Alami Patah Kaki Dilarang Minum Es, Mitos atau Fakta?

alami-patah-kaki-dilarang-minum-es-mitos-atau-fakta-halodoc

Halodoc, Jakarta – Patah tulang adalah kondisi yang bisa membuat seseorang menjadi lemah dan sulit bergerak. Biasanya, setelah patah tulang ditangani dengan atau tanpa operasi, pengidap masih perlu menjalani perawatan khusus agar patah tulang bisa cepat sembuh. Nah, salah satu bagian dari perawatan patah tulang adalah menjaga pola makan dan minum.

Ada beberapa makanan yang dipercaya dapat mempercepat penyembuhan patah tulang, tapi ada juga beberapa makanan yang dilarang karena dapat memperparah patah tulang. Salah satu pantangan untuk pengidap patah tulang adalah minum es. Namun, benarkah orang yang mengalami patah tulang tidak boleh minum es? Simak penjelasannya di sini.

Baca juga: Jangan Panik, Inilah Pertolongan Pertama pada Patah Tulang

Banyak orang sudah terbiasa minum air es sehari-hari. Kebiasaan ini pun sulit untuk ditinggalkan dalam kondisi apapun, termasuk saat mengalami patah tulang. Akibatnya, muncul pertanyaan benarkah orang yang mengalami patah tulang dilarang minum es?

Larangan minum es bagi orang yang mengalami patah tulang sebenarnya masih menjadi perdebatan sampai saat ini. Pada dasarnya, air dingin atau air es boleh diminum oleh siapa saja, termasuk pengidap patah tulang. Hal ini tidak akan memberikan dampak yang berarti bagi tubuh.

Namun, bila kamu yang mengalami patah tulang ingin minum air dingin, sebaiknya minuman dingin yang dikonsumsi adalah air putih. Bila kamu mengonsumsi jenis minuman dingin lainnya selain air putih, maka kemungkinan patah tulang bisa semakin sulit disembuhkan.

Berikut beberapa jenis minuman dingin yang tidak dianjurkan bagi orang yang mengalami patah tulang:

  • Minuman Ringan atau Minuman Bersoda

Minuman bersoda yang dingin atau yang biasa disebut juga dengan soft drinks mengandung banyak asam fosfat. Saat pengidap mengonsumsi jenis minuman ini, tubuh akan mencoba untuk menetralisir asam fosfat yang masuk ke dalam tubuh dengan menarik senyawa kalsium dari tulang dalam jumlah yang besar.

Jadi, bila kamu minum minuman bersoda yang dingin dalam jumlah yang banyak, maka asam di dalam tubuh semakin meningkat. Ini akan mengurangi kadar kalsium dalam tulang yang akan membuat patah tulang semakin lama untuk sembuh.

Selain itu, minuman bersoda yang dingin juga tidak dianjurkan karena mengandung kafein. Kafein bisa meningkatkan ekskresi kalsium dalam tubuh, sehingga kepadatan tulang menjadi berkurang. Orang yang minum soda juga akan cenderung sedikit mengonsumsi air putih yang tentu akan membuat patah tulang jadi susah sembuh. Jadi, sebaiknya hindari mengonsumsi minuman bersoda dingin saat alami patah tulang.

  • Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol merupakan sumber penyebab dari berbagai masalah kesehatan di dalam tubuh. Jenis minuman ini bisa menyebabkan pankreatitis, penyakit hati, masalah jantung, kanker, hingga osteoporosis. Alkohol juga bisa mengganggu keseimbangan kalsium di dalam tulang. Ini karena alkohol dapat meningkatkan hormon paratiroid yang menyebabkan cadangan kalsium menurun.

  • Minuman Berkafein

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kafein bisa mengganggu penyerapan kalsium di dalam tubuh. Ini akan membuat tulang menjadi lemah, sehingga memperlambat proses penyembuhan patah tulang. Jadi, hindari minuman berkafein yang dingin, seperti es kopi, es teh, dan sebagainya saat alami patah tulang.

Nah, selain air putih dingin, berikut jenis minuman dingin lainnya yang boleh dikonsumsi oleh pengidap patah tulang:

  • Minuman berkalsium

Kalsium merupakan asupan yang akan mempercepat proses penyembuhan patah tulang. Kalsium merupakan senyawa yang bisa menguatkan tulang, sehingga membantu membentuk kembali jaringan-jaringan tulang yang rusak karena patah. Beberapa minuman dingin berkalsium yang bisa dikonsumsi adalah susu dan yoghurt.

Baca juga: Sudah Tahu Ini? 10 Makanan Sumber Kalsium Selain Susu

  • Minuman Mengandung Vitamin C

Minum-minuman yang mengandung vitamin C juga dianjurkan karena dapat mempercepat penyembuhan patah tulang. Ketika tulang patah, jaringan di sekitar tulang tersebut akan memicu peradangan. Nah, disinilah vitamin C berperan sebagai senyawa anti-inflamasi. Jadi, orang dengan patah tulang masih boleh minum air es, seperti es jeruk atau es sirup nanas yang mengandung vitamin C.

  • Minuman Mengandung Vitamin D

Minuman yang mengandung vitamin D merupakan salah satu obat alami untuk patah tulang. Vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang. Jadi, orang dengan patah tulang masih boleh minum air es yang mengandung vitamin D, seperti es susu kedelai dan es stroberi.

  • Minuman Mengandung Vitamin K

Vitamin K juga merupakan salah satu nutrisi untuk memperkuat tulang dan sendi. Karenanyaa, minuman yang mengandung vitamin K baik untuk dikonsumsi pengidap patah tulang. Orang dengan patah tulang boleh minum es alpukat, es anggur, dan es kiwi yang kaya akan vitamin K.

Baca juga: Kesehatan Tulang Bisa Dijaga dengan Vitamin Ini

Jadi, minum air dingin atau air es bukan masalah untuk pengidap patah tulang, selama minuman tersebut adalah minuman sehat. Kalau kamu ingin bertanya-tanya seputar pantangan untuk patah tulang, tanyakan saja langsung pada ahlinya dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa menghubungi dokter untuk minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.