• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan untuk Melancarkan Peredaran Darah

6 Makanan untuk Melancarkan Peredaran Darah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
6 Makanan untuk Melancarkan Peredaran Darah

Halodoc, Jakarta - Darah memiliki peran yang penting untuk memenuhi segala kebutuhan organ di dalam tubuh, seperti oksigen dan nutrisi. Hal ini dilakukan agar segala fungsi tubuh dapat berjalan seperti semestinya. Maka dari itu, semua orang harus benar-benar memastikan sistem peredaran darah tetap lancar tanpa gangguan, karena mungkin saja menimbulkan sesuatu yang berbahaya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memastikan segala makanan yang dikonsumsi benar-benar dapat melancarkan sistem peredaran darah di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi semua makanan tanpa batasan, dapat menimbulkan sumbatan dalam darah. Jika terjadi di jantung, tentu serangan jantung dapat terjadi dan membahayakan. Berikut beberapa makanan untuk melancarkan peredaran darah!

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Sistem Peredaran Darah pada Manusia 

Makanan yang Tepat untuk Membuat Sistem Peredaran Darah Lancar

Banyak faktor yang dapat dinilai untuk mendapatkan tubuh yang sehat, salah satunya dengan memiliki sistem peredarah darah tanpa hambatan. Seseorang yang mengalami masalah pada sirkulasi darah dapat membuat tubuh terserang penyakit serius, seperti stroke dan penyakit jantung. Maka dari itu, setiap orang wajib menjaga kesehatan tubuh dengan memastikan sistem peredaran tubuhnya tetap lancar, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat.

Nah, berikut ini beberapa makanan yang baik untuk rutin dikonsumsi agar peredaran darah tetap lancar:

1. Ikan Salmon

Ikan salmon kerap menjadi salah satu makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Meski harganya cukup mahal, tetapi manfaatnya sangat banyak, salah satunya untuk memperlancar sistem peredaran darah. Kandungan omega-3 yang terkandung di dalam ikan sangat tinggi dan memberi manfaat untuk mendukung kelancaran darah agar tidak ada sumbatan. Dengan begitu, kamu dapat menghindari berbagai risiko penyakit kardiovaskular yang berbahaya.

2. Bawang Putih

Bawang putih memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah dan sudah terbukti ampuh. Meski rasanya memang tak terlalu enak, tetapi kandungan zat alami yang ada di dalamnya mampu mengurangi penggumpalan pada sistem peredaran darah, sehingga jantung bisa memompa darah dengan lebih maksimal. Kalau kamu tidak bisa langsung mengonsumsinya, kamu bisa mencampurkan bawang putih dalam masakan dengan takaran yang lebih banyak.

Baca juga: Kenali Proses Sistem Peredaran Darah Manusia

3. Cokelat Hitam

Makanan selanjutnya yang cocok untuk menjaga peredaran sistem darah adalah cokelat hitam. Makanan dengan paduan rasa manis dan pahit ini begitu digemari oleh sebagian besar wanita karena disinyalir mampu mengembalikan suasana hati yang sedih. Ternyata, makanan ini juga baik untuk memperlancar peredaran darah karena kaya akan kandungan flavonoid. Meski begitu, tetap konsumsi dalam takaran yang tepat.

4. Buah Alpukat

Bukan hanya ikan salmon yang mengandung asam lemak omega-3 tinggi, ternyata buah alpukat juga memiliki manfaat yang sama. Maka dari itu, buah berwarna hijau dengan tekstur daging yang lembut ini sangat baik untuk seseorang yang sedang program diet. Kandungan asam lemak omega-3 dapat membantu untuk melancarkan peredarah darah, sehingga aliran darah ke jantung semakin optimal.

5. Buah Bit

Buah berwarna merah ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah membantu untuk menjaga sistem peredarah darah tetap sehat. Kandungan nitrat yang berlimpah dalam buah inilah yang berperan penting untuk kelancaran sirkulasi darah dalam tubuh. Nitrat dapat diubah menjadi oksida di dalam tubuh, sehingga membuat pembuluh darah di tubuh menjadi lebih lebar.

Baca juga: Kenali Tubuh, Ketahui tentang Sistem Peredaran Darah Manusia

6. Teh Hijau

Selain untuk relaksasi, kandungan nutrisi dalam teh hijau dapat membuat sistem pembuluh darah menjadi lebih lebar, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Antioksidan yang terkandung dalam teh hijau sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Maka dari itu, daripada kamu mengonsumsi lebih banyak kopi untuk mendapatkan kafein, cobalah memilih teh hijau sebagai alternatif. Selain memberikan kandungan kafein, tentu pembuluh darah menjadi semakin sehat.

Itulah beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi agar sistem peredaran darah di dalam tubuh menjadi lebih lancar. Dengan rutin mengonsumsi makanan ini, diharapkan tubuh kamu menjadi lebih sehat. Selain itu, berbagai makanan ini juga dapat memberi manfaat lainnya untuk berbagai organ di dalam tubuh.

Selain makanan, kamu juga dapat menjaga kesehatan sistem peredaran darah dengan mengonsumsi berbagai suplemen yang dapat dibeli melalui apotek terdekat melalui aplikasi Halodoc. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc dan pilih suplemen yang sesuai dengan keinginan. Jangan ragu lagi, unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
The Healthy. Diakses pada 2021. 12 Foods That May Help Improve Your Circulation.
Brain MD. Diakses pada 2021. Best Foods to Increase Blood Flow & Circulation.