Hati-Hati, Ini Komplikasi Akibat Neurodermatitis

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Hati-Hati, Ini Komplikasi Akibat Neurodermatitis

Halodoc, Jakarta - Neurodermatitis atau lichen simplex kronisus merupakan infeksi kulit berupa bercak kulit yang terasa gatal. Menggaruk area kulit yang terasa gatal justru akan membuat kulit semakin terasa gatal. Rasa gatal menyebabkan area kulit yang terkena menjadi tebal dan kasar.

Infeksi kulit dapat berkembang menjadi beberapa bintik-bintik gatal yang menyebar ke area leher, pergelangan tangan, lengan, kaki sampai daerah sekitar anus. Rasa gatal yang semakin intens dapat mengganggu tidur, fungsi seksual, dan aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Ketahui Bahaya Infeksi Kulit karena Tato

Cukup sulit untuk menghilangkan gatal-gatal akibat neurodermatitis. Ini karena, neurodermatitis umumnya merupakan kondisi seumur hidup. Penyebab pasti neurodermatitis tidak diketahui secara jelas. Iritasi kulit akibat pakaian ketat atau gigitan serangga dapat memicu seseorang menggosok dan menggaruk terus-menerus.

Hal tersebut bisa menjadi salah satu pemicu neurodermatitis. Dalam beberapa kasus, neurodermatitis juga dikaitkan dengan kondisi kulit kronis, seperti kulit kering, eksim atau psoriasis. Stres dan kecemasan juga bisa memicu rasa gatal.

Keberhasilan pengobatan tergantung pada seberapa mampu pengidapnya untuk menahan keinginan menggosok atau menggaruk daerah yang gatal. Obat-obatan yang dijual bebas atau resep yang diberikan dokter dapat membantu mengurangi rasa gatal. Pengidap juga perlu mengidentifikasi dan mengobati faktor-faktor yang memicu rasa gatal.

Gejala Neurodermatitis

Tanda dan gejala neurodermatitis meliputi:

  • Munculnya bercak kulit yang terasa gatal.

  • Tekstur kasar atau bersisik pada area yang terkena.

  • Bercak terasa kasar atau berwarna merah yang lebih gelap dari warna kulit.

  • Gatal di area kepala, leher, pergelangan tangan, lengan bawah, pergelangan kaki, vulva, skrotum atau anus.

  • Gatal bisa sangat intens yang bisa datang dan pergi atau tanpa henti.

Segera minta bantuan medis jika kulit terasa sakit dan infeksi, hingga menyebabkan demam.

Faktor Risiko Neurodermatitis

Faktor-faktor tertentu dapat memengaruhi risiko neurodermatitis, termasuk:

  • Usia dan jenis kelamin. Wanita lebih berpotensi mengembangkan neurodermatitis daripada pria. Kondisi ini lebih sering dialami oleh orang dewasa berusia usia 30–50 tahun.

  • Mengidap kondisi kulit. Individu yang mempunyai riwayat keluarga atau pernah mengidap dermatitis, eksim, psoriasis, ataupun kondisi kulit serupa lebih berisiko mengembangkan neurodermatitis.

  • Gangguan kecemasan. Kecemasan dan stres dapat memicu gatalnya neurodermatitis.

Baca Juga: Ini Cara Mengobati Infeksi Kulit Berdasarkan Penyebabnya

Komplikasi Neurodermatitis

Menggaruk area yang gatal secara terus-menerus dapat menyebabkan luka, infeksi bakteri kulit,  bekas luka permanen, bahkan perubahan warna kulit. Gatalnya neurodermatitis dapat memengaruhi tidur, fungsi seksual, sampai kualitas hidup pengidapnya.

Pengobatan Neurodermatitis

Tidak menggaruk dan menggosok daerah yang terkena merupakan kunci utama dalam  menyembuhkan neurodermatitis. Maka dari itu, pengobatan neurodermatitis berfokus untuk mencegah tangan untuk tidak menggaruk atau menggosok area yang gatal. Langkah pencegahan yang bisa dilakukan, yakni :

  • Memotong kuku yang panjang dan mengoleskan es atau salep anti-gatal dapat membantu mencegah goresan.

  • Menutupi kulit dengan kaus kaki, sarung tangan, atau kain kasa dapat membantu kulit agar tidak digaruk.

  • Obat steroid topikal dapat membantu meredakan peradangan dan gatal. Karena kulit cenderung sangat tebal dan bersisik, steroid dengan dosis yang lebih kuat mungkin diperlukan.

  • Apabila obat kortikosteroid tidak sesuai dan telah digunakan untuk waktu yang lama, obat topikal non-kortikosteroid, seperti tacrolimus (protopic) atau pimecrolimus (elidel) dapat diresepkan.

  • Dalam kasus yang parah, steroid dapat disuntikkan ke dalam lesi untuk memungkinkan obat bisa menembus kulit yang menebal.

Baca Juga: Ketahui Bahaya Infeksi Kulit karena Tato

Sebelum menentukan jenis obat apa yang akan kamu pakai, sebaiknya diskusikan dengan dokter terlebih dahulu. Gunakan fitur Talk to A Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk berdiskusi seputar neurodermatitis yang kamu alami. Setelah dokter memberikan resep, gunakan fitur Buy Medicine untuk membeli obat yang telah diresepkan. Setelah dipesan, obat akan segera diantar ke tempat tujuan. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!