intim tersebut maka pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri, kuman, dan virus akan dapat dicegah sehingga kamu dan pasangan akan senantiasa sehat.

2. Setia pada Pasangan

Resiko penularan penyakit seksual pun dapat menjadi lebih kecil apabila kamu setia dengan pasangan atau melakukan hubungan intim dengan lebih sedikit orang. Risiko terkecil tentu adalah setia pada satu-satunya pasangan di rumah. Namun pastikan juga bahwa pasangan kamu di rumah tersebut terbebas dari infeksi penyakit kelamin.

3. Menggunakan Kondom

Penyebaran penyakit seksual menular juga dapat dihentikan jika kamu selalu menggunakan kondom saat berhubungan intim. Sebab beberapa kondom memiliki kandungan yang bisa membunuh mikroorganisme penyebab penyakit. Pastikan juga kamu memakai kondom dengan benar sehingga resiko penularan penyakit menjadi lebih kecil.

4. Jauhi Alkohol dan Narkoba

Menjauhi alkohol dan narkoba adalah salah satu bentuk pencegahan yang tepat, sebab saat kamu menggunakan alkohol dan narkoba maka kesadaran akan hilang dan kamu dapat melakukan hubungan intim dengan cara yang kurang aman. Artinya, saat dalam kondisi mabuk atau tidak sadarkan diri, kamu akan lebih mungkin melakukan hubungan intim yang beresiko menularkan penyakit seksual.

5. Vaksinasi

Vaksinasi adalah salah satu cara yang tepat untuk mencegah tertular penyakit kelamin. Salah satu jenis vaksinasi yang biasa digunakan adalah vaksinasi HPV untuk mengurangi risiko terkena HPV. Berdasarkan penelitian di Amerika Serikat pun menunjukkan bahwa terjadi penurunan angka pengidap HPV sehingga hal ini patut dilakukan.

Apabila suatu hari kamu atau pasangan memiliki keluhan tentang penyakit seksual yang dikhawatirkan menular atau masalah kesehatan lainnya, kamu bisa lho meminta saran atau bertanya langsung kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat atau Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: