5 Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Mentah

5 Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Mentah
DIET & NUTRISI 09 February 2018

Halodoc, Jakarta – Bisa jadi karena beberapa alasan, seperti kebiasaan, adat dan cita rasa, sebagian orang biasanya lebih memilih untuk mengonsumsi makanan mentah. Meski ada beberapa makanan yang memang aman untuk dikonsumsi mentah, namun ada pula yang sebaliknya.

(Baca juga: Tips Aman Jika Ingin Mengonsumsi Makanan Mentah)

Artinya jenis-jenis makanan ini sama sekali tidak dianjurkan untuk dikonsumsi mentah. Pasalnya, beberapa jenis makanan jika dikonsumsi sebelum melewati proses masak, bisa memicu terjadinya hal-hal yang tak diinginkan. Lantas makanan apa saja yang sebaiknya tak pernah dikonsumsi mentah?

  1. Kentang

Jangan sekali-kali mencoba untuk memakan kentang dalam keadaan mentah. Sebab mengonsumsi kentang mentah bisa memberi dampak pada saluran pencernaan, termasuk memberi masalah pada perut. Misalnya perut menjadi kembung dan gastrointestinal yang tidak diinginkan serta dapat mengganggu.

Kondisi ini bisa terjadi karena ada kandungan dalam kentang, yaitu zat tepung, yang sulit untuk dicerna tubuh. Jika makanan tak tercerna dengan baik, bisa memicu terjadinya berbagai masalah yang tak diinginkan. Di dalam perut, kentang bisa berubah warna menjadi hijau dan mengeluarkan zat racun bernama solanine.

  1. Tauge

Rutin mengonsumsi tauge bisa memberi banyak khasiat pada tubuh. Di antaranya adalah melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan jantung dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Namun jangan pernah sekali-kali mengonsumsi tauge dalam keadaan mentah.

Karena tempat dari tauge  yang seringnya lembab membuat tumbuhan ini rentan menjadi sarang bakteri. Tauge mentah memiliki kemungkinan mengandung bakteri salmonella. Yaitu satu  jenis bakteri yang dapat menyebabkan terjadinnya penyakit seperti diare, sakit kepala hingga demam. Agar lebih aman, sebelum disantap tauge bisa diolah dengan cara ditumis sebelum dimakan.

  1. Kacang merah

Satu lagi jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat mentah, yaitu kacang merah. Meski kaya akan nutrisi, seperti protein, serat, dan antioksidan, namun mengonsumsi makanan ini dalam keadaan mentah malah bisa jadi berbahaya. Kacang merah yang dikonsumsi mentah bisa menyebabkan masalah pada perut.

Karena kacang merah yang mentah memiliki kemungkinan terkontaminasi racun. Biasanya kacang merah mentah mengandung racun phytohemagglutinin yang dapat membuat perut tak nyaman dan memberi efek seperti keracunan makanan. Cara terbaik adalah dengan merebus kacang merah setidaknya 10 menit sebelum memakannya.

  1. Terong

Hampir sama dengan kentang, terong mentah memiliki zat beracun yang bernama solanine. Artinya makanan ini juga tidak boleh dikonsumsi mentah.  Saat dikonsumsi dalam jumlah besar, kandungan racun ini bisa membuat seseorang keracunan dan mengalami gangguan lainnya. Jadi ada baiknya untuk memasak terong sebelum dikonsumsi. Kamu bisa mencoba berbagai menu yang lezat dengan bahan terong seperti terong balado dan lainnya.

  1. Singkong

Singkong mentah ternyata memiliki kandungan zat sianida, lho. Meski hanya berjumlah sedikit, namun jika kamu sampai mengonsumsi singkong mentah dalam jumlah yang banyak, bukan tak mungkin sianida akan berubah menjadi racun yang membahayakan tubuh bahkan bisa mematikan seseorang.

Selain itu, sianida pada singkong mentah  pun bisa memberi efek seperti keracunan. Sayangnya zat ini tak dapat terurai dalam tubuh, sehingga seseorang sama sekali tidak diizinkan untuk mengonsumsi singkong mentah.

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Download aplikasi Halodoc saja. Hubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat dan sampaikan seluruh keluhan kesehatan yang dirasakan. Dokter Halodoc akan memberikan resep digital yang bisa kamu beli di aplikasi yang sama. Pesanan akan diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Ada juga layanan lab test yang bisa memudahkan kamu memeriksakan penyakit lewat laboratorium.


Rekomendasi Artikel

IBU & ANAK

18 July 2018

Kata ahli, anak balita pun juga bisa mengalami abses gigi. Nah, agar anak terhindar dari penyakit ini, yuk ken...

Selengkapnya

KECANTIKAN

18 July 2018

Tak hanya di bibir saja, stomatitis pun bisa terjadi pada gusi. Nah, berikut hal yang perlu diketahui mengenai...

Selengkapnya

KECANTIKAN

18 July 2018

Tidak hanya untuk kecantikan kulit, air beras juga baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja sebenarnya manfaat air...

Selengkapnya