• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Aktivitas Fisik di Luar Rumah Mampu Menjaga Kesehatan Mental Remaja

3 Aktivitas Fisik di Luar Rumah Mampu Menjaga Kesehatan Mental Remaja

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Bukan hanya kesehatan fisik saja, kesehatan mental menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dijaga. Dengan kondisi mental yang sehat, tentunya seseorang akan mendapatkan kualitas hidup yang optimal. Tidak hanya itu, kesehatan mental juga berkaitan langsung dengan kesehatan fisik, sehingga sangat penting untuk menjaga kesehatan mental.

Baca juga: Anak Muda Rentan Alami Gangguan Kesehatan Mental

Tidak hanya orang tua, para remaja juga perlu menjaga kesehatan mental agar perkembangan diri dan fisik dapat berjalan dengan baik. Ibu, tidak ada salahnya perhatikan kondisi kesehatan mental anak yang masih dalam usia remaja agar terhindar dari gangguan. Selain memberikan kasih sayang, ibu juga bisa mengajak anak untuk melakukan beberapa aktivitas fisik di luar rumah yang dinilai mampu menjaga kesehatan mentalnya.

Inilah Aktivitas Fisik di Luar Rumah yang Bisa Dilakukan

Remaja menjadi salah satu kelompok usia yang sangat rentan mengalami gangguan kesehatan mental. Mulai dari gangguan emosi, masalah perilaku, gangguan makan, stres, depresi, hingga gangguan cemas. Kondisi ini dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti kondisi trauma, adanya gangguan pada otak, hingga muncul perasaan rendah diri.

Sebaiknya kenali beberapa tanda gangguan mental pada remaja, agar ibu dapat melakukan penanganan sehingga kondisi tidak semakin memburuk. Gejala bisa berupa perubahan perilaku, penurunan nafsu makan, sedih dalam waktu berminggu-minggu, gangguan tidur, lebih sering marah, hingga melakukan perilaku yang tidak wajar.

Jika ibu mendapatkan beberapa tanda gangguan mental pada anak, segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat untuk penanganan dengan tepat. Selain perawatan melalui medis, ibu juga bisa melakukan perawatan terhadap kondisi mental anak dengan berbagai aktivitas fisik di luar rumah.

Baca juga: Pengaruh Media Sosial pada Kesehatan Mental Remaja

Berikut ini beberapa aktivitas fisik di luar rumah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental pada remaja:

1.Olahraga

Tidak hanya dapat menghindari kamu dari berbagai gangguan kesehatan fisik saja, rutin mengajak remaja melakukan olahraga dapat menurunkan risiko gangguan kesehatan mental. Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dinilai mampu meningkatkan kualitas kesehatan mental seseorang. 

Ibu bisa mengajak remaja untuk melakukan olahraga yang menyenangkan, seperti bersepeda, berenang, menari, hingga berjalan kaki di sekitar rumah. Melansir The Primary Care Companion to The Journal of Clinical Psychiatry, beberapa jenis olahraga tersebut dapat membuat remaja mengalami penurunan gangguan cemas dan juga depresi.

2.Berkebun

Sebuah penelitian mengatakan, memperbanyak melakukan aktivitas fisik di luar rumah dapat meningkatkan kesehatan fisik maupun pikiran seseorang. Jadi, ibu jangan ragu untuk mengajak remaja melakukan aktivitas fisik, salah satunya berkebun. Tidak hanya anak wanita, berkebun bisa dilakukan oleh siapa saja. Selain itu, berkebun juga memiliki manfaat untuk menurunkan stres atau depresi yang dirasakan oleh remaja.

3.Ajak Anak untuk Bersosialisasi

Jangan ragu untuk ajak anak bersosialisasi dengan teman-teman seusianya untuk menghilangkan tanda gangguan kesehatan mental yang dialami. Tahukah ibu dengan berinteraksi secara sosial, kegiatan ini dapat meningkatkan kebahagiaan dan rasa percaya diri seseorang. Tidak hanya itu, dengan berkumpul remaja juga dapat menurunkan gejala gangguan mental yang dialaminya.

Baca juga: Kapan Seseorang Membutuhkan Psikoterapi?

Itulah beberapa aktivitas fisik di luar rumah yang bisa ibu lakukan bersama remaja untuk menjaga kesehatan mentalnya. Jangan ragu gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada psikolog mengenai gejala gangguan mental yang dialami oleh anak. Penanganan yang tepat tentunya dapat membantu pemulihan dengan optimal. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store dan Google Play!

Referensi:
The Primary Care Companion to The Journal of Clinical Psychiatry. Diakses pada 2020. Exercise for Mental Health.
Psychology Today. Diakses pada 2020. 10 Mental Health Benefits of Gardening.
Psychology Today. Diakses pada 2020. The Health Benefits of Socializing.