• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Suami Manjakan Istri yang Sedang Hamil

Cara Suami Manjakan Istri yang Sedang Hamil

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Para suami perlu tahu dan paham bahwa kehamilan itu sesuatu yang sulit. Mungkin akan banyak keluhan yang dirasakan istri, mulai rasa mual, ngidam, kelelahan, dan rasa pegal di sana-sini. Sebagai suami perlu mendampingi istri yang sedang mengandung buah hati dengan membuatnya senyaman mungkin dan tetap bahagia.

Mungkin banyak suami yang menganggap proses kehamilan sedikit membingungkan. Tidak tahu harus berbuat apa. Sementara itu, dukungan penuh sang suami sangat dibutuhkan istri dalam menjalani setiap fase kehamilan. Calon ayah tidak perlu bingung, inilah yang perlu dilakukan untuk memanjakan istri yang sedang hamil:

1. Tanggapi Istri dengan Tepat

Di masa-masa kehamilan, wanita hamil biasanya akan mengalami perubahan mood yang berubah-ubah. Pastikan ayah mampu menanggapi sang istri dengan tepat. Jangan sampai istri mengalami bad mood. Singkirkan sikap cuek yang mungkin dulu ada di masa-masa sebelum menikah. Menjadi lebih perhatianlah dan manjakan istri dengan selalu mendengarkan dan menolong saat ia membutuhkan. 

Baca juga: 6 Peran Suami Saat Istri Hamil

2. Penuhi Diri dengan Informasi Kehamilan

Bacalah beberapa buku, blog kehamilan, atau akun media sosial mengenai kehamilan. Semakin banyak ayah tahu tentang hal yang istri alami, maka semakin baik ayah berempati dan tahu bagaimana caranya membantu. 

3. Selalu Temani Saat Jadwa Kontrol Kehamilan

Tujuan menemani istri saat kontrol kehamilan yaitu pertama, untuk menunjukkan kepada istri bahwa ayah selalu bersamanya sepanjang kehamilan. Kedua, ayah tahu persis apa yang terjadi dengan kehamilannya dan akan lebih siap untuk membantunya. Perhatikan dengan seksama apa yang dikatakan dokter pada setiap kunjungan. Jika ayah sedang sangat sibuk di tempat kerja, selalu luangkan waktu untuk menemani pada jadwal kontrol kehamilan. 

4. Kurangi Stress yang Dialami Istri

Kehamilan menuntut fisik dan emosional, sebaiknya jangan membebani istri hamil dengan tekanan yang tidak perlu. Lakukan lebih banyak pekerjaan rumah tangga agar sang istri dapat beristirahat.

Baca juga: Rentan Menyerang Ibu Hamil, Hati-hati Risiko Emboli

5. Bantu Istri Agar Tidur Nyenyak

Tidur akan membuat istri hamil menjadi lebih tidak nyaman, terutama saat usia kehamilannya semakin besar. Apalagi wanita hamil tidak bisa tidur telentang, karena itu akan membuat tubuhnya sakit dan rasa tertekan karena janin. Bantu istri agar tidurnya lebih nyaman dan nyenyak. Ada beberapa hal yang dapat ayah lakukan untuk membantu istri hamil tidur nyenyak:

  • Ambil banyak bantal untuk bantalan tubuh sang istri. Wanita hamil seharusnya tidur dengan posisi miring, bukan di atas punggung atau perut. Bantal seluruh tubuh akan membuat sisi tidur sedikit lebih nyaman dengan membantu menopang punggung dan memeluk perut istri.
  • Backrub tepat sebelum tidur. 
  • Buatkan teh herbal yang menenangkan pikiran dan tubuh.
  • Peluk istri saat tidur.

6. Jadilah Lebih Sabar

Kehamilan akan membuat hormon istri berubah-ubah, artinya mood pun akan berubah-ubah. Suatu saat dia akan merasa sangat ceria, beberapa saat kemudian bisa sangat marah atau jengkel kepada ayah, bahkan bisa saja menangis tanpa alasan sama sekali. Bersabarlah dan kenali bahwa itu hanyalah hormon.

7. Beri Pujian 

Katakan padanya dia cantik dan ayah mencintainya. Istri hamil akan mengalami beberapa transformasi tubuh yang serius selama kehamilan. Yakinkan dia bahwa ayah selalu melihatnya selalu cantik dan sangat mencintainya. Dengan begitu, sang istri akan merasa percaya diri. 

Baca juga: Tips Berhubungan Intim Sesuai Trimester Kehamilan

8. Bantu Istri saat Melalui Morning Sickness

Mual di pagi hari (morning sickness) sangat mungkin terjadi dan merupakan bagian proses yang kurang nyaman selama kehamilan. Hal ini dialami sekitar 75 persen dari semua wanita hamil. Gejala morning sickness termasuk sakit kepala, kantuk yang berlebihan, dan tentu saja perasaan mual dan kadang-kadang muntah.

Saat istri mengalami morning sickness bantulah ia dengan menyiapkan kebutuhannya, baik itu menyiapkan minuman hangat untuk diminum setelah muntah, mengusap pundaknya/punggung saat ia muntah, hingga menyiapkan makanan yang diinginkannya. Jangan pernah merasa jijik saat ia muntah atau melihat muntahannya. Karena itulah proses perjuangan hamil yang perlu ayah saksikan juga. 

Jika ayah masih bingung bagaimana harus memanjakan atau merawat istri yang sedang dalam proses kehamilan, ayah dapat berdiskusi pada dokter kandungan melalui aplikasi Halodoc. Kini berdiskusi dengan dokter lebih praktis dengan aplikasi Halodoc karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Yuk, download aplikasinya sekarang!

 

Referensi: 
Parents. Diakses pada 2020. Pregnancy Pampering: 10 Ways to Treat Yourself