04 September 2018

8 Cara Mengatasi Gatal Akibat Ulat Bulu

Ulat bulu, mengatasi gatal, racun ulat bulu

Halodoc, Jakarta - Meskipun ukurannya kecil, tapi dampak yang ditimbulkan dari sistem pertahanannya sangatlah menyebalkan. Hhmm, ulat bulu memang kerap kali membuat banyak orang jadi ‘frustasi’ ketika bersinggungan dengannya. Mulai dari gatal, geli, perih, bentol, bahkan hingga menimbulkan ruam, siap menyerang dirimu bila berani bermain-main dengan ulat yang satu ini.

Menurut ahli, rasa gatal yang ditimbulkan ini disebabkan oleh racun yang terdapat di bulu-bulu. Nah, ketika bulu-bulu itu tersentuh kulit maka bulu halus itu masuk ke dalam kulit dan racunnya akan segera menyebar ke tubuh. Racun yang beredar dalam tubuh inilah yang menyebabkan gatal-gatal. Racun ini kerap kali membuat predator kesulitan untuk memangsanya.

Lalu, bagaimana cara mengatasi rasa gatal akibat ulat bulu?

1. Jangan Digaruk

Rasanya memang sukar untuk mencoba menahan rasa gatal akibat ulat ini. Oleh sebab itu, keinginan untuk menggaruk pun sulit ditahan. Namun menurut ahli, menggaruk kulit yang terasa gatal itu justru bisa menyebabkan infeksi di kulit. Alternatifnya, kamu bisa menggunakan krim yang dapat mengurangi rasa gatal karena gigitan serangga.

2. Hilangkan Bulu yang Melekat di Kulit

Setelah terkena serangan ulat bulu, segeralah hilangkan bulu ulat yang menempel di kulit menggunakan sarung tangan, selotip, atau kertas. Penting untuk secepat mungkin menghilangkan bulu-bulu agar tak menyebar ke bagian tubuh lain.

3. Cuci Bagian yang Terkena Bulu

Setelah menghilangkan bulu-bulu, cucilah bagian yang terkena menggunakan air panas atau sabun untuk membantu menghilangkan racun yang tersisa.

4. Usap dengan Garam

Cara menghilangkan rasa gatal akibat ulat bulu juga bisa menggunakan garam. Caranya sederhana, usapkan garam dan gosokkan selama lima menit di daerah yang terkena bulu. Garam ini bisa menghilangkan bulu-bulu dan racun yang tak hilang ketika dicuci oleh sabun.

5. Minyak Kelapa atau Batu Es

Kamu juga bisa menggunakan minya kelapa murni (virgin coconut oil) atau batu es untuk mengatasi pembengkakan dan nyeri. Namun, bila kedua kondisi tersebut masih berlanjut, segeralah hubungi dokter untuk mengatasi reaksi alergi yang serius.

6. Menggunakan Kunyit

Kata ahli, kunyit juga bisa digunakan untuk mengatasi gatal racun ulat bulu. Kunyit sendiri merupakan antiinfeksi yang mampu membuat luka menjadi kering. Caranya, bersihkan kunyit dan parut hingga lembut. Kemudian, balurkan kunyit yang telah diparut ke bagian kulit yang terkena ulat. Lalu tunggulah beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih.

7. Soda Kue

Kamu juga bisa lo memanfaatkan soda kue untuk meredakan gatal dan mencegah gatal menyebar. Caranya cukup mudah, campurkan satu sendok makan soda kue dengan satu hingga dua sendok makan air hangat. Lalu, aduk campuran itu dan oleskan ke bagian kulit yang terasa gatal.

8. Gunakan Salep

Andaikan cara di atas tidak berhasil, cobalah gunakan salep  hidrokortison atau antihistamin. Namun, bila salep tersebut tak berhasil pula maka segeralah ke dokter, apalagi bagi kamu yang memiliki alergi. Meski racun ulat bulu relatif tidak berbahaya, tapi orang yang memiliki alergi sangat mungkin terkena dampak lain selain gatal. Misalnya, sesak napas atau pusing.

Kamu punya masalah kulit karena ulat bulu atau serangga lainnya? Kamu bisa lo bertanya pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: