Adakah Bahan Alami untuk Obati Luka Bakar?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
luka bakar, obat luka bakar

Halodoc, Jakarta - Penanganan pada luka bakar akan tergantung pada lokasi dan tingkat keparahan luka. Luka bakar ringan dapat ditangani sendiri di rumah, sementara luka bakar parah memerlukan penanganan medis secara khusus. Untuk luka bakar ringan yang dapat ditangani sendiri di rumah, apa saja bahan alami yang dapat digunakan?

Baca juga: Luka Bakar Sampai Kena Tulang, Dapatkah Disembuhkan?

Bahan Alami untuk Obati Luka Bakar

Luka bakar merupakan kerusakan lapisan kulit yang disebabkan oleh benda panas, seperti api, air panas, dan uap panas. Luka bakar akan menyebabkan kulit menjadi rentan mengidap infeksi. Hal ini dikarenakan kulit merupakan lapisan pertahanan awal tubuh dalam melawan infeksi. Seseorang yang mengalami luka bakar perlu penanganan dengan cepat dan tepat. Nah, jika luka bakar termasuk dalam tahap yang ringan, beberapa bahan alami yang bisa digunakan guna mengobati luka bakar, antara lain:

  • Madu murni. Selain bisa dikonsumsi dengan cara diminum, madu juga bisa digunakan sebagai obat oles bagi pengidap luka bakar karena madu mengandung antimikroba dan antibakteri. Kamu bisa mengoleskannya pada seluruh bagian yang terkena luka bakar yang sudah dibersihkan. Kemudian ditutup dengan perban bersih. Untuk hasil yang maksimal, cara ini bisa kamu lakukan 2-3 kali sehari.
  • Susu. Jika kamu ingin menggunakan susu untuk mengobati luka bakar, sebaiknya gunakan susu tanpa lemak. Caranya dengan menyiram area yang terkena luka bakar dengan susu tersebut.

Baca juga: Harus Tahu, Cara Menangani Luka Bakar Akibat Sinar Matahari

  • Air dingin. Air dingin bisa jadi langkah pertama yang dapat kamu lakukan ketika mengalami luka bakar. Kamu dapat membasuh area yang terkena luka bakar dengan air dingin. Di samping itu, air dingin juga dapat membantu meredakan nyeri dan luka pada kulit. Jangan lupa untuk menggunakan air dingin yang sudah matang, ya! Karena air yang masih mentah mengandung banyak bakteri yang dapat membuat luka kamu jadi terinfeksi. Hal yang perlu kamu ingat yaitu jangan menggunakan es untuk meredakan luka, karena es dapat menyebabkan kerusakan nadi.
  • Lidah buaya. Bahan ini bermanfaat meredam panas dan sakit pada luka bakar. Caranya adalah dengan mengambil bagian daging lidah buaya, kemudian oleskan pada kulit yang mengalami luka bakar. Selain dioleskan, kamu juga dapat menghaluskan daging lidah buaya menjadi salep luka bakar, kemudian dioleskan pada area yang terkena luka bakar.
  • Arang aktif. Bahan alami yang satu ini mampu mencegah infeksi atau membersihkan benda asing dari luka. Jika luka bakar yang kamu alami memiliki serpihan yang menempel di kulit, kamu bisa mengaplikasikan salep arang aktif ini pada lapisan yang terkena luka, kemudian tutup dengan perban bersih. Perbannya jangan terlalu kencang, ya! Perban yang kamu gunakan bisa mengeluarkan serpihan pada lapisan kulit yang terluka.

Baca juga: 8 Hal yang Harus Dihindari saat Mengobati Luka Bakar

Jika kamu menemukan kesulitan dalam melakukan beberapa langkah di atas dan ingin bertanya lebih lanjut dengan dokter ahli, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!