8 Istilah Kesehatan yang Perlu Diketahui Orang Awam

8 Istilah Kesehatan yang Perlu Diketahui Orang Awam

Halodoc, Jakarta – Apa kamu pernah merasa kebingungan saat berdiskusi dengan dokter karena banyaknya istilah medis yang digunakan? Enggak hanya di ruang dokter saja sebenarnya, kamu juga bisa menemukan istilah dasar kesehatan saat membaca artikel di internet maupun cetak.

Nah, kalau begitu, enggak ada salahnya kan untuk mengetahui lebih banyak istilah dasar kesehatan (istilah medis). Yuk, simak penjelasannya:

  1. Kronis

Kata ini bermakna berlangsung dalam waktu lama atau terus-menerus. Artinya gambaran suatu penyakit atau kondisi yang terjadi dalam periode berulang, perlahan dan makin serius. Contoh dari penyakit kronis seperti osteoporisis, stroke, atau diabetes tipe.

  1. Akut

Nah, banyak awam sering tertukar antara istilah kronis dan akut. Akut sendiri merupakan istilah yang menggambarkan suatu kondisi atau penyakit yang terjadi secara tiba-tiba. Biasanya terjadi dalam waktu singkat dan menunjukkan gangguan yang serius, serta membutuhkan penanganan secara cepat. Contoh penyakitnya seperti, diare akut, glaukoma, atau leukimia akut.

  1. Skrining

Istilah dasar kesehatan yang satu ini merupakan bentuk deteksi dini untuk mengetahui apakah seseorang memiliki penyakit atau enggak. Tujuannya untuk mendapatkan penanganan medis secepatnya bagi pengidap penyakit tertentu. Contohnya, skrining pemeriksaan tumor payudara. Saat ini ada dua jenis skrining kesehatan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan, yaitu skrining prevetif primer dan preventif sekunder selektif.

  1. Diagnosis

Diagnosis merupakan penentuan jenis penyakit yang diteliti lewat gelaja-gejalanya. Kata ini umum digunakan dokter ketika memeriksa seseorang yang mengidap penyakit tertentu. Nah, setelah mendiagnosis biasanya dokter akan melakukan prognosis. Nah, yang ini apa lagi ya?

  1. Prognosis

Prognosis ini merupakan ramalan tentang peristiwa yang akan terjadi, terkait dengan penyakit atau penyembuhan setelah operasi. Istilah kesehatan ini menunjukkan prediksi dokter mengenai bagaimana kondisi pasien akan berkembang.

  1. Faktor Risiko

Apa kamu enggak asing dengan istilah yang satu ini? Faktor risiko ini berhubungan dengan faktor-faktor yang ada sebelum terjadinya penyakit. Sederhananya, adalah karakter, tanda, dan gejala yang tampak atau tidak pada individu dengan peningkatan insiden penyakit. Misalnya, seseorang yang merokok memiliki faktor risiko penyakit jantung.

  1. Gula Darah

Istilah ini mungkin kamu sering dengar, baik dari dokter maupun artikel yang pernah kamu baca. Dalam ilmu medis, gula darah merupakan keberadaan gula atau zat glukosa dalam darah. Kadar gula darah yang terlampau tinggi atau rendah bisa memberikan dampak negatif bagi tubuh. Nah, penyakit yang berkaitan erat dengan gula darah adalah diabetes.

Gula darah yang normal pada tubuh berbeda-beda sesuai aktivitas yang kamu lakukan.  Misalnya, gula darah normal sebelum makan adalah 70-130 mg/dL, dua jam setelah makan kurang dari 180 mg/dL. Sedangkan menjelang tidur berkisar 100-140 mg/dL.

  1. Alergen

Sesuai namanya, alergen berkaitan dengan alergi. Alergen sendiri merupakan antigen (zat yang merangsang respon imun) yang bertanggung jawab untuk memproduksi reaksi alergi. Nah, masalah tubuh yang disebabkan oleh alergen disebut alergi. Alergen yang umum menyerang banyak orang adalah debu, serbuk sari, zat kimia tertentu pada makanan atau air, dan bulu hewan peliharaan.

Nah, kedelapan istilah di atas merupakan sebagian dari banyaknya istilah medis yang sering digunakan dalam dunia kedokteran. Kalau kamu punya pertanyaan seputar istilah kesehatan dan penyakit tertentu, kamu bisa lho bicara ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk bertanya kapan saja dan dimana saja. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Kamu hanya tinggal order lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.