Ketahui 6 Obat Alami yang Efektif Mengatasi Radang Amandel

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ketahui 6 Obat Alami yang Efektif Mengatasi Radang Amandel

Halodoc, Jakarta - Radang amandel atau tonsilitis adalah penyakit yang dapat menyerang orang dewasa atau anak-anak. Penyakit ini disebabkan infeksi bakteri atau virus, serta dapat menular dengan cepat. Amandel yang merupakan garis depan pertahanan tubuh dari serangan penyakit yang masuk melalui rongga mulut dapat membengkak atau meradang sehingga perlu tindakan tepat agar tidak semakin parah. Salah satu yang bisa dilakukan adalah minum air yang cukup, menjaga kebersihan mulut, dan obat alami radang amandel.

Pengobatan untuk radang amandel jika cukup parah adalah tindakan operasi. Jika gejala masih ringan, pengidap radang amandel dapat mengandalkan obat alami radang amandel.

Nah, ini beberapa obat alami yang efektif mengatasi radang amandel dan dapat kamu coba:

  • Bawang Putih. Hampir semua ahli kesehatan tidak ragu akan khasiat dalam bumbu dapur satu ini. Sebagai salah satu obat alami yang digunakan selama ribuan tahun, bawang putih membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh karena kaya kandungan antioksidan serta antibakteri dan senyawa antiviral di dalamnya. Mereka yang rutin konsumsi bawang putih terbebas dari serangan virus akibat pilek, flu, dan radang amandel. Untuk mengatasi radang amandel, kamu dapat mengonsumsinya utuh. Kamu dapat mencampurnya dengan teh herbal yang dicampur madu sebagai penambah rasa manis.

  • Air Garam. Siapa bilang obat alami radang amandel harus dari tumbuhan herbal? Nyatanya dengan berkumur menggunakan air garam yang hangat, radang amandel menjadi lebih tenang. Air garam bekerja sebagai antiseptik alami yang membantu mengurangi peradangan dengan membunuh virus dan bakteri. Gunakan satu sendok garam ke dalam satu cangkir air hangat dan berkumurlah dengan larutan ini.

Baca Juga: Ketahui 13 Gejala Umum Peradangan Amandel

  • Kunyit. Bahan pewarna alami ini dikenal sebagai rempah yang memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik alami. Jadi, kamu dapat menjadikan kunyit sebagai obat alami radang amandel karena ia melawan infeksi. Kamu dapat mencampurnya dengan segelas susu hangat dengan satu sendok teh bubuk kunyit dan sejumput lada hitam. Minum ramuan kunyit ini pada malam hari selama 2-3 hari berturut-turut. Dengan begini, radang amandel dapat membaik perlahan.

  • Air Perasan Lemon dan Madu. Obat alami radang amandel ternyata tidak melulu memiliki rasa yang pahit atau tidak enak. Campuran air perasan lemon dan madu nyatanya bisa kamu jadikan pilihan. Lemon memiliki sifat anti-virus, anti-bakteri, dan anti-inflamasi sehingga ampuh merawat infeksi dan peradangan. Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi.

  • Kayu Manis. Bahan alami ini memiliki sifat antimikroba sehingga mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya yang melekat di amandel. Dengan begini, jika kamu rutin konsumsi kayu manis maka pembengkakan dan rasa sakit akibat peradangan dapat berkurang.

  • Kulit Manggis. Bahan herbal ini memiliki banyak kandungan antioksidan yang bisa menyehatkan tubuh dan bisa melawan berbagai penyakit, salah satunya untuk obat amandel bengkak. Kamu dapat merebus kulit manggis dan menambahkannya dengan minyak daun mint. Obat alami radang amandel ini dapat kamu jadikan sebagai obat kumur hingga gejala radang amandel membaik.

Baca Juga: Cara Membedakan Amandel dan Radang Tenggorokan

Karena berpotensi mengganggu aktivitas, sebaiknya selalu jaga kesehatan dan menghindari kelelahan agar tidak mudah terserang penyakit. Cari tahu lebih lanjut seputar radang amandel dan pengobatannya pada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!