20 August 2018

Apakah Pengidap Wasir Harus Dioperasi?

wasir, pengidap wasir, mencegah wasir,operasi wasir

Halodoc, Jakarta – Wasir merupakan vena yang membengkak, bisa di dalam atau pun di luar rektum. Sebagian besar wasir sembuh sendiri dalam waktu dua minggu tanpa pengobatan. Umumnya, dengan mengelola pola makan serta minum air rutin 8-10 gelas setiap hari dapat membantu gerakan usus lebih lembut dan teratur. Jadi, tidak selamanya wasir membutuhkan tindakan operasi. Tergantung seberapa parah kondisi wasirnya.

Biasanya kalau sudah mengalami wasir, kamu disarankan untuk tidak mengejan terlalu keras atau pun duduk dan jongkok terlalu lama di WC. Sebab, kegiatan tersebut hanya akan mengakibatkan pembengkakan yang lebih parah lagi. Memperbaiki pola makan dan gaya hidup biasanya sudah cukup untuk menyembuhkan wasir dengan sendirinya. Baca juga: Tips Squat yang Efektif untuk Mengencangkan Paha

Menghindari makan pedas, jangan terlalu banyak minum kopi, tidak minum minuman bersoda, serta memperbanyak serat dan air putih adalah cara-cara untuk meredakan wasir. Biasanya, beberapa gejala wasir ketika kumat adalah rasa nyeri pada anus, gatal, serta pembengkakan vena yang tidak biasa. Kalau kamu sudah mengalami tanda-tanda demikian, ada baiknya kamu mulai memperbaiki pola makanmu.

Jangan-jangan belum lama ini kamu mengonsumsi makanan yang memicu wasir jadi kumat. Ternyata selain pola makan, wasir juga bisa muncul atau kumat karena stres. Selain stres, beberapa faktor yang memicu wasir adalah:

  1. Menahan-nahan buang air besar padahal sudah ada rangsangan untuk “ke belakang”. Kebiasaan seperti ini akan membuat feses menjadi keras dan susah dikeluarkan. Pun, melemahkan kerja rektum sehingga memicu wasir.
  2. Mengalami diare hebat juga bisa memicu wasir. Pasalnya, berulang-kali buang air besar akan membuat rektum malah terluka dan bisa jadi munculnya pembengkakan pada vena.
  3. Sanitasi yang tidak higienis dan kurangnya perhatian pada area genital dan anus dapat menyebabkan bagian privat tersebut teriritasi. Untuk wanita pada khususnya,  akan mengalami iritasi pada area bokong dan anus karena penggunaan pembalut yang tidak sesuai. Jagalah kebersihan area tersebut untuk menghindari infeksi yang tidak diinginkan.

Tanda Kalau Wasir Harus Dioperasi

Tanda-tanda wasir sudah sangat mengganggu adalah pembengkakan vena yang sudah melewati anus. Pembengkakan tersebut mengalami ketegangan disertai rasa sakit dan sudah sangat mengganggu aktivitas, seperti tidak bisa duduk. Artinya, tindakan operasi diperlukan untuk mengobati wasirmu.

Kalau kamu tidak mengganti pola hidup dan tetap melakukan kebiasaan yang dapat memicu timbulnya wasir, bisa jadi wasirmu muncul lagi. Bukan tak mungkin kamu akan memerlukan tindakan operasi lagi kalau wasirmu jadi parah. Makanya, upayakan untuk menjaga pola hidup baik dan sehat. Baca juga: Harus Coba, Skipping Bisa Cepat Turunkan Berat Badan

Sistem metabolisme yang baik akan “menyelamatkanmu” dari gejala wasir. Olahraga adalah aktivitas paling efektif untuk menjaga agar metabolisme tubuh tetap berjalan baik. Pun, olahraga rutin dapat meningkatkan kinerja usus, supaya dapat mencerna makanan dengan maksimal.

Olahraga yang baik untuk pengidap wasir adalah yoga, karena biasanya latihan yoga sejalan dengan latihan pernapasan, menguatkan otot perut, serta mengencangkan kinerja otot secara keseluruhan.

Mau lebih banyak tahu tentang wasir, bagaimana pencegahan dan penanganannya yang tepat, serta apakah memang wasir perlu dioperasi atau tidak, semuanya bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Kamu juga bisa mendapatkan informasi seputar kesehatan lainnya plus tips-tips sehat lain. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.