27 August 2018

7 Makanan untuk Melancarkan Peredaran Darah

peredaran darah, melancarkan peredaran darah

Halodoc, Jakarta - Ada banyak faktor yang bisa menjadi indikator kesehatan tubuh kamu. Salah satunya adalah peredaran darah yang lancar. Tidak lancarnya sirkulasi darah bisa membuat kamu mudah terserang berbagai penyakit serius, seperti stroke dan penyakit jantung. Namun, orang cenderung tidak memperhatikan betapa pentingnya menjaga kelancaran peredaran darah dengan membiasakan pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat.

Oleh karena itu, mulai sekarang kamu harus menjaga kelancaran peredaran darah. Caranya? Coba penuhi nutrisi tubuh dengan mengonsumsi makanan berikut:

  1. Ikan Salmon

Siapa tidak kenal ikan salmon? Ikan berdaging oranye ini memang harganya cukup mahal. Meski begitu, kamu tidak boleh menyepelekan manfaatnya. Kandungan omega-3 yang dimiliki ikan ini begitu tinggi dan sangat baik untuk mendukung kelancaran peredaran darah kamu. Rutin mengonsumsi ikan salmon bisa membantu kamu terhindar dari risiko penyakit kardiovaskular yang berbahaya.

  1. Bawang Putih

Khasiat bawang putih untuk menurunkan tekanan darah memang sudah tak diragukan lagi. Meski rasanya memang tak terlalu enak, kandungan zat alami yang ada di dalamnya mampu mengurangi penggumpalan darah, sehingga jantung bisa memompa darah dengan lebih maksimal. Kalau kamu tidak bisa langsung mengonsumsinya, kamu bisa mencampurkan bawang putih dalam masakan dengan takaran yang lebih banyak.

  1. Cokelat Hitam

Selanjutnya ada cokelat hitam. Makanan dengan paduan rasa manis dan pahit ini begitu digemari oleh sebagian besar wanita karena disinyalir mampu mengembalikan suasana hati. Namun, ternyata cokelat hitam juga baik untuk memperlancar peredaran darah karena kaya akan kandungan flavonoid. Meski begitu, kamu tetap tidak boleh mengosumsinya secara berlebihan, ya!

Baca juga: Buah Segar atau Kering, Mana yang Lebih Tinggi Gula?

  1. Buah Alpukat

Ternyata, tak hanya ikan salmon yang mengandung asam lemak omega-3 tinggi. Buah alpukat pun memilikinya. Inilah mengapa buah berwarna hijau dengan tekstur lembut ini amat baik sebagai nutrisi untuk kamu yang sedang menjalani program diet. Asam lemak omega-3 inilah yang membantu melancarkan peredaran darah kamu, sehingga aliran darah dari dan menuju ke jantung pun semakin optimal. Kamu bisa mengonsumsi langsung buah ini atau mengolahnya sebagai jus.

  1. Buah Bit

Buah berwarna merah ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah membantu melancarkan peredarah darah. Kandungan nitrat yang berlimpah dalam buah inilah yang berperan untuk kelancaran sirkulasi darah dalam tubuh kamu. Di dalam tubuh, nitrat akan diubah menjadi oksida yang membuat pembuluh darah di tubuh menjadi lebih lebar.

  1. Teh Hijau

Selain untuk relaksasi, kandungan alamiah dalam teh hijau juga membuat pembuluh darah menjadi lebih lebar, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Antioksidan yang dimiliki teh hijau pun bagus untuk menjaga kesehatan jantung kamu. Jadi, cobalah membiasakan untuk mengonsumsi teh hijau dua kali dalam sehari, setiap pagi dan sebelum tidur.

Baca juga: Gelato atau Es Krim, Manakah yang Lebih Sehat?

  1. Minyak Ikan dan Vitamin E

Agar peredaran darah di dalam tubuh selalu lancar, kamu bisa rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E atau minyak ikan. Dua jenis nutrisi ini akan membantu mengurangi penggumpalan darah di dalam tubuh. Minyak bunga matahari dan kuning telur adalah sumber makanan yang kaya vitamin E yang bisa kamu konsumsi.

Kamu juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen yang bisa kamu beli melalui layanan Apotek Antar dari Halodoc. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc dan tuliskan suplemen yang ingin kamu beli. Tak sampai satu jam, suplemen kamu akan tiba di alamat tujuan.