Anak Idap Asma, Bolehkah Berpuasa?

Anak Idap Asma, Bolehkah Berpuasa?

Halodoc, Jakarta - Mengajak Si Kecil untuk memulai beribadah puasa enggak ada salahnya kok. Namun, ada banyak hal yang mesti ibu perhatikan, salah satunya kesehatan tubuh anak. Misalnya, pastikan kalau kondisi tubuh anak memang benar-benar dalam keadaan sehat dan fit. Tapi, apa jadinya bila Si Kecil mengidap masalah kesehatan tertentu seperti asma?

Hmmm, kalau sudah begini rasanya mesti ada beberapa hal yang mesti ibu pertimbangkan. Pertanyaannya bolehkan anak berpuasa meski mengidap asma?

Baca juga: Ketahui Ciri-Ciri Asma pada Anak yang Sering Diabaikan Orangtua

Harus Terkontrol Sempurna

Mengajak anak untuk berpuasa disaat dirinya mengidap asma memang memerlukan banyak pertimbangan. Yang perlu ibu tahu, saat ini terapi asma sudah berkembang, sehingga memungkinan Si Kecil mencapai asma terkontrol total atau sempurna. Karena itu, cobalah diskusikan dengan dokter terapi apa yang baik dijalani anak demi mengontrol asmanya dengan sempurna.

Sebab bila keadaan ini dicapai, anak akan mempunya kualitas hidup yang baik. Bahkan, bisa melakukan kegiatan olahraga sekalipun. Karena itulah, dokter pastinya akan mengajak anak atau pengidap asma usia berapa pun, untuk mencapai keadaan asma terkontrol total (sempurna) bila ingin menjalankan ibadah puasa.

Nah, untuk menilai apakah asma yang sedang diobati tersebut telah mencapai asma terkontrol total atau tidak bisa melalui tes kontrol asma. Tes ini akan menghitung skor dengan cara menjumlahkan skor yang diperoleh dari setiap pertanyaan medis yang diajukan dokter.

Baca juga: 4 Alasan Olahraga Penting untuk Pengidap Asma

Meskipun asma Si Kecil dalam keadaan terkontrol baik, namun untuk menjalankan ibadah puasa sebaiknya kondisinya asma harus terkontrol sempurna. Tapi, pengidap asma yang berada dalam kontrol baik bisa juga kok untuk mencoba berpuasa. Yang perlu ditegaskan, bila kontrol asmanya menurun, segeralah konsumsi obat dan kunjungi dokter.

Selain itu, pastikan pula kalau anak terhindar dari serangan flu atau infeksi virus saluran napas. Sebab, kondisi ini bisa menjadi penghalang untuk mendapatkan kontrol asma sempurna. Cara untuk terhindar dari serangan flu bisa berbagai cara. Mulai dari hindari kontak dengan orang yang sedang mengidap flu, tingkatkan sistem imun, hingga suntikan imunisasi influenza.

Tips Mencegah Asma

Pada dasarnya, asma merupakan jenis penyakit yang dapat dikendalikan dengan mengatur pola hidup sehat. Selain itu, pengidapnya juga mesti memperhatikan hal-hal berikut:

  • Mengenali & menghindari pemicu asma.

  • Mengikuti rencana penanganan asma yang dibuat bersama dokter.

  • Mengenali serangan asma dan melakukan langkah pengobatan yang tepat.

  • Menggunakan obat-obatan asma yang disarankan oleh dokter secara teratur.

  • Memonitor kondisi saluran napas.

Baca juga: Kenali 5 Penyebab Kambuhnya Asma

Perlu diperhatikan apabila penggunaan inhaler (pereda asma) justru meningkatkan reaksi asma, maka wajib untuk menemui dokter agar rencana penanganan asma disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, juga disarankan untuk melakukan vaksinasi flu dan pneumonia secara teratur agar penyakit asma tidak memburuk, karena dua penyakit ini.

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!