5 Tips Menjaga Kesehatan Gigi Saat Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Tips Menjaga Kesehatan Gigi Saat Puasa

Halodoc, Jakarta -  Selain kebersihan hati dan pikiran, kebersihan dan kesehatan gigi serta mulut juga mesti dijaga selama ibadah puasa. Sebenarnya, menjaga kesehatan gigi saat puasa sebenarnya enggak sulit kok. Nah, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba.

Baca juga: Tidak Merokok tetapi Bau Mulut, Kenapa?

1. Jaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Cara paling ampuh untuk menjaga kesehatan gigi saat puasa tentunya dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut. Jangan diperdebatkan lagi, kebersihan gigi dan mulut yang tak terawat tentunya akan menjadi sarang bakteri yang bisa menyebabkan masalah gigi, dari gigi berlubang, hingga bau mulut.

Maka dari itu, cobalah gosok gigi minimal dua kali dalam sehari, setelah berbuka dan sahur. Pastikan menyikat semua bagian gigi. Cobalah menyikat gigi di tiga bagian, yaitu menyikat permukaan bagian dalam, permukaan luar dari permukaan gigi yang mengunyah.

2. Bantu dengan Benang Gigi

Selain menyikat gigi, menjaga kesehatan gigi saat puasa juga bisa dibantu dengan benang gigi. Kita bisa menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi yang tak terjangkau dengan sikat gigi. Benang gigi ini enggak cuma mengurangi infeksi gigi dan bau mulut saja, tapi juga bisa menghilangkan plak yang terbentuk di sepanjang garis gusi.

Selain itu, bersihkan pula lidah karena bisa menjadi sarang bakteri, sehingga memunculkan bau mulut. Kamu bisa kok membersihkan lidah dengan alat khusus yang banyak dijual di toko. Kita tak perlu menggunakan pasta gigi atau air untuk membersihkan lidan. Namun, pastikanlah kalau alatanya dalam keadaan higienis.

Baca juga: Bukan Karena Puasa, Ini Alasan Bau Mulut Makin Menjadi

3. Bantu dengan Mouthwash

Selain menyikat gigi, menjaga kesehatan gigi saat puasa juga bisa melalui mouthwash. Nah, berkumur dengan mouthwash ini bisa membantu kita untuk menghilangkan bakteri di dalam mulut. Namun, cobalah gunakan mouthwash yang tidak mengandung alkohol.

4. Makanan yang Menyehatkan Gigi

Menjaga kesehatan gigi saat puasa juga bisa dicapai melalui makanan yang menyehatkan gigi. Nah, menurut sebuah penelitian di Jepang, konsumsi 85 gram yogurt bebas gula, dua kali sehari selama enam minggu, dapat menghilangkan bau tidak sedap pada mulut. Kok bisa? Alasannya simpel, yogurt bisa membantu menurunkan kadar senyawa sulfida yang menjadi penyebab bau tidak sedap pada mulut.

Selain yoghurt, seledri dan mentimun juga baik untuk gigi. Kedua sayuran ini kaya akan vitamin A dan C, dua antioksidan yang bisa menyehatkan gusi.

Tak cuma itu saja, teh hitam juga memiliki manfaat bagi gigi dan mulut. Menurut riset dari University of Illinois, bau mulut dan besarnya plak gigi bisa berkurang, bagi mereka yang sering berkumur dengan teh hitam.

Baca juga: Penyebab Bau Mulut yang Perlu Diketahui dan Cara Mengatasinya

5. Rutin Periksa ke Dokter

Enggak sedikit orang yang mengabaikan anjuran ini. Padahal, rutin berkunjung ke dokter gigi merupakan cara yang cukup efektif untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Karena itu, cobalah memeriksakan kesehatan gigi setidaknya enam bulan sekali.

Di sini dokter akan mendeteksi adanya kemungkinan kerusakan gigi. Misalnya, masalah gigi berlubang tau bau mulut. Dengan begitu, kita bisa mengetahui penyebab bau mulut dan cara mengatasinya.

Mau tahu lebih jauh mengenai cara menjaga kesehatan gigi? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!