17 May 2018

5 Tips Wajah Tetap Segar saat Puasa

5 Tips Wajah Tetap Segar saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Kulit mengalami siklus regenerasi setiap 28-48 hari tergantung usia, gaya hidup, dan lingkungan. Proses regenerasi kulit yang terhambat dapat menyebabkan kulit kusam, bahkan saat kamu sedang tidak puasa sekalipun. Biasanya, wajah tidak segar saat menjalani puasa karena tubuh terlalu lelah dan kekurangan cairan.

Sejatinya, menjaga kesegaran wajah saat menjalankan puasa tidak hanya dari luar saja, tetapi juga dari dalam. Yaitu dengan cara menjaga pola makan dan keseimbangan cairan tubuh. Berikut adalah tips wajah tetap segar saat puasa yang bisa kamu aplikasikan.

  1. Minum Air Putih

Sepertinya minum air putih memang menjadi salah satu kunci menjaga kesehatan tubuh dari dalam dan luar selama menjalani puasa. Biasanya nih, orang-orang lebih cenderung memilih minuman manis atau pun berperasa supaya lebih nikmat berbukanya.

Sebenarnya, rasa nikmat hanya di ujung lidah saja dan di pangkal tenggorokan, kalau kamu ingin minuman yang bermanfaat untuk tubuh, ya perbanyak konsumsi air putih. Tubuh yang kekurangan cairan akan memberikan efek wajah kuyu, pucat, dan kusam. Makanya, jangan lupa untuk senantiasa menyelipkan air putih di momen berbuka puasa.  

  1. Menggunakan Pelembap

Tubuh yang kekurangan cairan juga bisa terlihat dari penampakan wajah. Untuk menghidrasi kulit wajah, jangan lupa menggunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu. Pelembap dapat membantu menjaga kesegaran wajah, sehingga lebih cerah dan kenyal. (Baca juga: 5 Cara Atasi Masalah Bibir Pecah-Pecah Saat Puasa)

  1. Mengaplikasikan Masker

Cara terbaik lainnya menjaga kesegaran wajah adalah dengan mengaplikasikan masker. Kamu bisa memilih masker alami seperti mentimun yang cukup sederhana bila diaplikasikan. Iris mentimun tipis-tipis lalu letakkan di wajah di dahi, pipi, hidung, dan bagian-bagian lainnya. Diamkan selama 10-15 menit, supaya menyerap sempurna. Waktu terbaik untuk mengaplikasikan masker adalah saat malam hari. Karena biasanya malam adalah momen ketika kulit melakukan regenerasi. (Baca juga: Manfaat Semangka untuk Kesehatan dan Kecantikan)

  1. Istirahat yang Cukup

Tidur yang tidak cukup atau terlalu malam dapat membuat wajah menjadi kusut terutama menciptakan lingkar hitam pada bagian bawah mata. Di bulan puasa ini, jangan tidur terlalu telat, usahakan tidur tidak lewat dari jam 10 malam. Supaya tidur lebih nyenyak, kamu bisa memasang musik atau membaca buku supaya suasana lebih rileks dan menciptakan kantuk. Cara lainnya supaya tidur lebih nyenyak adalah minum susu hangat sebelum tidur.

  1. Olahraga

Olahraga adalah aktivitas terbaik menjaga kesegaran wajah dan kebugaran tubuh. Dengan berolahraga kamu bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan memperlancar sirkulasi oksigen di tubuh, salah satunya pada bagian wajah sehingga terlihat segar dan cerah. Kamu bisa memilih jenis olahraga yang sesuai, beberapa pilihannya adalah yoga dan lari. Tidak ada waktu yang tepat untuk berolahraga, semua sesuai dengan nyamannya tubuhmu saja.

Ada yang cocoknya sebelum sahur dan ada yang setelah berbuka. Pastikan saja kamu tetap menjaga cairan  tubuhmu dengan meminum air putih dan makan buah-buahan. Cuaca panas, terik matahari, dan polusi udara juga bisa membuat wajah kering, apalagi kalau kamu sedang menjalani puasa. Jangan lupa untuk senantiasa mengenakan masker sebagai pelindung wajah dari cuaca dan lingkungan yang ekstrem.

Kalau Ingin tahu lebih banyak mengenai tips menjaga kesegaran wajah selama menjalani bulan puasa apa saja, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Jika kamu mengalami masalah pencernaan yang ingin didiskusikan, dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.