7 Obat Jerawat Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit

6 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   02 Agustus 2023

“Obat jerawat dapat membantu membuat ukuran jerawat menjadi lebih kecil sekaligus mengurangi peradangan sehingga dapat sembuh lebih cepat. Berikut rekomendasi obat jerawat terbaik dari dokter spesialis kulit. ✔️Artikel ini telah di-review dokter."

7 Obat Jerawat Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit7 Obat Jerawat Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit

Halodoc, Jakarta – Jerawat muncul karena pori-pori kulit tersumbat, sehingga membuat minyak alami atau sebum dan bakteri menumpuk pada bagian bawah kulit. Akan tetapi, sekarang kamu bisa memakai obat jerawat untuk mengatasinya. 

Rekomendasi Obat Jerawat Resep Dokter yang Ampuh

Obat jerawat sendiri dapat berupa oral atau minum maupun oles, seperti gel maupun krim. Bahan aktif dalam setiap produk juga beragam, mulai dari asam salisilat, tretinoin, antibiotik, hingga benzoyl peroxide. Tak hanya itu, tersedia pula obat untuk jerawat yang mengandung bahan alami.  

Jika kamu mengalami masalah jerawat yang mengganggu, jangan ragu untuk bertanya langsung pada dokter spesialis kulit. Biasanya, dokter akan meresepkan salah satu atau beberapa produk obat jerawat berikut ini. 

1. Cindala 10 mg/g Gel 10 g

Obat jerawat rekomendasi dokter spesialis kulit selanjutnya adalah Cindala. Obat ini adalah obat antibiotik topikal untuk mengobati jerawat yang parah pada orang dewasa dan anak-anak yang berusia minimal 12 tahun. 

Cindala gel mengandung Clindamycin obat antibiotik untuk mengobati infeksi serius yang terjadi karena infeksi bakteri anaerob atau bakteri aerob gram positif yang rentan.

Cara pemakaiannya adalah mengoleskan tipis pada area kulit wajah yang terdapat jerawat. 

Rentang harga: Rp23.400 – Rp37.300 per tube

Dapatkan Cindala 10 mg/g Gel 10 gr di Toko Kesehatan Halodoc

Dalam beberapa kasus, produk skincare dapat memicu alergi pada sebagian orang, terutama pada mereka yang memiliki kulit sensitif. Mau tahu apa saja rekomendasi obat untuk mengatasinya? Baca di artikel ini: “Ini Ciri Alergi Kosmetik dan Rekomendasi Obat untuk Mengatasinya“.

2. Medi-Klin TR Gel 15 g

Produk perawatan wajah satu ini adalah sediaan topikal berbentuk gel, mengandung antibiotik semisintetik yaitu clindamycin phosphate 1.2% dan Tretinoin 0.025%.

Tretinoin bekerja dengan mengeliminasi peningkatan keratinisasi dan penebalan epitel folikel dengan cara mempercepat pergantian sel. 

Sementara itu, clindamycin phosphate bekerja dengan cara menghambat produksi enzim dan inflamasi atau faktor aktivasi oleh bakteri P. acnes pada sebum.

Dokter kerap meresepkan obat ini untuk pengobatan acne vulgaris yang muncul bersama dengan lesi inflamasi dan komedo tertutup maupun terbuka. 

Rentang harga: Rp38.600 – Rp63.000 per tube

Dapatkan Medi-Klin TR Gel 15 g di Toko Kesehatan Halodoc

3. Zelface 20% Cream 10 g

Pilihan lainnya, Zelface krim adalah krim anti jerawat yang mengandung Azelaic Acid. Dokter meresepkan obat krim satu ini untuk mengatasi masalah jerawat dan hiperpigmentasi yang efektif.

Azelaic Acid sendiri merupakan kandungan utama yang bekerja dengan cara mengurangi jumlah bakteri penyebab jerawat serta membantu mengecilkan pori-pori kulit.

Untuk mengetahui mengapa wajah sering berjerawat, kamu bisa membaca artikel Alasan Jerawat di Wajah Sering Muncul secara Berulang.

Pemakaian obat ini adalah mengolesnya secara tipis pada jerawat dengan teratur. Hindari kontak langsung dengan mulut dan mata.

Rentang harga: Rp38.800 – Rp57.900 per tube

Dapatkan Zelface 20% Cream 10 g di Toko Kesehatan Halodoc

4. Medi-Klin Gel 15 g

Medi-Klin Gel adalah obat jerawat antibiotik topikal untuk mengobati masalah jerawat yang parah pada orang dewasa dan anak yang berusia minimal 12 tahun.

Obat ini mengandung clindamycin, antibiotik golongan lincosamide semi sintetik yang terutama bersifat bakteriostatik. Fungsi utamanya untuk perawatan acne vulgaris/jerawat. 

Rentang harga: Rp24.500 – Rp35.800 per tube

Dapatkan Medi-Klin Gel 15 g di Toko Kesehatan Halodoc

5. Benzolac CL Gel 10 g

Benzolac CL Gel mengandung Clindamycin Phosphate dan Benzoyl Peroxide, termasuk jenis antibiotik topikal untuk mengatasi jerawat. Clindamycin adalah antibiotika golongan lincosamida semisintetik yang bersifat bakteriostatik. 

Sementara itu, Benzoyl peroxide merupakan senyawa yang memiliki efek keratolitik ringan dan aktivitas antimikroba.

Keduanya aktif terhadap kuman Propionibacterium acnes, organisme yang berhubungan dengan acne vulgaris (jerawat).

Rentang harga: Rp31.500 – Rp45.500 per tube

Dapatkan Benzolac CL Gel 10 g di Toko Kesehatan Halodoc

6. Gentason-N Cream 5 g

Obat jerawat ini merupakan obat oles yang mengandung Betamethasone 0.1% dan Neomycin sulfate 0.5%.

Pemakaian obat ini untuk meredakan peradangan dan alergi kulit yang muncul bersamaan dengan adanya infeksi. 

Cara pakainya yaitu mengoleskan obat secara langsung pada area kulit yang mengalami infeksi maupun peradangan sebanyak 2-3 kali per hari.

Hindari pemakaian jangka panjang karena bisa mengakibatkan ototoksisitas dan nefrotoksisitas.

Rentang harga: Rp8.500 – Rp9.100 per tube

Dapatkan Gentason-N Cream 5 g di Toko Kesehatan Halodoc

7. Vitacid 0.025% Cream 15 g

Vitacid Cream merupakan obat jerawat topikal dengan kandungan Retinoic Acid atau Asam Retinoat (tretinoin).

Kandungan ini meningkatkan mitosis dan pergantian sel epidermal serta menekan sintesis keratin. 

Peningkatan permeabilitas kulit menyebabkan hilangnya cairan sehingga memudahkan pengelupasan kulit. Oleh karena itu, Vitacid Cream efektif untuk mengobati jerawat komedogenik, papul, dan pustul. 

Rentang harga: Rp26.400 – Rp36.000 per tube

Dapatkan Vitacid 0.025% Cream 15 g di Toko Kesehatan Halodoc

Itu tadi obat jerawat dari dokter spesialis kulit yang efektif untuk mengatasi masalah jerawat membandel. Namun, obat tersebut harus menggunakan resep dari dokter, ya!

Sebab, beberapa obat memicu efek samping yang cukup serius jika pemakaiannya tidak sesuai dosis. 

Jika ingin mencoba menggunakan bahan alami, kamu bisa baca artikel 10 Cara Alami untuk Menghilangkan Jerawat untuk mengetahui bahan apa saja yang bisa kamu pakai.

Sementara itu, kalau muncul reaksi alergi dan iritasi, segera hentikan pemakaian dan diskusikan obat alternatifnya langsung dengan dokter spesialis kulit langsung dari Halodoc. 

Dapatkan produk kesehatan obat jerawat rekomendasi dokter terbaik di toko kesehatan halodoc
Referensi:
Drugs. Diakses pada 2023. Adapalene Topical.
Verywell Health. Diakses pada 2023. How Acne Affects Your Self-Esteem.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Diseases & Conditions. Acne.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan