Rambut Banyak Rontok? Ini Cara Mengatasi Rambut Rontok

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Rambut Banyak Rontok? Ini Cara Mengatasi Rambut Rontok

Halodoc, Jakarta –  Ada banyak alasan mengapa kamu mengalami kerontokan rambut terlepas dari apakah ini sifatnya sementara ataupun berkelanjutan. Langkah paling penting adalah mengunjungi dokter, sehingga dokter dapat mendiagnosis penyebab kerontokan rambutmu.

Umumnya, kerontokan rambut disebabkan oleh perubahan hormon, seperti kehamilan, menopause, ataupun stres mungkin tidak memerlukan perawatan apapun. Sebaliknya, kehilangan kemungkinan akan berhenti dengan sendirinya setelah tubuh menyesuaikan diri.

Kekurangan nutrisi biasanya dapat diatasi melalui perubahan dalam diet, penggunaan suplemen, dan bimbingan dokter atau ahli diet terdaftar. Konsultasi dengan seorang dokter diperlukan jika kekurangan disebabkan oleh kondisi medis yang mendasarinya.

Setiap kondisi medis yang menyebabkan kerontokan rambut harus ditangani secara langsung untuk mengatasi kondisi penuh, bukan hanya gejalanya. Ada sejumlah obat yang mungkin dapat diterapkan dalam perawatan rambut rontok. Kamu mungkin perlu menggunakan satu atau kombinasi perawatan selama jangka waktu tertentu untuk mengatasi rambut rontok.

Baca juga: Fakta Tentang Rambut Rontok yang Harus Diketahui

Solusi Topical Minoxidil

Obat ini berbentuk busa atau cair dan disebarkan ke kulit kepala setiap hari. Ini dapat menyebabkan lebih banyak rambut rontok pada awalnya dan pertumbuhan baru mungkin lebih pendek dan lebih tipis dari sebelumnya. Kamu mungkin juga perlu menggunakannya enam bulan atau lebih untuk mencegah kerontokan lebih lanjut, sehingga ada pertumbuhan kembali.

Efek sampingnya, termasuk:

  1. Iritasi kulit kepala

  2. Pertumbuhan rambut pada bagian lain dari wajah atau tangan yang bersentuhan dengan obat

  3. Takikardia (denyut jantung cepat)

Bila kamu membutuhkan pengobatan medis, ada baiknya mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter. Ini dilakukan supaya jangan sampai kamu menerapkan pengobatan yang salah sasaran. Ingin tahu lebih banyak mengenai masalah kerontokan rambut atau masalah kesehatan lainnya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: Mitos dan Fakta Unik Rambut dan Ketombe

Kebiasaan Sehat untuk Masalah Kerontokan Rambut

Ada hal lain yang bisa kamu lakukan di rumah untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.

  1. Ubah Kebiasaan Menata Rambut

Jauhi gaya yang terikat ketat, seperti kepang, roti, ataupun kuncir kuda. Termasuk memuntir atau menggosok rambut. Cuci atau sikat rambut dengan lembut, ganti dengan sisir bergigi lebar jika perlu untuk mencegah terlalu banyak mencabut akarnya. Rol panas, pengeriting atau pelurus besi, perawatan minyak panas, pemutihan, dan proses kimia lainnya adalah hal lain yang harus dihindari.

  1. Memerhatikan Asupan Nutrisi

Perhatikan makanan yang kamu makan dan berapa banyak yang dimakan. Misalnya, makan berbagai makanan utuh yang kaya akan vitamin dan mineral akan membantu bahan bakar tubuh dan area yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan kembali rambut.

Jika kamu curiga kekurangan vitamin tertentu, kunjungi dokter untuk mendapatkan tes darah dan mengatasi masalah diet lainnya, seperti gangguan makan atau kondisi kesehatan yang dapat menghambat penyerapan nutrisi.

  1. Tambahkan Zat besi dan Seng

Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan rambut rontok dan suplemen yang tepat dapat membantu membalikkan efek untuk sejumlah kondisi, seperti alopecia areata.

Baca juga: Cukur Rambut Bayi Bikin Lebat, Mitos atau Fakta?

  1. Coba Akupunktur

Akupunktur adalah bentuk pengobatan Tiongkok yang telah dipraktikkan selama ribuan tahun. Penerapannya banyak, dan beberapa peneliti percaya bahwa ini dapat membantu rambut rontok dari alopecia areata.

  1. Mengelola Stres

Sementara trauma bisa datang secara tiba-tiba dan tidak terduga, kamu mungkin dapat membantu mengelola stres yang sedang berlangsung dalam hidup dengan olahraga, seperti yoga atau teknik kesadaran, seperti meditasi.

Penyembuhan alternatif lainnya juga dapat memperbaiki kerontokan rambut. Yoga dan meditasi dapat membantu mengatur gula darah, sirkulasi, serta meningkatkan pertumbuhan rambut.