Turun Berat Badan Tanpa Merasa Diet, Lakukan Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Turun Berat Badan Tanpa Merasa Diet, Lakukan Hal Ini

Halodoc, Jakarta - Mendapatkan berat badan ideal tanpa harus susah payah diet, siapa sih yang tidak mau? Biasanya, diet identik dengan membatasi asupan makanan tertentu atau bahkan tidak menyentuh makanan tersebut selama periode tertentu. Kamu juga harus berolahraga rutin demi mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Kalau tidak sabar dan tidak konsisten, mana bisa sukses kan dietnya?

Memang, jenis diet itu ada beragam. Ada diet golongan darah, diet keto, diet vegan, dan jenis lainnya yang tujuannya sama, yaitu menurunkan berat badan sehingga tubuh tampak ideal. Namun, semuanya harus diimbangi dengan olahraga rutin, istirahat cukup, dan mengurangi segala kebiasaan buruk. 

Turun Berat Badan Tanpa Merasa Diet, Bagaimana Bisa?

Namun, kamu harus ingat bahwa diet yang dilakukan sesuai dengan kondisi kesehatan. Jangan sembarangan memilih program diet, karena bisa-bisa kamu bisa mengalami sakit karena diet yang asal atau tidak sesuai. Supaya lebih aman, kamu sebaiknya tanya langsung saja pada ahli gizi. Tidak perlu mengantre, kamu bisa berbicara dengan dokter yang ada di aplikasi Halodoc. 

Baca juga: Tips Turunkan Berat Badan dalam 30 Hari

Nah, ternyata, ada cara mudah buat kamu yang ingin dapatkan berat badan ideal tanpa harus merasa kalau kamu sedang diet? Menarik, ya? Bagaimana caranya? Berikut tips mudahnya:

  • Batasi Asupan Alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol? Sesekali tidak masalah, tetapi lebih baik lagi kalau kamu tidak mengonsumsinya sama sekali. Kamu harus tahu, tidak ada batasan minimal aman untuk konsumsi alkohol, dan minuman satu ini tidak memiliki efek baik bagi tubuh. Sebaliknya, terlalu banyak konsumsi alkohol membuat kondisi kesehatan terancam. 

  • Mulai Jalan Kaki

Jalan kaki memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Mulai dari membantu menurunkan berat badan hingga meningkatkan aliran darah dan membantu memperbaiki suasana hati. Bahkan, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, kamu disarankan untuk berjalan kaki setidaknya 150 menit hingga 300 menit dalam kurun waktu seminggu dengan intensitas sedang.

Baca juga: 6 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Selain Diet dan Olahraga

  • Cukup Istirahat

Hati-hati, kurang istirahat membuat kamu lebih mudah lapar demi mengatasi rasa kantuk yang menyerang tiba-tiba. Jadi, mengapa tidak memperbaiki jam tidur malam kamu? Istirahat cukup, terlebih di malam hari membantu menurunkan berat badan secara alami, karena kamu tidak merasa harus makan sesuatu setiap saat ketika mengantuk. 

  • Buat Jadwal Kegiatan

Tidak ada hal yang lebih baik dari membuat jadwal kegiatan sehari-hari dan menjadi konsisten dengan jadwal yang sudah kamu sepakati. Pasang pengingat, jam berapa kamu harus melakukan kegiatan apa, dan setiap minggu dan bulan, pantaulah hasilnya. Lihatlah, apakah ada yang perlu diperbaiki atau ditambah. 

Baca juga: Lakukan 6 Hal Ini untuk Cepat Turunkan Berat Badan

  • Sediakan Camilan Sehat

Nyamil di sela bekerja dan beraktivitas? Tentu tidak masalah, asalkan camilan yang kamu konsumsi adalah camilan sehat. Sediakan smoothie, kacang-kacangan, atau makanan sehat lainnya di kantor atau di dalam tas, jadi kamu tidak gelap mata ketika lapar sebelum jam makan tiba. 

Hal penting yang tidak boleh terlupakan adalah jangan lewatkan waktu sarapan. Hal ini membantu kamu mendapatkan energi untuk memulai hari, membantu berkonsentrasi dan bekerja lebih fokus, serta mencegah kamu kalap makan siang hari nanti. Lebih baik lagi kalau kamu menyiapkan menu sarapan sehat setiap pagi. 



Referensi: 
Prevention. Diakses pada 2019. 25 Easy Ways to Lose 10 Pound s Without Feeling Like You’re Dieting.
Authority Nutrition. Diakses pada 2019. 11 Proven Ways to Lose Weight Without Diet or Exercise.
Prevention. Diakses pada 2019. Lose 35 Pounds Without Working Out.