Ini 7 Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Neurodermatitis

neurodermatitis, penyakit kulit yang tidak menular

Halodoc, Jakarta - Neurodermatitis merupakan penyakit kulit yang tidak menular dan tidak berbahaya. Meskipun tidak berbahaya, penyakit ini bisa mengganggu semua aktivitas yang kamu lakukan karena rasa gatalnya. Nah, jika sudah mengidap kondisi ini, berikut perawatan rumahan yang bisa kamu lakukan guna mengatasi neurodermatitis.

Baca juga: Bisa Disebabkan Stres, Ini Penyebab Lain Neurodermatitis

Neurodermatitis, Penyakit Kulit Kronis

Neurodermatitis punya nama lain, yaitu Lichen Simplex Chronicus. Neurodermatitis merupakan penyakit kulit kronis yang diawali dengan rasa gatal yang berlebihan pada area tubuh tertentu. Jika pengidapnya menggaruk rasa gatal ini, reaksi gatal akan semakin menjadi. Nah, jika pengidap terus-menerus menggaruknya, kulit akan menebal dan menjadi kehitaman, serta membentuk seperti plak pada kulit.

Ini Gejala yang Muncul pada Pengidap Neurodermatitis

Beberapa gejala umum pada pengidap neurodermatitis adalah:

  • Rasa gatal akan muncul ketika kamu merasa stres atau sedang beristirahat.

  • Rasa gatal akan terjadi terus-menerus atau hilang timbul.

  • Jika gatal terjadi pada kulit kepala, bercak gatal akan disertai dengan rasa nyeri dan menyebabkan kerontokan rambut.

  • Kulit akan bertekstur kasar dan bersisik pada area yang terasa gatal. Jika kulit terus-menerus digaruk, kulit akan semakin tebal.

  • Timbul luka terbuka yang berdarah pada bercak kulit yang gatal karena berulang kali digaruk. Hal ini memicu terjadinya infeksi.

Gejala awal pada kondisi ini ditandai dengan adanya bercak pada permukaan kulit yang terasa gatal. Bercak ini dapat muncul di kepala, leher, pergelangan tangan, lengan, pergelangan kaki, atau anus.

Baca juga: Hati-Hati, Ini Komplikasi Akibat Neurodermatitis

Penyebab Terjadinya Neurodermatitis

Belum diketahui apa yang jadi penyebab pasti dari kondisi ini. Beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko terjadinya neurodermatitis pada seseorang, yaitu:

  • Jika ada salah satu anggota keluarga mengalami dermatitis, eksim, psoriasis, atau mengalami gangguan kecemasan, risiko terkena neurodermatitis akan menjadi lebih besar.

  • Mengalami gangguan kecemasan, seperti stres dan rasa tertekan. Hal ini dapat memicu rasa gatal yang berhubungan dengan neurodermatitis.

  • Wanita dengan rentan usia 30-50 tahun lebih berisiko mengidap neurodermatitis.

Ini Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Neurodermatitis

Perawatan rumah pada pengidap neurodermatitis bertujuan guna mengendalikan rasa gatal, serta menangani apa yang jadi penyebab rasa gatal. Beberapa perawatan rumahan yang dapat dilakukan sendiri guna membantu meredakan gejala neurodermatitis, antara lain:

  1. Jika gatal, berhenti menggosok atau menggaruk area yang gatal. Karena jika dilakukan, hal ini akan memperparah kondisi yang kamu alami.

  2. Jika kulit sudah terasa amat gatal, lindungi kulit dengan perban atau air bersih. Hal ini dilakukan guna melindungi kulit dan mencegah pengidap menggaruknya.

  3. Lembapkan kulit dengan losion tanpa pewangi.

  4. Mandi dengan air hangat.

  5. Kompres kulit yang gatal dengan air dingin atau kain dingin yang basah, guna meringankan gatal yang dirasakan.

  6. Gunting kuku yang panjang, karena kuku yang pendek dapat mencegah kerusakan kulit saat kamu menggaruk.

  7. Hindari memakai pakaian yang ketat, serta kelola stres dengan baik.

Baca juga: Muncul Bercak pada Kulit, Kenali Lebih Lanjut Neurodermatitis

Jika kamu mempunyai masalah dalam melakukan pencegahan guna meringankan gejala yang dirasakan, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!