Adakah Cara Ampuh untuk Mencegah Kista?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Adakah Cara Ampuh untuk Mencegah Kista?

Halodoc, Jakarta – Kista termasuk tumor jinak yang tidak berkembang menjadi kanker. Kondisi ini ditandai munculnya benjolan yang bisa terisi air atau material gas pada jaringan tubuh mana saja. Tidak hanya wanita, pria juga bisa terserang kista. Ukuran benjolan bervariasi, tetapi akan membahayakan apabila semakin membesar, karena menghimpit organ tubuh yang berada di dekatnya. 

Penyebabnya beragam, mulai dari infeksi pada jaringan tubuh, adanya pertumbuhan parasit, pernah mengalami cedera, tumor, kelainan pada perkembangan embrio, kecacatan pada sel, penyumbatan saluran pada tubuh, kondisi genetik, dan kondisi peradangan kronis. Pada kasus kista ovarium, kemunculannya sering terjadi pada wanita usia pubertas hingga menopause atau ketika wanita masih mengalami menstruasi. 

Adakah Cara Mencegah Kista? 

Kamu perlu tahu, kista tidak boleh dipencet atau dipecahkan, karena bisa membuat benjolan semakin buruk, meski tidak terjadi pada setiap orang. Tidak hanya itu, memencet atau berusaha memecahkan benjolan juga memungkinkan benjolan semakin besar atau mengalami infeksi. 

Baca juga: Ini Beda Kista dan Tumor di Rahim

Sebagian besar jenis kista tidak dapat dicegah kemunculannya. Tetapi, kamu bisa melakukan pengobatan rumahan, berikut pilihan alternatifnya:

  • Bunga Dandelion

Bunga satu ini mudah dijumpai pada tanah lapang, dan digunakan sebagai obat herbal yang membantu mengurangi benjolan pada tubuh. Konsumsi satu porsi dandelion mentah mencukupi kebutuhan potasium sebanyak 218 miligram dan dapat mengurangi benjolan yang terjadi karena kekurangan potasium dalam tubuh sekaligus mencegah pertumbuhan benjolan baru.

  • Pola Makan Rendah Glikemik

Selain itu, cara mencegah kista lainnya adalah mengatur pola makan dan mengutamakan konsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah. Jagung atau kentang termasuk karbohidrat yang menyehatkan, tetapi angka indeks glikemiknya cukup tinggi, dan mengonsumsinya tidak dianjurkan untuk wanita yang memiliki benjolan di rahim atau didiagnosis dengan fibroid rahim.

  • Pola Makan dengan Menu Karbohidrat Kompleks

Pencegahan bisa dilakukan dengan mengganti asupan makanan dengan menu yang mengandung karbohidrat kompleks. Buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian menjadi tiga pilihan menu yang direkomendasikan. Pasalnya, kista bisa berkembang dari kelainan seperti PCOS dan hal tersebut bisa diatasi dengan mengganti asupan makanan.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Miom dan Kista

Makanan karbohidrat kompleks sangat kaya akan serat yang membantu memperlambat proses pencernaan sekaligus mengontrol kenaikan gula darah yang memicu terjadinya diabetes. Perempuan dengan fibroid rahim cenderung memiliki diet yang buruk yang bisa menyebabkan terjadinya kenaikan gula darah. 

  • Echinacea

Bunga satu ini sudah begitu terkenal di Amerika sebagai salah satu bahan ramuan tradisional yang bisa membantu meringankan kista. Konsumsinya selama 20 hari membantu meningkatkan jumlah sel darah putih dalam darah. Sel ini membantu memecah sel abnormal yang memicu terjadinya benjolan pada bagian ovarium.

Hindari perlakuan apa pun yang bisa memicu kista menjadi lebih buruk, termasuk menggaruk, meremas, bahkan menusuk benjolan. Infeksi dan perdarahan mungkin terjadi jika kamu mencoba untuk mengorek benjolan kista. Sebaiknya, kamu langsung buat janji dengan dokter di rumah sakit jika ingin mengobati kista sepenuhnya. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari bahaya infeksi atau peradangan. 

Baca juga: Kista Bisa Berubah Jadi Tumor Ganas

Referensi:
Livestrong. Diakses pada 2019. How to Shrink Fibroid Cysts Naturally.
Emedicinehealth. Diakses pada 2019. Cysts.
Livestrong. Diakses pada 2019. Herbal Treatment for Sebaceous Cyst.