• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Tiram Enggak Boleh Dimakan Mentah

Alasan Tiram Enggak Boleh Dimakan Mentah

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Makanan laut alias seafood termasuk dalam jenis makanan yang cukup banyak digemari. Selain ikan, udang, kerang, dan kepiting, makanan laut tiram juga cukup menjadi favorit karena memiliki rasa dan tekstur yang unik saat dimakan. Kamu termasuk penyuka tiram?

Berbeda dengan makanan laut lainnya, tiram ternyata memiliki cara yang cukup unik saat dihidangkan. Selain dibakar atau dipanggang, tiram atau oyster sering disajikan dengan mentah, alias tidak melalui proses masak tertentu. Jenis makanan laut yang satu ini sering disajikan mentah hanya dengan perasan jeruk. Sayangnya, tiram yang disajikan dan dimakan mentah ternyata sama sekali tidak dianjurkan, lho!

Pasalnya, kebiasaan mengonsumsi tiram mentah bisa menyebabkan seseorang keracunan, yang berujung pada kematian. Melansir Live Science, seorang wanita asal Texas, Amerika Serikat, Jeanette LeBlanc diberitakan meninggal setelah mengonsumsi tiram mentah. Wanita tersebut dikabarkan meninggal karena mengalami infeksi yang sangat berbahaya.

Baca juga: Tips Aman Jika Ingin Mengonsumsi Makanan Mentah

Tak lama setelah menyantap hidangan tiram mentah, wanita tersebut mengalami sesak nafas yang disertai dengan munculnya ruam di kedua kakinya. Sayangnya, kondisi kesehatannya terus menurun, dan saat itu dokter mengatakan bahwa ia terinfeksi bakteri Vibrio yang terdapat di daging mentah.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), bakteri Vibrio bisa menginfeksi aliran darah dan menimbulkan iritasi kulit yang parah. Namun biasanya, orang yang terinfeksi virus ini hanya mengalami gejala mual, muntah, dan diare. Namun dalam beberapa kasus, kondisi ini bisa menyebabkan seseorang kehilangan nyawa.

Tiram Mengandung Banyak Nutrisi

Kendati demikian, jenis makanan laut yang satu ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Seperti vitamin B-12, kalsium, kalium, magnesium, dan zat besi. Namun tentu saja, semua kebaikan dari kerang tersebut hanya bisa didapatkan jika kamu mengonsumsinya dengan cara yang tepat. Alih-alih mendapat manfaat sehat, mengonsumsi tiram mentah malah bisa memicu terjadinya penyakit.

Pasalnya, tiram mentah, dan makanan mentah lainnya, rentan terkontaminasi virus dan bakteri yang bisa mengganggu kesehatan. Bakteri dan parasit yang berkembang pada daging ikan mentah yang tidak segar dapat menyebabkan keracunan. Bakteri yang ada pada makanan mentah juga bisa menyebabkan gangguan saraf, dan pencernaan.

Baca juga: Untuk Penggemar Seafood, Ini 6 Manfaat Tiram

Agar lebih sehat dan aman, biasakanlah untuk selalu memasak tiram sebelum dikonsumsi. Karena kamu tidak tahu secara pasti habitat atau asal dari tiram tersebut. Mungkin saja tiram sudah terkontaminasi zat berbahaya yang bisa mendatangkan bahaya bagi kesehatan.

Salah satu cara terbaik dalam mengonsumsi tiram adalah dengan memasaknya terlebih dahulu. Cobalah untuk merebus tiram selama 5 sampai 10 menit, atau sampai cangkang tiram terbuka dengan sendirinya. Proses ini ternyata juga bisa membantu mengenali apakah tiram yang akan dikonsumsi tersebut cukup aman. Jika setelah 10 menit cangkang tiram tidak juga terbuka, maka sebaiknya jangan memakannya sebab hal itu bisa menjadi tanda bahwa tiram sudah tidak layak dikonsumsi.

Baca juga: 5 Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Mentah

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat biar lebih cepat sembuh dan tips menjaga kesehatan dari dokter terpercaya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!